Belanja Bulanan Jadi Lebih Mudah, dengan 3 Langkah Ini


Buat daftar belanjaan

Buat daftar belanjaan merupakan salah satu langkah penting dalam membuat belanja bulanan menjadi efisien. Dengan membuat daftar belanjaan, kita dapat mengatur dan mengontrol pengeluaran kita dengan lebih baik. Saya sendiri menggunakan buku khusus yang diperuntukkan untuk mencatat belanja bulanan keluarga. Dengan menulis di buku ini, saya merasa lebih bertanggung jawab dan ada kepuasan batin saat mencoret satu demi satu daftar belanjaan yang sudah saya beli.

Misalnya saat saya melakukan inventaris, terkumpul sekitar 20 item yang harus saya beli, termasuk kebutuhan fresh seperti sayur, buah, daging, atau ikan. Namun, saya juga memberikan toleransi untuk kelebihan barang, yaitu sekitar 5 item. Jika jumlah barang yang saya beli melebihi jumlah ini, saya harus mengembalikan barang tersebut ke tempatnya. Dengan cara ini, saya dapat menghindari pembelian barang yang tidak perlu dan mengatur pengeluaran saya dengan lebih efisien.

Manfaatkan jasa grocery online

Sebagai seorang working mom, saya sangat sibuk dengan pekerjaan di luar rumah. Saya seringkali harus bepergian dari satu tempat ke tempat lain untuk meliput berbagai kegiatan. Akibatnya, waktu yang saya miliki di rumah sangat terbatas. Saya ingin menghabiskan waktu quality time bersama anak dan suami di akhir pekan.

Dalam situasi seperti ini, kehadiran jasa grocery online sangat membantu saya. Salah satu jasa grocery online yang saya gunakan adalah Mumu.id. Dengan Mumu.id, saya tidak hanya bisa berbelanja di supermarket, tetapi juga di pasar tradisional favorit di sekitar rumah. Hal ini membuat saya merasa lega karena saya dapat berbelanja bulanan atau mingguan di mana saja dan kapan saja.

Salah satu keuntungan menggunakan jasa Mumu adalah barang belanjaan dapat sampai dalam waktu 1 jam. Jadwal pengantaran yang fleksibel juga memudahkan saya dalam mengatur waktu belanja. Saya tidak terbatas pada jam-jam tertentu saja. Selain itu, jangkauan Mumu juga sangat luas. Saya dapat membeli berbagai kebutuhan, mulai dari sembako, produk segar, keperluan rumah tangga, hingga keperluan kantor.

Baca Juga:  Hati-hati, Ini Jenis Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Salah satu fitur yang sangat saya sukai dari Mumu adalah fitur “Pesan Kembali”. Dengan fitur ini, saya dapat melihat keranjang belanjaan dari transaksi sebelumnya dan memesan kembali hanya dengan 1 klik. Fitur ini sangat membantu saya dalam membuat daftar belanjaan yang efisien. Selain itu, Mumu juga menyediakan metode pembayaran yang beragam, sehingga saya dapat berbelanja dari kantor dan tinggal mengirimkannya ke rumah secara praktis.

Mumu.id dapat diakses melalui PC atau laptop di www.mumu.id, atau melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui App Store dan Google Play. Dengan kemudahan akses ini, saya dapat melakukan belanja bulanan dengan lebih praktis dan efisien.

Biasakan cek berkala stok barang

Hal lain yang dapat membantu membuat belanja bulanan menjadi lebih efisien adalah dengan biasakan untuk secara berkala mengecek stok barang. Terkadang, ada barang yang habis sebelum waktu belanja bulanan tiba. Untuk mengatasi hal ini, lebih baik untuk melakukan pengecekan setiap seminggu sekali untuk beberapa barang yang digunakan dalam frekuensi yang cukup sering.

Contohnya, saya biasanya mengecek stok beras, minyak, cairan pembersih lantai dan piring, deterjen, pewangi pakaian, dan lain-lain. Dari hasil pengecekan ini, saya dapat mengetahui berapa banyak stok yang harus ditambahkan untuk bulan berikutnya, sehingga saya tidak perlu berbelanja di tengah bulan yang dapat merusak cash flow dan pos-pos keuangan yang sudah diatur dengan baik.

Dengan melakukan pengecekan stok secara berkala, saya dapat mengatur belanjaan bulanan dengan lebih efisien dan menghindari pemborosan. Selain itu, saya juga dapat mengatur pengeluaran saya dengan lebih baik dan menghindari pembelian barang yang tidak perlu.

Jadi, dengan melakukan 3 hal ini, yaitu membuat daftar belanjaan, memanfaatkan jasa grocery online, dan biasakan cek berkala stok barang, belanja bulanan bisa menjadi efisien dan praktis. Saya sendiri telah mencoba dan merasakan manfaat dari ketiga hal ini. Dengan mengatur belanja bulanan dengan baik, saya dapat menghemat waktu dan energi, serta menghindari pemborosan.

Baca Juga:  Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 2 Tahun yang Bermanfaat

Bagi para ibu lainnya, apakah kalian memiliki trik atau kiat lain dalam membuat belanja bulanan menjadi efisien? Bagi-bagikan pengalaman dan kiat kalian kepada kami. Apakah kalian juga pernah mencoba belanja di Mumu.id? Jika belum, saya sangat merekomendasikan untuk mencoba menggunakan jasa mereka. Aplikasi Mumu.id dapat diunduh melalui Google Play atau App Store. Dengan Mumu.id, belanja bulanan akan menjadi lebih praktis dan efisien.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com