13 Resep Olahan Telur, Mudah dimasak dan Kaya Protein


13 Resep Olahan Telur, Mudah dimasak dan Kaya Protein Di 2024!

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer dan sering digunakan dalam berbagai jenis hidangan. Selain mudah didapatkan, telur juga memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita. Telur mengandung protein tinggi serta vitamin B2, B6, dan B12 yang penting bagi kesehatan kita.

Terdapat berbagai cara untuk mengolah telur menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera. Dalam artikel ini, kami akan berbagi beberapa resep olahan telur yang bisa Anda coba di rumah. Mari kita simak satu per satu resepnya!

1. Omelette (Telur dadar)

Omelette atau telur dadar merupakan cara paling sederhana dan umum dalam mengolah telur. Anda hanya perlu menumis telur yang sudah dikocok dengan bahan tambahan seperti tomat, bayam, atau jamur untuk memberikan rasa dan nutrisi tambahan pada hidangan ini. Omelette bisa menjadi pilihan sarapan yang praktis dan mengenyangkan.

2. Telur ceplok

Selain omelette, telur ceplok juga merupakan cara yang sering dilakukan dalam memasak telur. Telur ceplok biasanya digoreng dalam minyak panas hingga kuning telur matang dan putih telur setengah matang. Anda bisa menambahkan sedikit garam dan merica untuk memberikan rasa pada telur ceplok ini. Telur ceplok cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau bisa juga dijadikan sebagai topping untuk salad.

3. Telur rebus

Telur rebus merupakan cara pengolahan telur yang paling sederhana dan sehat. Anda hanya perlu merebus telur dalam air mendidih selama beberapa menit hingga matang sesuai selera. Telur rebus dapat disantap langsung atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai hidangan seperti salad, sandwich, atau nasi goreng.

Baca Juga:  Biaya Melahirkan di Bogor dan Bandung Terbaru, Mulai dari Harga Rp3 Jutaan

4. Telur rebus (yang lembut)

Jika Anda menginginkan tekstur kuning telur yang masih lembut, Anda bisa merebus telur selama 4-5 menit. Waktu rebus yang lebih lama, sekitar 6-7 menit, akan membuat kuning telur matang secara keseluruhan. Telur rebus yang lembut sangat cocok digunakan sebagai topping untuk salad, mie, atau bisa juga dijadikan bahan utama dalam hidangan seperti telur balado atau telur mata sapi.

5. Poached egg (telur rebus tanpa kulit)

Poached egg atau telur rebus tanpa kulit merupakan cara unik dalam mengolah telur. Telur direbus dalam air mendidih setelah cangkangnya dilepas terlebih dahulu. Proses pemasakan yang singkat, hanya dalam beberapa detik setelah air mendidih, akan menghasilkan tekstur kuning telur yang lembut dan meleleh. Poached egg sering digunakan sebagai topping dalam hidangan seperti salad, roti panggang, atau pasta.

6. Telur panggang

Telur panggang atau eggs en cocotte merupakan hidangan yang berasal dari Prancis. Cara memasaknya cukup sederhana, Anda hanya perlu mencampurkan telur dengan bahan tambahan seperti jamur atau bacon dalam sebuah wadah, kemudian panggang dalam oven selama beberapa menit hingga matang. Telur panggang bisa disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai sarapan yang lezat.

7. Telur kukus

Telur kukus merupakan cara lain dalam mengolah telur yang lebih sehat. Sebelum dikukus, telur diaduk terlebih dahulu seperti saat membuat telur dadar. Proses pengukusan akan menghasilkan telur dengan tekstur yang lembut dan lezat. Telur kukus biasanya disajikan dalam mangkuk kecil dan bisa dihidangkan sebagai hidangan sendiri atau sebagai bahan tambahan dalam sup atau mie.

8. Scrambled egg (Telur orak arik)

Scrambled egg atau telur orak arik hampir mirip dengan telur dadar, namun telur diaduk-aduk lagi saat berada di dalam wajan hingga telur terpisah-pisah menjadi bagian kecil. Tambahkan sedikit garam dan mentega untuk memberikan rasa pada telur orak arik ini. Api kompor jangan terlalu besar agar tekstur telur tetap lembut. Telur orak arik bisa disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai isian dalam sandwich atau wrap.

Baca Juga:  6 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga Bayi

9. Frittata

Frittata merupakan hidangan yang berasal dari Italia. Hidangan ini mirip dengan telur dadar dan quiche. Frittata biasanya dibuat dengan menambahkan daging, keju, dan berbagai macam sayuran untuk memberikan rasa dan kelezatan pada hidangan ini. Frittata bisa dijadikan sebagai hidangan utama atau sebagai hidangan pembuka dalam acara makan malam.

10. Pancake telur

Pancake telur merupakan hidangan serupa dengan pancake pada umumnya, namun jumlah telur yang digunakan lebih banyak daripada tepungnya. Pancake telur biasanya lebih tebal dan memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan pancake biasa. Hidangan ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan yang lezat dan mengenyangkan.

11. Crepe

Crepe merupakan hidangan yang bisa dibuat dengan menggunakan telur sebagai bahan utamanya. Anda hanya perlu menggantikan tepung dengan telur dan menuangkannya ke atas wajan dalam jumlah yang sedikit. Crepe memiliki tekstur yang tipis dan lembut serta bisa diisi dengan berbagai macam bahan seperti buah-buahan, cokelat, atau keju. Hidangan ini cocok dijadikan sebagai makanan penutup atau camilan yang lezat.

12. Coffee

Tidak hanya sebagai bahan makanan, telur juga bisa digunakan sebagai bahan dalam minuman seperti kopi. Kopi Vietnam merupakan salah satu contoh minuman yang menggunakan kuning telur sebagai tambahan rasa. Telur dikocok terlebih dahulu hingga berubah menjadi krim, kemudian ditambahkan ke dalam kopi bersama dengan gula dan susu. Perpaduan antara kopi yang kental dengan krim lembut dari telur membuat minuman ini memiliki rasa yang unik dan lezat.

13. Fritters

Fritters merupakan hidangan gorengan yang terbuat dari adonan telur dan tepung. Anda bisa menambahkan daun bawang atau zukini ke dalam adonan untuk memberikan rasa dan kelezatan tambahan pada hidangan ini. Fritters bisa dijadikan sebagai hidangan utama atau sebagai camilan yang lezat dan praktis.

Baca Juga:  Budaya Hidup Bersih Sejak Dini Untuk si Kecil

Itulah 13 resep olahan telur yang bisa Anda coba di rumah. Dari hidangan sederhana seperti omelette dan telur ceplok hingga hidangan yang lebih kompleks seperti frittata dan crepe, Anda bisa menemukan berbagai variasi dan kreasi dalam mengolah telur. Selamat mencoba dan nikmati hidangan lezat yang Anda buat!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com