14 Resep Masakan Rumahan untuk Seminggu Serba Rp20 Ribu


Resep masakan rumahan Rp20 ribu per hari ini sangat cocok bagi Bunda yang ingin tetap hemat namun tetap dapat menghasilkan masakan yang enak selama seminggu. Meskipun kita masih berada di pertengahan bulan, bukan berarti Bunda harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli dan membuat masakan rumahan yang mahal. Bunda juga bisa menghemat pengeluaran dengan memasak makanan serba murah untuk keluarga. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp20 ribu, Bunda bisa membuat lauk sehari-hari untuk sekali masak.

Ada berbagai macam resep yang bisa Bunda coba untuk membuat hidangan serba Rp20 ribu dalam sekali masak. Harga ini mungkin berbeda-beda tergantung dengan tempat tinggal Bunda. Namun, harga ini hanya mencakup bahan-bahan utama seperti sayuran dan lauk pauk saja.

Hari pertama, Bunda bisa membuat orek tempe pedas dan tumis sawi. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat dua menu ini tidak sampai Rp20 ribu. Pertama, kita akan membuat orek tempe pedas. Bahan yang dibutuhkan adalah 500 gram tempe, 3 sendok makan minyak untuk menumis, 100 ml air, 4 siung bawang putih yang dihaluskan, 8 buah cabai merah yang dihaluskan, 1 sendok makan larutan asam jawa, 2 lembar daun salam, 1 batang serai yang dimemarkan, 1 cm lengkuas yang dimemarkan, 2 sendok makan gula merah yang diiris tipis, 1 sendok teh garam, dan minyak goreng secukupnya.

Pertama-tama, potong tempe dengan bentuk dadu dan goreng hingga agak kering. Angkat dan tiriskan. Selanjutnya, tumis bawang putih dan cabai merah yang telah dihaluskan sampai harum. Masukkan air dan larutan asam, daun salam, lengkuas, gula merah, dan garam. Masak hingga mendidih. Kemudian, tuangkan tempe yang sudah digoreng ke dalam tumisan. Aduk hingga bumbu meresap dan mengering. Orek tempe pedas siap disajikan bersama keluarga. Santap selagi hangat ya, Bunda.

Baca Juga:  Makin Sayang Ibu Sebelum Melahirkan, Karena....

Selanjutnya, kita akan membuat tumis sawi. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 ikat sawi hijau, 50 gram bawang bombai yang diiris kasar, 2 siung bawang putih yang digeprek, 2 sendok makan saus tiram, 1 sendok teh kecap asin, 100 ml kaldu ayam, gula pasir secukupnya, dan merica secukupnya.

Pertama-tama, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Tambahkan kaldu, lalu didihkan. Masukkan saus tiram, kecap asin, gula, dan merica. Aduk lalu didihkan kembali hingga kuah cukup kental. Selanjutnya, masukkan sawi hijau. Aduk sebentar lalu angkat dan sajikan.

Hari kedua, Bunda bisa masak telur dadar Padang dan kangkung balacan. Di pasaran, harga 4 butir telur tidak sampai Rp10 ribu. Sedangkan, sayur kangkung biasanya seharga Rp5 ribu. Untuk telur dadar Padang, bahan yang dibutuhkan adalah 4 butir telur ukuran sedang, 3 sendok makan kelapa parut, 2 batang daun bawang yang diiris tipis-tipis, 2 sendok makan tepung beras, garam secukupnya, dan 2 sendok makan minyak goreng. Untuk bumbu yang dihaluskan, kita membutuhkan 3 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, dan 4 buah cabai merah.

Pertama-tama, kocok lepas telur dan masukkan bumbu halus serta kelapa parut. Aduk rata. Tambahkan daun bawang, garam, dan tepung beras. Aduk lagi hingga rata. Panaskan minyak, lalu masukkan adonan telur. Tutup wajan dan masak dengan api sedang. Setelah telur setengah matang, balik. Masak hingga matang, angkat. Potong-potong telur sesuai selera dan sajikan.

Selanjutnya, kita akan membuat kangkung balacan. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 ikat kangkung yang dipetik dan dicuci bersih, 1 buah tomat yang dipotong menjadi 8 bagian, bumbu yang ditumbuk kasar seperti 3 buah cabai merah, 2 buah cabai rawit, 6 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sendok teh terasi, sedikit garam, gula sesuai selera, minyak goreng, dan garam.

Baca Juga:  Waspadai Gangguan Botulisme Pada Si Kecil

Pertama-tama, rebus kangkung, angkat dan tiriskan. Selanjutnya, tumis bumbu yang sudah ditumbuk sampai berbau harum dan matang. Masukkan tomat hingga layu. Hidangkan rebusan kangkung dengan menyiram bumbu di atasnya. Kangkung balacan siap disajikan.

Hari ketiga, Bunda bisa membuat masakan rumahan tempe bacem dan tumis tauge wortel. Untuk tempe bacem, bahan yang dibutuhkan adalah 4 keping tempe, 1 sendok makan ketumbar, 1 ruas jari jahe, 1 ruas jari lengkuas, 4 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan gula merah, 1 gelas air, 4 sendok kecap manis, 1/2 batang serai, 1/2 sendok teh garam, 2 lembar daun salam, dan minyak secukupnya.

Pertama-tama, panaskan minyak dan goreng tempe hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Haluskan ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan batang serai dengan blender. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan air, gula merah, garam, kecap manis, tempe, dan daun salam. Masak hingga air mengering. Angkat dan sajikan.

Selanjutnya, kita akan membuat tumis tauge wortel. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sendok makan minyak untuk menumis, 2 sendok makan irisan daun bawang, 1 sendok teh irisan bawang putih, 50 ml kaldu, 100 gram wortel yang diserut, 100 gram tauge panjang, 1 sendok makan kecap ikan, garam secukupnya, dan merica secukupnya.

Pertama-tama, tumis daun bawang dan bawang putih hingga wangi. Masukkan kaldu dan masak hingga mendidih. Masukkan wortel dan masak hingga matang. Beri bumbu. Masukkan tauge, aduk rata dan angkat. Tumis tauge wortel siap dihidangkan.

Selanjutnya, untuk resep masakan Rp20 ribu hari keempat dan seterusnya, silakan baca di halaman selanjutnya.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com