Inilah 3 Makanan dari Kedelai yang Kaya Nutrisi dan Manfaat Untuk Anak

Inilah 3 Makanan dari Kedelai yang Kaya Nutrisi dan Manfaat Untuk Anak

I. Tempe

Makanan dari kedelai yang pertama adalah tempe. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang populer dan sering disajikan di berbagai kesempatan. Selain itu, tempe juga merupakan makanan yang mudah diolah dan memiliki harga yang terjangkau. Meskipun ekonomis, tempe mengandung nutrisi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan anak. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam tempe antara lain protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, berbagai vitamin B, serta mineral.

1. Manfaat Tempe untuk Kesehatan Anak

a. Membantu menguatkan tulang

Salah satu manfaat tempe untuk kesehatan anak adalah dapat membantu menguatkan tulang. Tempe mengandung kalsium yang tinggi, yang merupakan mineral penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang sehat. Dengan mengonsumsi tempe secara rutin, anak-anak dapat terhindar dari risiko pengeroposan tulang di masa mendatang.

b. Mencegah diare

Mengonsumsi tempe juga dapat membantu mencegah diare pada anak. Tempe mengandung senyawa antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab diare, seperti salmonella typhi, escherichia coli, dan shigella flexneri. Dengan mengonsumsi tempe secara teratur, anak-anak dapat terhindar dari risiko infeksi saluran pencernaan yang dapat menyebabkan diare.

c. Mencegah stunting

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang lama. Stunting dapat menyebabkan anak memiliki pertumbuhan yang terhambat dan perawakan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Mengonsumsi tempe secara teratur dapat membantu mencegah stunting pada anak, karena tempe mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

d. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat tempe lainnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit anak. Tempe mengandung genistein, hormon dalam kedelai yang berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi tempe secara teratur, anak-anak dapat memiliki kulit yang sehat dan terjaga kecantikannya.

2. Resep Makanan dari Tempe

a. Tumis Tempe dan Sayur-sayuran

Bahan:
– 200 gram tempe, potong-potong
– Sayur-sayuran pilihan (brokoli, wortel, kacang panjang), potong-potong
– Bawang putih, cincang halus
– Kecap manis secukupnya
– Garam secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
2. Tumis bawang putih hingga harum.
3. Masukkan tempe dan tumis hingga matang.
4. Tambahkan sayur-sayuran dan aduk rata.
5. Tuangi kecap manis dan garam secukupnya.
6. Masak hingga sayur-sayuran matang.
7. Angkat dan sajikan.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Les Tenis dan Kisaran Biayanya

b. Burger Tempe

Bahan:
– 200 gram tempe, potong-potong
– 1 butir telur
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 2 sendok makan tepung terigu
– Garam secukupnya
– Merica secukupnya
– Minyak goreng secukupnya
– Roti burger
– Selada, tomat, bawang bombay, dan saus sambal (opsional)

Cara membuat:
1. Haluskan tempe menggunakan blender atau food processor.
2. Campurkan tempe yang sudah dihaluskan dengan telur, bawang putih, tepung terigu, garam, dan merica. Aduk rata.
3. Bentuk adonan tempe menjadi patty burger.
4. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
5. Goreng patty tempe hingga matang dan berwarna kecokelatan.
6. Siapkan roti burger dan tambahkan selada, tomat, bawang bombay, saus sambal, dan patty tempe di antara dua lembar roti.
7. Sajikan.

II. Tahu

Makanan dari kedelai selanjutnya adalah tahu. Tahu juga merupakan makanan yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan anak. Tahu mengandung protein, serat, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral penting. Selain itu, tahu juga merupakan makanan yang mudah diolah dan memiliki harga yang terjangkau.

1. Manfaat Tahu untuk Kesehatan Anak

a. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tahu merupakan sumber protein nabati yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Protein berperan sebagai sumber energi dan antibodi yang dapat melawan infeksi akibat virus atau bakteri. Dengan mengonsumsi tahu secara teratur, anak-anak dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

b. Membantu menguatkan tulang

Tahu mengandung kalsium dan isoflavon yang dapat membantu menguatkan tulang anak. Kalsium adalah mineral penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang sehat, sedangkan isoflavon dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Dengan mengonsumsi tahu secara teratur, anak-anak dapat terhindar dari risiko pengeroposan tulang di masa mendatang.

c. Mencegah konstipasi

Tahu mengandung serat yang dapat membantu mencegah konstipasi pada anak. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi tahu secara teratur, anak-anak dapat memiliki saluran pencernaan yang sehat dan lancar.

d. Membantu mencegah anemia

Baca Juga:  Biaya Masuk SD di Depok Terbaru Tahun Ini

Tahu mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Dengan mengonsumsi tahu secara teratur, anak-anak dapat mencegah risiko anemia dan menjaga kesehatan darah mereka.

2. Resep Makanan dari Tahu

a. Tahu Goreng

Bahan:
– Tahu putih
– Minyak goreng secukupnya
– Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Potong tahu menjadi beberapa bagian sesuai selera.
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
3. Goreng tahu hingga matang dan berwarna kecokelatan.
4. Angkat dan tiriskan.
5. Taburi garam secukupnya.
6. Sajikan.

b. Tahu Isi

Bahan:
– Tahu putih
– Wortel, potong dadu kecil
– Buncis, potong-potong
– Rebung, iris tipis
– Bawang bombay, cincang halus
– Bawang putih, cincang halus
– Garam secukupnya
– Merica secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Potong tahu menjadi beberapa bagian sesuai selera.
2. Buat lubang di tengah tahu dan isi dengan campuran wortel, buncis, rebung, bawang bombay, dan bawang putih yang sudah ditumis.
3. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
4. Goreng tahu hingga matang dan berwarna kecokelatan.
5. Angkat dan tiriskan.
6. Sajikan.

III. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan minuman yang terbuat dari sari kacang kedelai. Susu kedelai bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa, sehingga cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi atau yang sedang menjalani pola makan vegetarian. Susu kedelai juga mengandung nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin B.

1. Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Anak

a. Meningkatkan kekebalan tubuh

Susu kedelai mengandung zinc yang penting untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Zinc juga berperan dalam penyembuhan luka, pertumbuhan sel, sintesis DNA, dan tumbuh kembang anak. Dengan mengonsumsi susu kedelai secara teratur, anak-anak dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

b. Mencegah anemia

Susu kedelai mengandung vitamin B12 yang penting untuk mencegah anemia. Vitamin B12 biasanya ditemukan dalam telur dan susu sapi, namun bagi anak-anak yang alergi atau vegetarian, susu kedelai dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12.

c. Mengurangi risiko penyakit jantung

Baca Juga:  Direktori Yayasan Baby Sitter dan PRT Infal

Susu kedelai mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengurangi kadar lemak darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Dengan mengonsumsi susu kedelai secara teratur, anak-anak dapat menjaga kesehatan jantung mereka.

d. Mengontrol berat badan

Susu kedelai mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu anak-anak merasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi susu kedelai dan menjalani pola hidup sehat, anak-anak dapat menjaga berat badan mereka agar tetap ideal. Selain itu, serat juga berperan dalam melancarkan pencernaan anak.

2. Resep Minuman dari Susu Kedelai

a. Smoothie Susu Kedelai dan Buah-buahan

Bahan:
– Susu kedelai
– Buah-buahan segar (pisang, stroberi, mangga, blueberry)
– Es batu secukupnya
– Madu atau gula secukupnya (opsional)

Cara membuat:
1. Blender susu kedelai dan buah-buahan segar hingga halus.
2. Tambahkan es batu dan blender kembali hingga tercampur rata.
3. Tambahkan madu atau gula secukupnya untuk memberikan rasa manis (opsional).
4. Sajikan.

b. Cappuccino Susu Kedelai

Bahan:
– Susu kedelai
– Kopi bubuk
– Gula secukupnya
– Kayu manis bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan susu kedelai dalam panci hingga mendidih.
2. Tambahkan kopi bubuk dan gula secukupnya, aduk rata.
3. Tuangkan ke dalam gelas.
4. Taburi dengan kayu manis bubuk secukupnya.
5. Sajikan.

Dengan mengonsumsi makanan dari kedelai seperti tempe, tahu, dan susu kedelai secara teratur, Anda dapat memberikan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak. Namun, perlu diingat bahwa makanan dari kedelai bukanlah satu-satunya sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Pastikan untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi anak dengan nutrisi dari sumber lain seperti daging, ikan, susu, dan sayuran. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi dan saran yang lebih spesifik mengenai kebutuhan gizi anak Anda.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com