Pasar Gembrong, Surga Mainan Murah


Pasar Gembrong: Sebuah Tempat yang Jarang Diketahui oleh Warga Jakarta

Pasar Gembrong mungkin tidak sepopuler Pasar Tanah Abang atau Pasar Jatinegara bagi warga Jakarta. Lokasinya yang terletak di kawasan Prumpung, tepatnya di trotoar perempatan Jl. DI Panjaitan dan Jl. Basuki Rahmat, Jakarta Timur, membuat banyak orang belum pernah mendengar nama pasar ini. Meskipun begitu, bagi saya pribadi yang tinggal di Jakarta Barat, Pasar Gembrong bukanlah suatu hal yang asing.

Saya sendiri sering melewati Pasar Gembrong setiap kali pulang-pergi ke kampus atau tempat kerja. Namun, baru-baru ini saya baru pertama kali mengunjungi pasar ini secara langsung, ketika saya memiliki anak. Namun, kunjungan saya ini terjadi karena dipaksa oleh suami saya. Sejujurnya, saya agak malas untuk berbelanja di pasar. Saya tidak suka desakan dan kepanasan yang terjadi di area pasar, ditambah lagi proses tawar-menawar harga yang memakan waktu dan tenaga.

Selain itu, saya juga memiliki anggapan bahwa barang-barang yang dijual di pasar tidak memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, hingga anak saya, Rakata, berusia satu tahun, saya lebih memilih untuk membeli mainan di mal atau toko online.

Namun, pada pertengahan tahun 2010, saya harus membeli hadiah ulang tahun untuk acara yang diadakan sebelum jam makan siang. Karena toko-toko masih tutup dan membeli di toko online tidak memungkinkan barangnya sampai dalam waktu 2-3 jam, suami saya mengarahkan mobil ke Pasar Gembrong.

Saat pertama kali memasuki toko-toko di Pasar Gembrong, saya merasa kaget. Hampir semua jenis mainan yang ada di toko online, dapat ditemukan di sini! Mobil-mobilan, boneka, kolam renang, kuda-kudaan, bola, remote control, sepeda, peralatan bermain pasir, alat-alat masak-masakan, alat-alat tukang-tukangan, piano-pianoan, semuanya ada di sini. Mulai dari barang yang berkualitas rendah hingga barang yang berkualitas tinggi, semuanya tersedia di pasar ini.

Baca Juga:  3 Gerakan Birthing Ball untuk Ibu Hamil

Harga-harganya pun masih bisa ditawar. Beberapa waktu sebelum pindah ke Semarang, suami dan saya membawa Rakata ke Pasar Gembrong untuk memborong mainan, sebagai hiburan bagi mereka di rumah baru. Salah satu mainan yang saya beli adalah tenda-tendaan dengan terowongan penghubung. Di toko online, mainan tersebut dijual dengan harga Rp 270.000. Namun, di Pasar Gembrong, saya berhasil membelinya dengan harga pembuka Rp 230.000 dan berhasil menawarnya hingga dijual dengan harga Rp 190.000.

Selain itu, saya juga membeli satu karung berisi 300 potong balok susun yang mirip dengan lego. Di toko online, mainan tersebut dijual dengan harga Rp 200.000. Namun, di Pasar Gembrong, saya berhasil mendapatkannya dengan harga Rp 160.000. Meskipun begitu, saya yakin masih bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika saya lebih tegas dalam menawar.

Dari banyaknya toko yang ada di Pasar Gembrong, toko favorit saya adalah Kawan Lama. Selain menerima pembayaran tunai, toko ini juga menerima pembayaran dengan kartu debit. Selain itu, mainan yang dijual di toko ini juga tergolong lebih lengkap dibandingkan dengan toko-toko lainnya. Meskipun begitu, ada juga mainan yang tidak dapat ditemukan di Kawan Lama namun ada di toko-toko lainnya.

Bagi para ibu yang berniat untuk mengunjungi Pasar Gembrong, ada beberapa kiat yang dapat Anda ikuti. Pertama, sebaiknya melakukan survei harga terlebih dahulu sebelum membeli mainan. Dengan melakukan survei ini, Anda akan memiliki gambaran tentang harga pasar sehingga dapat menawar dengan lebih baik. Saya sendiri pernah membeli mainan piano-pianoan dengan harga Rp 100.000, meskipun awalnya dijual dengan harga Rp 120.000. Namun, setelah melakukan tawar-menawar, saya berhasil membelinya dengan harga Rp 70.000 – Rp 80.000.

Baca Juga:  Tumbuh Kembang Bayi 9 Bulan dan Stimulasi yang Tepat!

Selain itu, sebaiknya datang ke Pasar Gembrong pada pagi hari, sekitar pukul 08.00-09.00. Pada saat itu, beberapa toko sudah buka dan suasana masih adem. Selain itu, parkir juga masih mudah ditemukan. Namun, jika Anda terpaksa datang pada siang hari, sebaiknya parkirkan mobil Anda di tempat lain dan lanjutkan perjalanan ke pasar menggunakan kendaraan umum. Atau jika Anda ingin lebih nyaman, sebaiknya datang ke Pasar Gembrong pada hari dan jam kerja. Meskipun pada saat itu pembeli tidak sebanyak pada akhir pekan, biasanya para penjual sedikit lebih keras dalam menentukan harga dan tidak terlalu mudah menurunkan harga barang.

Demikianlah informasi mengenai Pasar Gembrong. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam membeli mainan untuk anak-anak Anda. Happy shopping, Bunda!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com