14 Resep Masakan Rumahan Seminggu, Irit Saat Tanggal Tua


Memasuki tanggal tua, coba 14 resep masakan rumahan untuk satu minggu yang mudah dimasak ini. Dijamin irit dan hemat.

Dalam menghadapi akhir bulan, kebanyakan orang pasti sedikit khawatir dengan pengeluaran dan keuangan mereka. Biaya hidup yang semakin tinggi membuat banyak orang harus pintar-pintar mengatur pengeluaran agar tetap bisa bertahan hingga akhir bulan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasak makanan sendiri di rumah. Selain lebih hemat, memasak di rumah juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk tetap mendapatkan makanan yang lezat dan bergizi.

Bunda, sebagai ibu rumah tangga, tentu ingin memberikan makanan yang terbaik untuk keluarga. Namun, seringkali kita merasa kebingungan untuk mencari resep masakan rumahan yang mudah dan praktis. Nah, kali ini kami akan membagikan 14 resep masakan rumahan yang bisa kamu coba untuk satu minggu ke depan. Dijamin irit dan hemat!

Hari Pertama

Pada hari pertama, kita akan mencoba dua resep masakan rumahan yang lezat dan praktis. Yang pertama adalah Tenggiri Kuah Pedas. Siapa yang tidak suka dengan ikan tenggiri? Ikan yang kaya akan protein dan omega 3 ini cocok untuk menjadi bahan utama dalam menu makan siang atau makan malam keluarga.

Untuk membuat Tenggiri Kuah Pedas, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 150 gram bumbu dasar merah
– 300 ml air
– 3 lembar daun jeruk
– 2 batang serai, memarkan
– 2 cm jahe, memarkan
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 3 mata asam kandis
– 4 potong ikan tenggiri seberat 125 gram
– 5 buah tomat, iris
– 10 buah cabai rawit merah
– 20 lembar daun kemangi

Cara membuat Tenggiri Kuah Pedas ini sangatlah mudah. Pertama, masak bumbu dasar merah dengan air, daun jeruk, serai, jahe, lengkuas, dan asam kandis hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan ikan tenggiri dan masak ikan hingga matang serta kuah menyusut. Kemudian tambahkan irisan belimbing, tomat, sayur, cabai rawit, dan daun kemangi. Masak sebentar lalu angkat. Sajikan Tenggiri Kuah Pedas selagi hangat.

Selain Tenggiri Kuah Pedas, kita juga akan mencoba Kangkung Bumbu Tauco pada hari pertama ini. Kangkung adalah salah satu sayuran yang mudah didapatkan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan bumbu tauco yang khas, kangkung ini akan memiliki rasa yang nikmat dan lezat.

Untuk membuat Kangkung Bumbu Tauco, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 2 sdm minyak untuk menumis
– 3 lembar daun jeruk
– 3 lembar daun salam
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 3 sdm tauco
– 200 gram kangkung, siangi
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Gula pasir secukupnya
– 12 butir telur puyuh, rebus matang, kupas, goreng

Bumbu halus yang perlu disiapkan adalah:
– 6 butir bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 3 cm kencur

Cara memasak Kangkung Bumbu Tauco ini juga cukup sederhana. Pertama, panaskan minyak terlebih dulu, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan jahe. Masak sambil diaduk merata sampai bumbu tercium harum. Kemudian, masukkan tauco dan aduk kembali. Selanjutnya, masukkan kangkung dan aduk. Bubuhkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak hingga kangkung layu. Jika sudah cukup layu, tambahkan telur puyuh goreng dan aduk merata. Matikan api dan angkat. Kangkung Bumbu Tauco siap untuk disajikan.

Hari Kedua

Pada hari kedua, kita akan mencoba resep Tahu Isi Telur yang lezat dan bergizi. Tahu Isi Telur adalah salah satu makanan yang sering kita temui di restoran-restoran atau warung-warung makan. Namun, sebenarnya kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Untuk membuat Tahu Isi Telur, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 1 buah tahu putih
– 100 gram udang, cincang
– 20 gram tepung sagu
– 1 butir telur
– 1 sdt garam
– 1/2 sdt merica bubuk
– 3 butir bawang merah, haluskan
– 1 batang daun bawang, iris
– 2 batang daun seledri, iris
– 12 butir telur puyuh matang
– Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cocolan yang perlu disiapkan adalah:
– 50 ml kecap manis
– 1 sdm petis udang

Bumbu halus yang perlu disiapkan adalah:
– 2 siung bawang putih, iris, goreng
– 5 buah cabai rawit merah
– 1/4 sdt garam

Cara membuat Tahu Isi Telur ini juga cukup mudah. Pertama, haluskan tahu lalu campur dengan udang, tepung sagu, telur, garam, merica, bawang merah, daun bawang, dan seledri. Aduk hingga merata. Selanjutnya, panaskan minyak, ambil adonan sesendok demi sesendok dan bentuk seperti bola. Isi adonan dengan telur puyuh dan bentuk bulat kembali. Goreng hingga matang dan angkat. Untuk saus cocolan, campur dan aduk merata bumbu halus dengan petis udang. Tambahkan kecap manis sesuai selera dan aduk kembali. Sajikan tahu dan cocolan saus selagi masih hangat.

Baca Juga:  Tips Toilet Training untuk Perkembangan Psikologi Anak

Selain Tahu Isi Telur, kita juga akan mencoba Kangkung Cabai Hijau pada hari kedua ini. Kangkung Cabai Hijau adalah salah satu menu masakan rumahan yang mudah dan cepat untuk disajikan. Dengan bumbu cabai hijau yang pedas, kangkung ini akan memiliki rasa yang segar dan menggugah selera.

Untuk membuat Kangkung Cabai Hijau, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 5 sdm minyak untuk menumis
– 3 lembar daun jeruk
– 2 batang serai, memarkan
– 2 cm jahe, memarkan
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 3 lembar daun salam
– 200 gram kangkung, siangi
– 1 ikat daun kemangi, petik daunnya
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Gula pasir secukupnya

Bumbu yang perlu ditumbuk kasar adalah:
– 8 buah cabai hijau besar
– 10 buah cabai rawit hijau
– 9 butir bawang merah
– 5 siung bawang putih

Cara membuat Kangkung Cabai Hijau ini juga cukup sederhana. Pertama, panaskan minyak, kemudian tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar bersama daun jeruk, serai, jahe, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Selanjutnya, masukkan kangkung dan daun kemangi lalu aduk hingga merata. Bubuhkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak hingga kangkung layu, kemudian angkat. Kangkung Cabai Hijau masakan Bunda siap disajikan.

Hari Ketiga

Pada hari ketiga, kita akan mencoba dua resep masakan rumahan yang lezat dan bergizi. Yang pertama adalah Ayam Goreng Bumbu Kecap. Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Salah satu menu masakan rumahan yang paling digemari oleh banyak orang. Dengan bumbu kecap yang manis dan sedikit pedas, ayam goreng ini akan memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera.

Untuk membuat Ayam Goreng Bumbu Kecap, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
– 3 siung bawang putih, haluskan
– 2 cm jahe, haluskan
– 2 sdm kecap manis
– 1 sdm saus tiram
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat Ayam Goreng Bumbu Kecap ini sangatlah mudah. Pertama, lumuri ayam dengan bawang putih, jahe, kecap manis, saus tiram, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap. Selanjutnya, panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Ayam Goreng Bumbu Kecap siap disajikan.

Selain Ayam Goreng Bumbu Kecap, kita juga akan mencoba membuat Sop Sayuran pada hari ketiga ini. Sop Sayuran adalah salah satu menu masakan rumahan yang sehat dan bergizi. Dengan berbagai macam sayuran yang segar, sop ini akan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Untuk membuat Sop Sayuran, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 200 gram kentang, potong dadu
– 100 gram wortel, potong dadu
– 100 gram buncis, potong-potong
– 100 gram jagung manis, potong-potong
– 1 batang daun bawang, iris
– 1 batang seledri, iris
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Air secukupnya

Cara membuat Sop Sayuran ini juga cukup mudah. Pertama, rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan kentang, wortel, buncis, dan jagung manis. Masak hingga sayuran setengah matang. Selanjutnya, tambahkan daun bawang, seledri, garam, dan merica bubuk. Masak hingga sayuran matang dan kuah sop menjadi sedikit kental. Sop Sayuran siap disajikan.

Hari Keempat

Pada hari keempat, kita akan mencoba resep Nasi Goreng Seafood yang lezat dan bergizi. Nasi Goreng Seafood adalah salah satu menu masakan rumahan yang menjadi favorit banyak orang. Dengan tambahan seafood seperti cumi dan udang, nasi goreng ini akan memiliki rasa yang kaya dan nikmat.

Untuk membuat Nasi Goreng Seafood, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 2 piring nasi putih
– 100 gram cumi, potong-potong
– 100 gram udang, kupas kulitnya
– 2 butir telur, kocok lepas
– 2 sdm minyak untuk menumis
– 3 siung bawang putih, cincang halus
– 2 sdm saus tiram
– 1 sdm kecap manis
– 1 sdm kecap ikan
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Daun bawang secukupnya, iris

Cara membuat Nasi Goreng Seafood ini juga cukup sederhana. Pertama, panaskan minyak dalam wajan, kemudian tumis bawang putih hingga harum. Selanjutnya, masukkan cumi dan udang, tumis hingga matang. Setelah itu, dorong cumi dan udang ke sisi wajan, tuang telur kocok lepas dan aduk hingga telur setengah matang. Campurkan semua bahan, kecuali nasi, lalu aduk rata. Tambahkan nasi putih dan aduk hingga merata. Bubuhkan garam dan merica bubuk secukupnya. Masak hingga nasi goreng matang dan tercampur dengan sempurna. Terakhir, tambahkan daun bawang iris dan aduk kembali. Nasi Goreng Seafood siap disajikan.

Baca Juga:  Yuk, Tingkatkan Fungsi Sistem Saraf Anak dengan 6 Makanan Ini

Selain Nasi Goreng Seafood, kita juga akan mencoba membuat Pepes Ikan pada hari keempat ini. Pepes Ikan adalah salah satu menu masakan rumahan yang terkenal dengan cara pengolahannya yang unik, yaitu dengan membungkus ikan dan bumbu dalam daun pisang kemudian dikukus atau dipanggang. Dengan bumbu rempah yang khas, pepes ikan ini akan memiliki aroma dan rasa yang lezat.

Untuk membuat Pepes Ikan, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 500 gram ikan tenggiri, potong menjadi beberapa bagian
– 2 lembar daun pisang, cuci bersih
– 3 lembar daun jeruk, iris halus
– 5 lembar daun kemangi
– 2 batang serai, memarkan
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 3 sdm air asam jawa
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya

Bumbu halus yang perlu disiapkan adalah:
– 6 butir bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 5 buah cabai merah keriting
– 5 buah cabai rawit merah
– 1 cm kunyit, bakar sebentar

Cara membuat Pepes Ikan ini juga cukup mudah. Pertama, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Selanjutnya, campurkan ikan dengan bumbu halus, daun jeruk, daun kemangi, serai, lengkuas, air asam jawa, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. Ambil selembar daun pisang, letakkan campuran ikan di atasnya, lalu bungkus rapat. Lakukan hal yang sama dengan sisa bahan. Kukus pepes ikan selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Pepes Ikan siap disajikan.

Hari Kelima

Pada hari kelima, kita akan mencoba resep Ayam Rica-Rica yang pedas dan lezat. Ayam Rica-Rica adalah salah satu menu masakan rumahan yang berasal dari Manado. Dengan bumbu rica-rica yang pedas dan rempah yang kaya, ayam ini akan memiliki rasa yang unik dan menggugah selera.

Untuk membuat Ayam Rica-Rica, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
– 5 buah cabai merah keriting
– 10 buah cabai rawit merah
– 10 buah cabai rawit hijau
– 5 siung bawang putih
– 3 butir bawang merah
– 2 cm jahe
– 2 cm lengkuas
– 2 batang serai, memarkan
– 3 lembar daun jeruk, iris halus
– 2 lembar daun salam
– 1 lembar daun kunyit
– 2 lembar daun pandan
– 1 sdt garam
– 1 sdt gula pasir
– Air secukupnya

Cara membuat Ayam Rica-Rica ini juga cukup sederhana. Pertama, haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas. Tumis bumbu halus bersama serai, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, dan daun pandan hingga harum. Selanjutnya, masukkan ayam dan aduk rata. Tambahkan garam, gula pasir, dan air secukupnya. Masak hingga ayam matang dan bumbu meresap. Ayam Rica-Rica siap disajikan.

Selain Ayam Rica-Rica, kita juga akan mencoba membuat Capcay pada hari kelima ini. Capcay adalah salah satu menu masakan rumahan yang terkenal dengan kandungan sayuran yang melimpah. Dengan berbagai macam sayuran seperti wortel, buncis, kembang kol, dan masih banyak lagi, capcay ini akan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Untuk membuat Capcay, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 100 gram wortel, iris tipis
– 100 gram buncis, potong-potong
– 100 gram kembang kol, potong-potong
– 100 gram sawi hijau, potong-potong
– 100 gram jamur tiram, iris tipis
– 1 buah paprika merah, potong-potong
– 1 buah paprika hijau, potong-potong
– 3 siung bawang putih, cincang halus
– 2 sdm saus tiram
– 1 sdm kecap manis
– 1 sdm kecap ikan
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat Capcay ini juga cukup mudah. Pertama, panaskan minyak dalam wajan, kemudian tumis bawang putih hingga harum. Selanjutnya, masukkan wortel, buncis, kembang kol, sawi hijau, jamur tiram, paprika merah, dan paprika hijau. Tumis hingga sayuran setengah matang. Setelah itu, tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap ikan, garam, dan merica bubuk secukupnya. Aduk rata dan masak hingga sayuran matang sempurna. Capcay siap disajikan.

Hari Keenam

Pada hari keenam, kita akan mencoba resep Gulai Kambing yang lezat dan kaya rasa. Gulai Kambing adalah salah satu menu masakan rumahan yang terkenal dengan bumbu rempah yang kaya. Dengan daging kambing yang empuk dan kuah gulai yang kental, gulai kambing ini akan memberikan sensasi makan yang lezat dan mengenyangkan.

Untuk membuat Gulai Kambing, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 500 gram daging kambing, potong menjadi beberapa bagian
– 2 lembar daun jeruk
– 2 batang serai, memarkan
– 2 cm jahe, memarkan
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 3 lembar daun salam
– 1 batang daun kunyit, iris tipis
– 1 batang daun pandan
– 1 sdm air asam jawa
– 1 sdt gula pasir
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Santan secukupnya

Baca Juga:  Mengenal Hal-Hal yang Dapat Mempengaruhi Kepribadian Bayi

Bumbu halus yang perlu disiapkan adalah:
– 5 butir bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 2 cm kunyit, bakar sebentar
– 2 cm jahe

Cara membuat Gulai Kambing ini juga cukup sederhana. Pertama, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, serai, jahe, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Selanjutnya, masukkan daging kambing dan aduk rata. Tambahkan daun kunyit, daun pandan, air asam jawa, gula pasir, garam, dan merica bubuk secukupnya. Masak hingga daging kambing empuk dan kuah gulai kental. Terakhir, tambahkan santan secukupnya dan masak hingga mendidih. Gulai Kambing siap disajikan.

Selain Gulai Kambing, kita juga akan mencoba membuat Cumi Goreng Tepung pada hari keenam ini. Cumi Goreng Tepung adalah salah satu menu masakan rumahan yang terkenal dengan tekstur kulit tepung yang renyah dan daging cumi yang kenyal. Dengan tambahan bumbu rempah yang khas, cumi goreng tepung ini akan memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera.

Untuk membuat Cumi Goreng Tepung, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 200 gram cumi, bersihkan dan potong-potong
– 100 gram tepung terigu
– 50 gram tepung beras
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt merica bubuk
– Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat Cumi Goreng Tepung ini juga cukup mudah. Pertama, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, dan merica bubuk dalam wadah. Aduk rata. Selanjutnya, celupkan cumi ke dalam adonan tepung, pastikan cumi terbalut tepung secara merata. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian goreng cumi hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Cumi Goreng Tepung siap disajikan.

Hari Ketujuh

Pada hari ketujuh, kita akan mencoba resep Es Buah yang segar dan menyegarkan. Es Buah adalah salah satu menu makanan penutup yang paling digemari oleh banyak orang. Dengan berbagai macam buah segar seperti jeruk, pepaya, semangka, dan masih banyak lagi, es buah ini akan memberikan kesegaran dan kelezatan setelah makan.

Untuk membuat Es Buah, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 1 buah semangka, potong dadu
– 2 buah pepaya, potong dadu
– 2 buah jeruk, kupas dan potong-potong
– 1 buah mangga, potong dadu
– 1 buah kelapa muda, keruk dagingnya
– Sirup secukupnya
– Es batu secukupnya
– Susu kental manis secukupnya

Cara membuat Es Buah ini juga cukup sederhana. Pertama, campurkan semua buah yang sudah dipotong dalam wadah. Tambahkan sirup secukupnya dan aduk rata. Selanjutnya, tambahkan es batu dan susu kental manis secukupnya. Es Buah siap disajikan.

Selain Es Buah, kita juga akan mencoba membuat Puding Coklat pada hari ketujuh ini. Puding Coklat adalah salah satu menu makanan penutup yang paling digemari oleh banyak orang. Dengan rasa coklat yang lezat dan tekstur yang lembut, puding coklat ini akan menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah makan.

Untuk membuat Puding Coklat, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
– 500 ml susu cair
– 50 gram coklat bubuk
– 100 gram gula pasir
– 1 sdt vanili bubuk
– 2 sdm tepung maizena
– 1 butir telur
– 100 ml air
– Whipped cream secukupnya untuk hiasan

Cara membuat Puding Coklat ini juga cukup mudah. Pertama, campurkan susu cair, coklat bubuk, gula pasir, vanili bubuk, tepung maizena, dan telur dalam wadah. Aduk rata. Selanjutnya, panaskan campuran tersebut di atas api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih dan mengental. Setelah itu, tuang adonan puding ke dalam cetakan yang sudah disiapkan. Dinginkan dalam suhu ruangan, lalu masukkan ke dalam lemari es hingga puding benar-benar dingin dan mengeras. Terakhir, hiasi puding coklat dengan whipped cream. Puding Coklat siap disajikan.

Penutup

Itulah 14 resep masakan rumahan yang bisa kamu coba untuk satu minggu ke depan. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara memasak yang sederhana, kamu bisa menyajikan makanan yang lezat dan bergizi untuk keluarga tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Selamat mencoba dan semoga resep-resep di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk moms.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com