Rekomendasi Panti Jompo di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur Beserta Biayanya!


Panti jompo atau panti werda merupakan tempat yang menyediakan perawatan dan perhatian khusus bagi para lansia yang membutuhkan. Tidak hanya di Jabodetabek, daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur juga memiliki beberapa rekomendasi panti jompo yang dapat menjadi pilihan bagi para orang tua. Setiap panti jompo tersebut memiliki fasilitas dan biaya yang berbeda-beda.

Di Jawa Barat, terdapat dua rekomendasi panti jompo yang bisa menjadi pertimbangan, yaitu Panti Wredha Salam Sejahtera dan Panti Werda Taman Gracelil. Panti Wredha Salam Sejahtera merupakan panti jompo yang berada di bawah Yayasan Kasih Mulia Sejahtera dan telah berdiri sejak tahun 1997. Panti ini memiliki lingkungan yang bersih dan asri sehingga nyaman sebagai rumah bagi para lansia. Selain itu, di sekitar panti juga terdapat taman yang menjaga keasrian area. Panti ini juga menyediakan ruang terapi dengan tenaga medis dan profesional yang dapat menjaga kesehatan para lansia. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tinggal di panti ini adalah deposit sebesar iuran bulanan dikalikan 3. Selain itu, terdapat pilihan kamar kecil dengan biaya Rp3,5 juta per bulan dan kamar besar dengan biaya Rp5 juta per bulan.

Sementara itu, Panti Werda Taman Gracelil merupakan panti jompo yang dikelola oleh para biarawati Katolik di bawah Yayasan Taman Grace Lawadinata. Panti ini telah resmi beroperasi sejak tanggal 14 Desember 2002 dan terletak di area yang asri dan nyaman. Para lansia yang tinggal di panti ini mendapatkan perawatan maksimal, termasuk perawatan rohani dan jasmani serta makan tiga kali sehari dan dua kali snack di pagi dan sore. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tinggal di panti ini adalah uang pangkal sebesar Rp3.000.000 dan iuran bulanan sebesar Rp3.000.000 yang harus dibayar setiap tanggal 10.

Baca Juga:  Catat! Inilah 6 Bekal Anak Sekolah Saat New Normal

Selanjutnya, di Jawa Tengah terdapat dua rekomendasi panti jompo yang dapat dipertimbangkan, yaitu Panti Werdha Ningsih dan Panti Werdha Maria Sudarsih. Panti Wredha Ningsih didirikan pada tanggal 10 Februari 2018 di bawah naungan Yayasan Sosial Gotong Royong Ambarawa. Panti ini menerima lansia perempuan berusia 60 tahun ke atas dari semua latar belakang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tinggal di panti ini adalah Rp1.500.000 per bulan untuk anggota dan Rp2.000.000 per bulan untuk non anggota.

Sementara itu, Panti Wredha Maria Sudarsih beroperasi sejak tanggal 01 Februari 2016 dan merupakan panti untuk para lansia wanita berusia 60 tahun ke atas. Panti ini memiliki kapasitas hingga 32 lansia dan menyediakan asuhan dalam bentuk pengawasan, pemberian makan, pemeriksaan kesehatan, dan pengobatan. Setiap lansia juga akan mendapatkan perawatan fisik, fisioterapi, serta pembinaan iman atau kasih sayang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tinggal di panti ini adalah Rp1.500.000 per bulan tanpa deposit atau biaya pendaftaran.

Terakhir, di Jawa Timur terdapat dua rekomendasi panti jompo yang bisa menjadi pilihan, yaitu Panti Werdha Hargodedali dan Nursing Home Griya Asih. Panti Werdha Hargodedali merupakan panti jompo yang menerima lansia wanita berusia di atas 60 tahun. Para lansia yang tinggal di panti ini akan mendapatkan perawatan maksimal, mulai dari pelayanan dasar hingga rekreasi. Setiap lansia juga akan mendapatkan makan tiga kali sehari, pendampingan oleh dua perawat, dan di setiap kamar hanya diisi oleh maksimal 4 orang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tinggal di panti ini adalah Rp3.500.000.

Sementara itu, Nursing Home Griya Asih merupakan pilihan lain untuk lansia wanita usia 60 tahun ke atas di daerah Jawa Timur, tepatnya di Malang. Panti ini tidak mengenakan biaya pendaftaran atau deposit untuk setiap lansia yang akan dititipkan. Semua biaya bulanan mencakup makan 3 kali sehari, snack 2 kali sehari, dan pemeriksaan dokter rutin. Jumlah lansia dalam satu kamar juga beragam, mulai dari 2-4 orang per kamar. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tinggal di panti ini adalah Rp2.500.000.

Baca Juga:  7 Tanda Pernikahan Memang Harus Berakhir

Dengan adanya rekomendasi panti jompo di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur tersebut, diharapkan Bunda dan Daddies dapat menemukan panti jompo yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan orang tua mereka. Memilih panti jompo yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan kenyamanan dan perawatan yang maksimal bagi para lansia.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com