20 Permainan Seru Untuk Keluarga Saat di Rumah


Permainan seru untuk keluarga yang membuat momen di rumah saja tidak membosankan

Sampai hari ini, semua kegiatan dan aktivitas warga dunia masih tetap dibatasi demi menekan penyebaran virus corona. Dilanda bosan? Sudah pasti. Tapi Anda bisa ajak pasangan, anak, dan anggota keluarga yang lain mencoba 20 permainan seru untuk keluarga berikut ini.

1. Monopoli

Monopoli adalah permainan yang sudah menjadi favorit para orang tua sejak lama. Dalam permainan ini, para pemain berlomba-lomba untuk mengumpulkan uang dan aset dengan membeli properti dan mengenakan biaya sewa kepada pemain lain yang berhenti di properti mereka. Permainan ini bisa dimainkan secara online, namun versi jadul yang menggunakan papan tetap lebih seru. Pemain harus menggulirkan dadu untuk memindahkan pointer dan melakukan transaksi yang diperlukan. Setiap pemain akan mendapatkan uang untuk melakukan investasi rumah dan properti lainnya. Ada juga kartu yang memberikan kesempatan atau jebakan untuk para pemain. Monopoli merupakan permainan yang mengajarkan strategi, pengelolaan keuangan, dan kemampuan negosiasi kepada para pemainnya.

2. Ular Tangga

Permainan Ular Tangga merupakan permainan tradisional yang sudah dikenal sejak lama. Permainan ini tidak hanya seru, tetapi juga edukatif. Saat bermain, anak-anak akan belajar mengenal angka, bilangan, dan matematika sederhana. Mereka dilatih untuk menghitung titik-titik pada dadu dan kotak-kotak yang dilalui oleh pion. Selain itu, anak juga akan dilatih kemampuan sosial dan emosinya. Selama bermain, mereka harus belajar sabar menunggu giliran dan belajar lapang hati menerima kekalahan atau tidak pongah ketika menang. Ular Tangga dapat dimainkan oleh semua anggota keluarga, baik anak-anak maupun orang dewasa. Permainan ini bisa membuat momen di rumah menjadi lebih menyenangkan dan membantu dalam perkembangan anak-anak.

3. UNO

UNO adalah permainan kartu yang sangat populer di kalangan anak-anak dan dewasa. Permainan ini sangat seru karena bisa melibatkan banyak orang sekaligus. Pemain harus mengeluarkan kartu dengan angka yang sama atau warna yang sama dengan kartu yang ada di tengah meja. Selain itu, terdapat kartu-kartu spesial yang memiliki efek tertentu, seperti mengganti arah permainan, mengganti warna kartu, atau meminta pemain lain untuk mengambil kartu tambahan. UNO mengajarkan kecepatan berpikir, kemampuan mengamati, dan strategi kepada pemainnya. Permainan ini bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja, sehingga cocok untuk mengisi waktu luang bersama keluarga di rumah.

4. Scrabble

Scrabble adalah permainan yang menguji kemampuan bahasa dan kosakata para pemainnya. Dalam permainan ini, para pemain harus menyusun kata-kata yang valid dengan menggunakan keping huruf yang ada di tangan mereka. Setiap huruf memiliki nilai tertentu, dan pemain akan mendapatkan poin berdasarkan nilai kata yang mereka susun. Semakin panjang dan sulit kata yang berhasil dibentuk, semakin banyak poin yang akan didapatkan. Scrabble merupakan permainan yang seru dan mendidik, karena melatih pemain dalam mengembangkan kosakata dan memperluas pengetahuan bahasa. Permainan ini bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Baca Juga:  Membuat Suami Selalu Kangen Rumah dan Istri, Mudah Kok!

5. Ludo

Ludo adalah permainan papan yang seru dan menghibur. Aturan main Ludo sangat sederhana, yaitu kotak besar dalam papan permainan adalah rumah bagi pion untuk keluar dan kembali. Pemain harus menggulirkan dadu untuk memindahkan pion mereka sejauh angka yang keluar dari dadu. Pemain yang pionnya berhasil kembali ke rumahnya lebih dulu adalah pemenangnya. Ludo mengajarkan kecepatan berpikir, strategi, dan kemampuan mengambil keputusan kepada para pemainnya. Permainan ini bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga, baik anak-anak maupun orang dewasa. Ludo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang bersama keluarga di rumah.

6. Draw Something

Draw Something adalah permainan yang menguji kreativitas dan imajinasi para pemainnya. Dalam permainan ini, setiap anggota keluarga bergiliran menggambar suatu objek atau kata yang telah ditentukan. Pihak lawan harus menebak objek atau kata yang digambar. Setiap tebakan yang benar akan mendapatkan poin. Melalui penghitungan poin, para pemain bisa mengetahui siapa pemenangnya. Draw Something tersedia untuk perangkat Android dan dapat diunduh secara gratis. Permainan ini sangat cocok untuk melatih kemampuan menggambar, mengasah kreativitas, dan meningkatkan interaksi sosial antar anggota keluarga.

7. Quiz Up

Quiz Up adalah permainan trivia yang sangat menghibur. Permainan ini memungkinkan para pemain untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang mencakup berbagai topik yang luas. Setiap pemain akan mendapatkan pertanyaan secara acak dan harus menjawab dengan cepat dan tepat. Semakin banyak jawaban yang benar, semakin banyak poin yang akan didapatkan. Quiz Up menampilkan banyak animasi, gambar, deskripsi, dan musik tema yang membuat permainan menjadi semakin menghibur. Permainan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pemainnya, serta memperkuat ikatan keluarga melalui interaksi sosial yang menyenangkan.

8. Botticelli

Botticelli adalah permainan yang melibatkan imajinasi dan pengetahuan tentang tokoh terkenal. Setiap pemain memikirkan satu tokoh terkenal dan memberikan petunjuk berupa inisial orang tersebut. Pemain yang lain mencoba menerka siapa tokoh itu dengan mengajukan pertanyaan spesifik yang hanya dapat dijawab dengan “ya” atau “tidak”. Permainan ini menguji pengetahuan dan kreativitas para pemainnya, serta memperluas pengetahuan tentang tokoh-tokoh terkenal di dunia.

9. Permainan Geografi

Permainan Geografi adalah permainan yang menguji pengetahuan tentang tempat-tempat di dunia. Satu pemain menyebutkan satu nama tempat, bisa kota atau negara, dan tugas pemain lawan adalah mencari nama tempat yang memiliki huruf pertama sama dengan huruf terakhir tempat yang disebutkan sebelumnya. Misalnya, jika pemain pertama menyebutkan kata “Mesir”, maka pemain lawan harus menyebutkan nama kota atau negara yang berawalan huruf “R”, seperti “Rumania” atau “Rusia”. Permainan ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memperluas pengetahuan geografi dan mengasah kemampuan berpikir cepat.

10. Tepuk Kategori

Tepuk Kategori adalah permainan yang menguji kecepatan berpikir dan kemampuan asosiasi kata. Salah satu pemain akan menyebutkan kategori yang ingin dimainkan, misalnya nama negara, binatang, atau bunga. Sambil bertepuk tangan, setiap pemain harus menyebutkan nama-nama yang masuk dalam kategori tersebut. Semakin cepat tepukan, pemain harus berpikir dan menjawab dengan cepat. Permainan ini bisa menjadi cara yang seru untuk melatih kecepatan berpikir dan kemampuan berpikir kreatif.

Baca Juga:  Bingung Memilih Nama Anak? Ini Tipsnya

Selanjutnya, kalau Anda ingin mengenalkan permainan masa kecil Anda kepada si kecil, Anda bisa langsung siapkan permainan nomor 11, 12, dan 13. Ketiga permainan ini sangat seru dan bisa menghadirkan momen yang menyenangkan bersama keluarga di rumah.

11. Tebak Gaya

Permainan Tebak Gaya adalah permainan yang melibatkan imajinasi dan kreativitas. Siapkan pensil atau botol plastik, kertas besar, dan beberapa orang anggota keluarga yang bermain. Mintalah semua anggota keluarga untuk duduk mengelilingi pensil atau botol plastik dan kertas besar tersebut. Putar pensil atau botol plastik, hingga berhenti dan ujung pensil menunjuk salah satu pemain. Orang yang ditunjuk bermain harus memperagakan sebuah gaya, seperti gaya berjalan, gaya berbicara, atau gaya menari. Pemain lain harus menebak gaya apa yang sedang ditampilkan. Permainan ini bisa membuat semua anggota keluarga tertawa dan membuat momen di rumah menjadi lebih menyenangkan.

12. Menahan Ketawa

Permainan Menahan Ketawa adalah permainan yang sangat lucu dan menghibur. Seluruh anggota keluarga bergantian menghias wajah dan mengenakan kostum selucu mungkin, sedangkan pemain lainnya tidak boleh senyum, tampak giginya, apalagi ketawa. Orang yang bertahan tidak tertawa sampai akhir permainan adalah pemenangnya. Permainan ini bisa membuat semua anggota keluarga tertawa dan menghilangkan kebosanan di rumah.

13. Balap Karung

Balap Karung adalah permainan yang menguji kecepatan dan kelincahan pemain. Para pemain harus melompat ke garis finis ketika mereka berada di dalam karung yang dikencangkan di pinggang mereka. Pemenangnya adalah siapa pun yang melewati garis finis terlebih dahulu. Balap Karung adalah permainan yang seru dan menghibur, serta melatih kecepatan dan kelincahan tubuh.

14. Petak Umpet

Petak Umpet adalah permainan jadul yang seru dan mengasah kemampuan bersembunyi. Permainan ini bisa dimainkan di dalam rumah atau di luar ruangan. Salah satu pemain menjadi “penyembunyi” yang harus mencari tempat untuk bersembunyi, sementara pemain lain menjadi “pengumpit” yang mencoba menemukan mereka. Petak Umpet adalah permainan yang melatih kecerdasan, kecepatan berpikir, dan strategi.

15. Engklek

Engklek adalah permainan tradisional Indonesia yang menguji kelincahan dan kecepatan berpikir pemain. Sebelum permainan dimulai, Anda perlu menggambar petak-petak untuk tempat para pemain melompat. Petak-petak dibuat dalam bentuk persegi yang dibagi menjadi beberapa bagian. Ada bagian di mana pemain hanya boleh melompat dengan satu kaki, dan ada bagian di mana para pemain boleh berdiri dengan dua kaki. Pemain harus melompat dari satu petak ke petak lainnya dengan aturan yang telah ditentukan. Engklek adalah permainan yang mengasyikkan dan melatih kelincahan tubuh serta kecepatan berpikir.

16. Berburu Harta Karun

Berburu Harta Karun adalah permainan yang menguji ketelitian dan keberanian pemain. Harta karun yang disembunyikan harus menarik supaya anak semangat menemukannya. Harta karunnya bisa berupa camilan favorit atau permen cokelat berbentuk kepingan uang logam yang dibungkus kertas warna emas. Tempat menyembunyikannya jangan terlalu mudah dan jangan terlalu sulit, supaya anak-anak tidak keburu patah semangat. Berburu Harta Karun adalah permainan yang menyenangkan dan dapat menghadirkan momen kebahagiaan bersama keluarga di rumah.

Baca Juga:  Tips Menanamkan Minat Baca pada Anak Usia Dini

17. Doodle with Noodle

Doodle with Noodle adalah permainan yang melibatkan pasta spageti. Pemain harus membuat angka atau huruf dengan menggunakan pasta spageti di atas piring. Tantangannya adalah pemain hanya boleh menggunakan bibir dan lidah, tidak boleh menggunakan jari. Permainan ini dapat melatih kreativitas dan keterampilan motorik halus anak-anak, serta memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan.

18. Jenga

Jenga adalah permainan yang menguji ketelitian dan keterampilan tumpukan balok kayu. Pemain harus mengambil balok-balok kayu yang sudah disusun tadi, satu persatu, untuk disusun kembali di bagian atasnya. Pemain harus berhati-hati agar menara balok kayu tidak roboh saat mereka mengambil balok yang sudah terjepit di tengah-tengah. Jenga adalah permainan yang seru dan menegangkan, serta melatih keterampilan motorik halus dan ketelitian pemainnya.

19. Soulmate Games

Soulmate Games adalah permainan yang melibatkan kerja sama dan komunikasi antara pasangan. Permainan ini dapat dimainkan oleh tim yang terdiri dari dua orang. Masing-masing pasangan harus menjawab serangkaian pertanyaan dan mencoba untuk menjawab dengan jawaban yang sama. Jawaban yang sama menunjukkan bahwa pasangan tersebut memiliki pemikiran yang serupa dan bisa dianggap sejiwa. Soulmate Games adalah permainan yang menyenangkan dan menguatkan ikatan emosional antara pasangan.

20. Bouncing Balloons

Bouncing Balloons adalah permainan yang melibatkan keterampilan motorik dan konsentrasi pemain. Pemain harus memantulkan balon dengan menggunakan dahi mereka, sehingga balon tidak jatuh ke lantai. Pemain yang berhasil memantulkan balon paling lama adalah pemenangnya. Permainan ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk melatih keterampilan motorik dan konsentrasi, serta menghadirkan momen kebersamaan yang menyenangkan bersama keluarga di rumah.

Nah, itulah 20 permainan seru untuk keluarga yang bisa membuat momen di rumah menjadi tidak membosankan. Semua permainan ini bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga, dari anak-anak hingga orang dewasa. Permainan ini tidak hanya seru, tetapi juga dapat mengasah keterampilan dan membantu dalam perkembangan anak-anak. Jadi, mumpung besok weekend, langsung saja eksekusi beberapa ide permainan ini bersama keluarga. Selamat bermain dan semoga momen di rumah menjadi lebih menyenangkan!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com