Manfaat Sayur Kale dan Resepnya yang Bernutrisi untuk Anak

Kandungan Nutrisi Daun Kale

Sayur kale merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan nutrisi. Dalam 100 gram daun kale mentah, terdapat berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan anak. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daun kale antara lain adalah:

1. Energi: Daun kale mengandung sekitar 35 kalori per 100 gramnya. Meskipun tidak terlalu tinggi kalori, daun kale dapat memberikan energi yang cukup untuk menjaga kesehatan anak.

2. Protein: Daun kale mengandung sekitar 2,9 gram protein per 100 gramnya. Protein merupakan zat gizi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Karbohidrat: Daun kale mengandung sekitar 4,4 gram karbohidrat per 100 gramnya. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh.

4. Serat: Daun kale mengandung sekitar 4,1 gram serat per 100 gramnya. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit pada anak.

5. Lemak: Daun kale mengandung sekitar 1,5 gram lemak per 100 gramnya. Lemak yang terkandung dalam daun kale adalah lemak sehat yang baik untuk tubuh.

6. Vitamin A: Daun kale mengandung sekitar 241 mcg vitamin A per 100 gramnya. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata anak.

7. Vitamin B1: Daun kale mengandung sekitar 0,113 mg vitamin B1 per 100 gramnya. Vitamin B1 berperan penting dalam metabolisme energi tubuh.

8. Vitamin C: Daun kale mengandung sekitar 93,4 mg vitamin C per 100 gramnya. Vitamin C adalah antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

9. Vitamin K: Daun kale mengandung sekitar 390 mcg vitamin K per 100 gramnya. Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang.

10. Vitamin B9 (Asam folat): Daun kale mengandung sekitar 62 mcg vitamin B9 per 100 gramnya. Asam folat merupakan nutrisi penting untuk perkembangan sel-sel tubuh.

Baca Juga:  Kenali Sindrom Baby Blues Sebelum dan Sesudah Melahirkan

11. Fosfor: Daun kale mengandung sekitar 55 mg fosfor per 100 gramnya. Fosfor berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi.

12. Kalium: Daun kale mengandung sekitar 348 mg kalium per 100 gramnya. Kalium berperan penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

13. Kalsium: Daun kale mengandung sekitar 254 mg kalsium per 100 gramnya. Kalsium merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

14. Zinc: Daun kale mengandung sekitar 0,39 mg zinc per 100 gramnya. Zinc berperan penting dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, daun kale juga mengandung berbagai senyawa antioksidan seperti beta karoten, flavonoid, dan polifenol. Senyawa-senyawa ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh anak, seperti melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ragam Manfaat Sayur Kale untuk Anak

Sayur kale memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan anak. Beberapa manfaat dari mengonsumsi sayur kale antara lain:

1. Menjaga kesehatan mata: Kandungan vitamin A yang tinggi dalam sayur kale dapat membantu menjaga kesehatan mata anak. Vitamin A penting untuk menjaga penglihatan anak agar tetap baik.

2. Melindungi tulang: Kandungan kalsium dalam sayur kale dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anak. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

3. Menjaga kesehatan rambut dan kulit: Sayur kale mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit anak. Beta karoten membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan menjaga kesehatan rambut dan kulit.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh: Senyawa antioksidan yang terkandung dalam sayur kale dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Dengan rajin mengonsumsi sayur kale, anak akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan lebih tahan terhadap penyakit.

5. Mencegah anemia: Sayur kale mengandung zat besi yang sangat baik untuk mencegah anemia pada anak. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Baca Juga:  Nak, kita beraktivitas di luar yuk!

6. Meningkatkan fungsi otak: Kandungan nutrisi dalam sayur kale, seperti vitamin B1 dan asam folat, dapat meningkatkan fungsi otak anak. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan sel-sel otak dan meningkatkan kemampuan berpikir anak.

7. Menjaga kesehatan jantung: Kandungan serat dan antioksidan dalam sayur kale dapat menjaga kesehatan jantung anak. Serat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, sedangkan antioksidan melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

8. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan: Nutrisi yang terkandung dalam sayur kale sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Nutrisi-nutrisi ini membantu membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, serta mendukung pertumbuhan yang optimal.

Resep Olahan Sayur Kale

Berikut ini adalah beberapa resep olahan sayur kale yang kaya nutrisi dan mudah diolah:

1. Sayur Kale Telur Wortel
– Bahan-bahan:
– 3 wortel
– 10 lembar daun kale
– 2 butir telur
– 300 ml air
– 4 siung bawang merah, iris tipis
– 1 sdm minyak kelapa
– Garam secukupnya
– Kaldu jamur secukupnya

– Cara membuat:
1. Tumis bawang merah hingga harum.
2. Masukkan wortel dan kale. Aduk sebentar, kemudian tuang air dan masak hingga mendidih.
3. Kocok lepas telur, tuang ke kuah mendidih sedikit demi sedikit.
4. Aduk sesekali dengan api kecil.
5. Tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya.
6. Sayur kale telur wortel siap disajikan.

2. Sayur Kale Kuah Kari
– Bahan-bahan:
– 1 ikat sayur kale, rebus setengah matang
– Labu kuning secukupnya
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 1 batang serai, memarkan
– 2 lembar daun jeruk
– 400 ml susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa vanilla
– 1 sdt kari bubuk
– Garam dan gula secukupnya
– Bumbu halus:
– 4 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 2 butir kemiri
– 2 cm kunyit
– 1/2 sdt ketumbar

Baca Juga:  Kenali Sindrom Baby Blues Sebelum dan Sesudah Melahirkan

– Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk, kari bubuk hingga harum.
2. Masukkan labu kuning yang sudah dipotong-potong, masak hingga labu matang.
3. Tambahkan kale, garam, dan gula pasir secukupnya. Aduk dan masak hingga matang.
4. Sayur kale kuah kari siap dinikmati.

3. Sayur Kale Daging Iris
– Bahan-bahan:
– 1 ikat kale, potong sesuai selera
– 100 gram daging iris (beef slice), potong sesuai selera
– 3 siung bawang putih, cincang halus
– 1 sdm tepung maizena, campur air
– 1 sdm minyak wijen
– 1 sdm saus tiram
– Air secukupnya
– Biji wijen secukupnya
– Garam dan kaldu jamur secukupnya

– Cara membuat:
1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging iris lalu aduk hingga matang.
2. Tambahkan garam, kaldu jamur, minyak wijen, dan saus tiram secukupnya. Aduk rata kembali.
3. Masukkan kale dan aduk kembali, lalu tambahkan tepung maizena sambil diaduk hingga rata.
4. Tambahkan sedikit air dan masak sayur hingga matang.
5. Taburi biji wijen di atas sayur kale dan sajikan selagi hangat.

Itulah beberapa resep olahan sayur kale yang kaya nutrisi dan mudah diolah. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan melakukan pengolahan dengan benar agar sayur kale yang dihidangkan lebih sehat dan bernutrisi. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com