5 Kreasi Resep Cemilan Sehat untuk Si Kecil

Pilihan Cemilan Sehat untuk Si Kecil

Sebagai orang tua, kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita, termasuk dalam hal makanan. Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Salah satu waktu yang sering menjadi momen untuk memberikan makanan adalah saat cemilan. Namun, tidak semua cemilan yang ada di pasaran sehat dan bergizi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui pilihan cemilan sehat untuk si Kecil.

Salah satu pilihan cemilan sehat yang bisa kita berikan adalah buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh si Kecil. Kita bisa memberikan buah dan sayuran dalam bentuk potongan atau diolah menjadi resep cemilan sehat yang disukai oleh si Kecil. Misalnya, kita bisa membuat jus buah segar atau salad sayuran yang menarik.

Selain buah dan sayuran, ubi juga bisa menjadi pilihan cemilan sehat untuk si Kecil. Ubi mengandung karbohidrat yang penting sebagai sumber energi. Selain itu, ubi juga mengandung serat dan beberapa vitamin dan mineral. Kita bisa membuat cemilan sehat dari ubi dengan cara dikukus atau dipanggang. Kita juga bisa menambahkan bumbu-bumbu alami seperti kayu manis atau bawang putih untuk memberikan cita rasa yang lebih menarik.

Selain itu, kita juga bisa membuat cake dengan buah sebagai cemilan sehat untuk si Kecil. Kita bisa membuat cake rendah gula dan menambahkan buah-buahan segar sebagai campuran di adonan atau topingnya. Dengan cara ini, si Kecil bisa tetap menikmati rasa manis dari cake namun tetap mendapatkan manfaat dari buah-buahan.

Popcorn juga bisa menjadi pilihan cemilan sehat untuk si Kecil. Popcorn terbuat dari jagung yang mengandung serat dan beberapa nutrisi penting. Kita bisa membuat popcorn di rumah dengan menggunakan mentega atau bahan alami lainnya seperti bawang putih atau kayu manis. Dengan cara ini, si Kecil bisa menikmati cemilan yang gurih dan sehat.

Baca Juga:  5 Penyebab Anak Hiperaktif dan Cara Ampuh Mengatasinya

Selain itu, yoghurt juga bisa menjadi pilihan cemilan sehat untuk si Kecil. Yoghurt mengandung bakteri baik yang penting untuk sistem pencernaan si Kecil. Kita bisa memilih yoghurt yang rendah gula dan mengandung probiotik untuk memberikan manfaat yang lebih bagi si Kecil.

Oatmeal juga bisa menjadi pilihan cemilan sehat untuk si Kecil. Oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan si Kecil. Kita bisa mengolah oatmeal dengan menambahkan buah-buahan seperti apel dan pisang atau taburan bubuk kayu manis dan madu. Kita juga bisa menambahkan susu untuk memberikan nutrisi yang lebih.

Terakhir, susu juga bisa menjadi pilihan cemilan sehat untuk si Kecil. Susu mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, kalsium, dan vitamin D. Susu juga penting untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Kita bisa memberikan susu sebagai cemilan sehat atau sebagai minuman pendamping saat si Kecil makan.

Resep-Resep Cemilan Sehat untuk Si Kecil

Selain memilih cemilan sehat yang sudah ada di pasaran, kita juga bisa mencoba membuat sendiri cemilan sehat untuk si Kecil. Berikut ini adalah beberapa resep cemilan sehat yang bisa kita coba:

1. Berry smoothie
Bahan:
– 60 gram bayam segar
– 300 gram frozen berries
– 240 ml plain yoghurt
– 2 susu UHT Frisian Flag Junio varian plain milk
– 1 sendok makan madu

Cara membuat:
– Campur semua bahan dan blender sampai lembut.
– Berry smoothie siap dinikmati bersama si Kecil.

2. Banana oat cookie
Bahan:
– 3 buah pisang yang sudah matang dan dihancurkan
– 80 ml minyak kelapa
– 160 gram oat
– 80 gram choco chips atau buah yang dikeringkan
– 1 sendok teh bubuk vanila
– Susu UHT Frisian Flag Junio

Baca Juga:  7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Serta Takaran yang Tepat

Cara membuat:
– Campur semua bahan ke dalam wadah.
– Pisahkan adonan sesendok demi sesendok dan letakkan di loyang.
– Panggang di oven selama 15-20 menit dengan suhu 175 derajat celcius.

3. Puding Cokelat
Bahan:
– 1 bungkus agar-agar cokelat
– 1 bungkus agar jelly cokelat
– 10 kotak susu UHT Frisian Flag Junio varian cokelat
– 150 gram gula pasir
– 100 gram cokelat masak dilelehkan

Cara membuat:
– Masukkan 10 kotak susu Frisian Flag Junio varian cokelat, agar-agar cokelat, agar jelly cokelat, dan gula pasir ke dalam wadah.
– Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk terus hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api.
– Masukkan cokelat masak yang sudah dilelehkan, aduk hingga rata. Tuang ke loyang puding.
– Masukkan ke dalam kulkas supaya set. Sajikan puding cokelat ketika dingin.

Dengan membuat sendiri cemilan sehat untuk si Kecil, kita bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan sehat dan segar. Selain itu, dengan melibatkan si Kecil dalam proses pembuatan, mereka juga bisa belajar tentang makanan sehat dan memiliki rasa percaya diri ketika mereka bisa membuat sendiri cemilan sehat.

Kesimpulan

Memberikan cemilan sehat untuk si Kecil adalah langkah yang baik untuk memastikan mereka mendapatkan makanan yang bergizi. Buah, sayuran, ubi, cake dengan buah, popcorn, yoghurt, oatmeal, dan susu adalah beberapa pilihan cemilan sehat yang bisa kita berikan. Selain itu, kita juga bisa mencoba membuat sendiri cemilan sehat untuk si Kecil dengan menggunakan resep-resep yang sudah disebutkan di atas.

Dengan memberikan cemilan sehat, kita tidak hanya memberikan makanan yang enak untuk si Kecil, tetapi juga memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, dengan mengajarkan si Kecil tentang makanan sehat dan melibatkan mereka dalam proses pembuatan cemilan sehat, kita juga bisa membentuk kebiasaan makan yang sehat sejak dini.

Baca Juga:  7 Cara Melatih Konsentrasi Anak Dengan Sederhana

Jadi, jangan ragu untuk mencoba memberikan cemilan sehat untuk si Kecil. Dengan memilih cemilan sehat dan mengajarkan mereka tentang makanan sehat, kita sedang membantu mereka untuk menjadi anak yang sehat dan aktif.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com