7 Permainan Anak yang Mendidik, Bikin Si Kecil Cerdas!

7 Permainan Anak yang Mendidik untuk Meningkatkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Pada masa pertumbuhan dan perkembangan, anak membutuhkan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Salah satu cara yang efektif adalah melalui permainan anak yang mendidik. Permainan anak tidak hanya sekadar menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat yang besar dalam mengembangkan berbagai kemampuan anak, seperti kognitif, motorik, sensorik, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagai orang tua, penting bagi kita untuk memilih permainan anak yang tepat dan mendidik bagi si kecil.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi permainan anak yang mendidik, terutama untuk anak usia 7-12 bulan. Permainan-permainan ini dapat membantu mengembangkan berbagai kemampuan anak secara optimal. Berikut adalah beberapa permainan anak yang dapat Anda coba:

1. Mainan Board Book
Board book adalah jenis buku yang terbuat dari karton tebal sehingga tidak mudah rusak saat dimainkan oleh anak. Selain itu, ada juga jenis buku yang terbuat dari bahan kain yang disebut soft book. Kedua jenis buku ini merupakan permainan anak yang mendidik karena mengenalkan anak pada kegiatan membaca sejak dini. Biasanya, dalam board book atau soft book terdapat berbagai ilustrasi menarik dengan warna-warni yang dapat menarik perhatian anak. Beberapa board book bahkan dilengkapi dengan gambar 3 dimensi yang membuat anak semakin antusias melihatnya.

2. Permainan Mencocokkan Bentuk dan Warna
Permainan anak yang mendidik selanjutnya adalah permainan mencocokkan bentuk dan warna. Ada berbagai macam mainan yang dapat Anda pilih, namun sebaiknya pilihlah mainan yang terbuat dari kayu dan memiliki label SNI agar aman digunakan oleh anak. Anda dapat memberikan anak mainan ini dengan bentuk dan warna yang menarik, seperti bentuk pesawat, bintang, segitiga, binatang, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Antara Melatih dan Membiasakan Anak Mana Yang Efektif ?

3. Mainan Balok Kayu
Mainan balok kayu juga merupakan permainan anak yang mendidik karena memiliki banyak manfaat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Saat anak meletakkan balok untuk membuat bentuk yang diinginkan, koordinasi mata dan tangan anak akan terlatih. Selain itu, permainan ini juga dapat melatih kreativitas dan imajinasi anak.

4. Mainan Musik
Anda juga dapat memilih permainan anak dengan tema musik. Terdapat banyak mainan musik yang dapat diberikan kepada anak, seperti kolintang, xilofon, drum, kerincing, dan lain sebagainya. Mainan ini akan mengeluarkan suara saat dimainkan oleh anak. Selain menyenangkan, mainan musik juga dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus, motorik kasar, kemampuan mendengar, dan kemampuan berbicara anak.

5. Permainan Bentuk Huruf dan Angka
Permainan anak yang mendidik dan seru lainnya adalah mainan berbentuk huruf dan angka. Mainan ini dapat mengasah perkembangan otak anak sekaligus mengenalkannya pada berbagai jenis huruf dan angka sejak dini. Pilihlah mainan dengan warna yang menarik agar anak lebih antusias dan tertarik untuk memainkannya.

6. Permainan Bertema Hewan
Permainan bertema hewan, seperti boneka yang menggemaskan, juga merupakan permainan anak yang mendidik. Mainan boneka hewan dapat membantu anak dalam mengolah emosinya. Dengan bermain boneka, anak akan belajar tentang empati dan kasih sayang. Anda juga dapat bermain bersama anak sambil mengeluarkan suara-suara hewan yang menyerupai boneka tersebut untuk membuat permainan semakin seru.

7. Permainan Bola
Permainan bola warna-warni merupakan permainan anak yang mendidik yang dapat membuat anak lebih semangat dan antusias bergerak. Mainan ini dapat mendorong anak untuk melempar dan menangkap bola sesuai dengan kemampuannya. Selain itu, permainan ini juga dapat mengasah kemampuan motorik, keseimbangan, dan keterampilan berbicara anak.

Baca Juga:  Wajib Dibawa! 8 Peralatan Bayi untuk Bepergian di New Normal

Itulah beberapa rekomendasi permainan anak yang mendidik untuk meningkatkan tumbuh kembang si kecil. Penting bagi kita sebagai orang tua untuk memilih permainan yang aman dan sesuai dengan usia anak. Selain itu, kita juga perlu menghindari mainan yang berbahaya, seperti mainan dengan aliran listrik, magnet, dan menggunakan baterai ukuran kecil. Selalu pantau anak saat bermain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain memberikan permainan anak yang mendidik, penting juga bagi kita untuk memberikan makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi si kecil. Pada usia 7-12 bulan, kita perlu menyeimbangkan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) dengan ASI secara tepat. Pastikan MPASI yang diberikan mengandung protein hewani yang lengkap dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta tinggi kandungan DHA dan minyak ikan.

Dengan memberikan permainan anak yang mendidik dan nutrisi yang baik, kita dapat membantu tumbuh kembang si kecil secara optimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com