Jangan Salah, Ini 5 Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil

Jangan Salah, Ini 5 Manfaat Kalsium untuk Bunda Hamil

Pada dasarnya, tubuh menyimpan kalsium dalam tulang untuk diberikan kepada si Kecil. Apabila ingin tulang tetap kuat, Bunda perlu mendapatkan tambahan kalsium dari asupan makanan tinggi kalsium.

5 Manfaat Kalsium untuk Bunda Hamil

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Kandungan kalsium untuk ibu hamil dibutuhkan untuk beberapa kebutuhan berikut ini:

Mendukung kekuatan tulang dan gigi

Memahami bahwa pentingnya kalsium untuk ibu hamil, kalsium merupakan elemen penting yang dibutuhkan dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi, baik pada Bunda maupun si Kecil.

Kadar kalsium untuk Bunda hamil yang cukup setiap harinya akan memudahkan gigi si kecil untuk tumbuh saat waktunya tiba nanti di usianya yang ke-5 bulan.

Sementara untuk tulang, kalsium untuk Bunda hamil berperan untuk membentuk dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang si Kecil.

Tulang Bunda juga membutuhkan asupan kalsium supaya lebih kuat dan tidak mudah keropos. Bila ibu hamil tidak mengonsumsi cukup kalsium, risiko terkena osteoporosis dan hipertensi akan lebih tinggi.

Mendukung sistem saraf dan otot

Salah satu manfaat kalsium untuk ibu hamil adalah untuk mendukung sistem saraf dan otot si Kecil berkembang secara optimal.

Supaya saraf dan otot si Kecil berkembang dengan baik, ia akan membutuhkan asupan kalsium secara cukup.

Kalsium untuk ibu hamil juga akan membantu melancarkan proses metabolisme tubuh si Kecil. Intinya, manfaat kalsium untuk ibu hamil dapat menyehatkan Bunda dan si Kecil secara keseluruhan.

Mencegah risiko hipertensi pada Bunda

Selain itu, kalsium untuk ibu hamil juga berperan dalam menurunkan risiko hipertensi. Menyusui memang bagus bagi tekanan darah Bunda dan bisa menurunkan risiko berbagai penyakit.

Baca Juga:  6 Perusahaan yang Menerima Anak Magang SMA/SMK

Namun, ibu menyusui yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi akan besar kemungkinannya mengalami hipertensi. Oleh karena itu, kalsium untuk ibu hamil perlu dikonsumsi secara cukup.

Kalsium untuk ibu hamil dapat berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga akan membantu mengontrol tekanan darah dengan baik untuk mencegah terjadinya hipertensi.

Menjaga kesehatan jantung

Asupan kalsium untuk Bunda hamil juga bisa memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Kalsium diperlukan untuk mengoptimalkan kontraksi jantung untuk memompa darah ke semua bagian tubuh.

Kalsium juga akan memastikan konduksi jantung berfungsi dengan benar agar dapat berdetak secara otomatis.

Membantu proses pembekuan darah

Dengan mengonsumsi kalsium untuk Bunda hamil yang cukup, manfaat lain yang bisa didapatkan adalah membantu tubuh menjalankan proses pembekuan darah secara optimal.

Tubuh membutuhkan kalsium untuk membuat otot berkontraksi, menjaga permeabilitas dan stabilitas membran sel, dan membantu transmisi impuls saraf.

Inilah sebabnya kalsium merupakan bagian penting pada proses pembekuan darah.

Bunda hamil yang tidak mendapatkan cukup asupan kalsium berisiko tinggi mengalami komplikasi. Untuk itulah Bunda harus mengonsumsi kalsium sesuai kebutuhan harian untuk menghindari berbagai komplikasi yang bisa membahayakan Bunda dan si Kecil.

Aturan Konsumsi Kalsium untuk Bunda Hamil

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, kebutuhan kalsium untuk ibu hamil yang berusia 19-50 tahun adalah sekitar 1.200 mg kalsium per hari. Sedangkan ibu hamil yang berusia di bawah 18 tahun harus mengonsumsi 1.400 mg kalsium per hari.

Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Bunda Hamil

Bagi Bunda yang alergi susu, tidak perlu khawatir akan kekurangan kalsium. Asupan kalsium untuk ibu hamil bisa Bunda dapatkan dengan mengonsumsi sejumlah bahan makanan sehat tinggi kalsium.Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil:

Baca Juga:  Busana Ibu Hamil yang Nyaman Namun Tetap Modis

Produk olahan susu, seperti keju, es krim, dan yoghurt.
Sayuran hijau, seperti brokoli dan pokcoy.
Buah yang mengandung kalsium untuk ibu hamil, seperti jeruk dan kurma.
Kacang-kacangan, seperti kacang merah, almond, buncis, dan kedelai.
Biji-bijian, seperti biji wijen.
Produk makanan yang diperkaya dengan kalsium, seperti oatmeal, jus jeruk, roti, sereal.
Makanan laut, seperti salmon, dan udang.

Bagaimana Bu, sudah pahamkah informasi seputar kalsium untuk Bunda hamil? Selama kehamilan, Bunda memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Bunda dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Bunda juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Bunda selama periode kehamilan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com