Ide Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun dan Manfaatnya

Ide Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun dan Manfaatnya

Manfaat Mainan Edukatif untuk Tumbuh Kembang Anak

Bermain menjadi salah satu aktivitas yang digemari oleh anak-anak. Di balik keseruannya, bermain juga memiliki beragam manfaat yang penting untuk tumbuh kembang si Kecil lho. Oleh karena itu, ada baiknya Bunda memilih mainan yang bukan sekadar menyenangkan, tetapi juga memilih mainan edukatif anak usia 1-3 tahun agar manfaatnya terasa hingga jangka panjang. Lantas, apa saja manfaat mainan edukatif anak usia 1-3 tahun bagi tumbuh kembang si Kecil? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Media bagi si Kecil untuk mempelajari berbagai hal

Ada banyak jenis mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang memberikan si Kecil kesempatan untuk belajar berbagai hal. Misalnya permainan montessori yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sensorik si Kecil. Dengan memainkan mainan edukatif anak usia 1-3 tahun ini, maka bermanfaat untuk membangun hubungan saraf agar si Kecil bisa berpikir, belajar, dan berkreasi. Jenis mainan ini pun dapat mendukung perkembangan bahasa, kognitif, keterampilan motorik, dan interaksi sosial.

Melatih koordinasi dan keseimbangan

Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun juga bermanfaat untuk melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh si Kecil, Bu. Sebagai contoh, permainan balok susun mendorong si Kecil untuk mengontrol otot saat menyusun balok-balok tersebut agar seimbang dan tidak jatuh. Manfaat ini cukup penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, tentunya dengan cara yang menyenangkan.

Mendorong si Kecil untuk berimajinasi

Manfaat selanjutnya dari mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yaitu dapat mendorong si Kecil untuk berimajinasi. Bunda bisa berikan si Kecil kotak karton kosong dan perhatikan bagaimana ia berkreasi dan mengubah box menjadi sesuatu yang menyenangkan, seperti kereta, rumah, atau kandang binatang. Sebagian besar anak-anak akan memulai permainan dengan imajinasi mereka sendiri. Dengan begitu, adanya mainan edukatif anak usia 1-3 tahun dapat mendorong si Kecil untuk lebih kreatif dan imajinatif.

Baca Juga:  Mari Berhenti Menjadikan Anak Sebagai Investasi

Meningkatkan kreativitas

Selain mendorong si Kecil untuk berimajinasi, manfaat mainan edukatif anak usia 1-3 tahun juga penting untuk meningkatkan kreativitas si Kecil. Ada banyak jenis mainan yang bisa meningkatkan kreativitas anak, mulai dari balok susun, puzzle, buku gambar, action figure, dan masih banyak lagi.

Menambah kepercayaan diri

Tahukah Bunda bahwa manfaat mainan edukatif anak usia 1-3 tahun juga berpengaruh terhadap kepercayaan diri si Kecil lho. Sebagai contoh, saat akhirnya si Kecil berhasil menyelesaikan puzzle atau sukses mengendarai sepeda, keberhasilan ini mengembangkan perasaan puas dan bangga pada diri si Kecil. Saat si Kecil berkata “Aku bisa Bu, coba lihat!”, penting bagi Bunda untuk memberikan pujian dan apresiasi pada si Kecil agar ia merasa percaya diri.

Mengajarkan pentingnya kerja sama dan empati

Ada beberapa mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang bermanfaat untuk meningkatkan kerja sama dan empati pada si Kecil. Misalnya saja mainan peran yang mendorong si Kecil untuk bisa bermain dengan lawan mainnya, seperti bermain dokter dan pasien. Dengan melakukan kegiatan menyenangkan ini, si Kecil akan belajar mengenai pentingnya kerja sama dan empati dengan lawan bermainnya. Hal inilah yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil di masa depan.

Rekomendasi Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun

Mainan balok susun

Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang paling mudah dicari dan menyenangkan yaitu balok susun. Saat ini sudah banyak jenis mainan balok susun yang bisa Bunda pilih, mulai dari bentuk yang kecil hingga yang besar. Bunda bisa memberikan si Kecil mainan balok susun sesuai selera, ya.

Buku

Buku termasuk mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang memiliki banyak manfaat lho, Bu, seperti meningkatkan kemampuan bahasa, mendukung perkembangan otak, meningkatkan daya ingat, mengoptimalkan kemampuan berpikir, dan lain sebagainya. Bunda bisa memilih buku cerita yang berisi gambar-gambar dan berwarna-warni agar si Kecil lebih semangat untuk membaca.

Baca Juga:  Manfaat Minum Susu Setelah si Kecil Disapih

Mainan alat musik

Ingin memberikan si Kecil mainan edukatif yang mengeluarkan suara? Bunda bisa juga memilih mainan alat musik, seperti kolintang, drum, gitar mini, piano, dan masih banyak lagi. Selain menyenangkan, mainan alat musik juga bermanfaat untuk meningkatkan indera pendengaran, melatih kemampuan motorik dan kognitif, meningkatkan kemampuan berbicara, dan lain-lain.

Puzzle

Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun lainnya yang bisa Bunda pilih yaitu puzzle. Bunda pasti paham kalau mainan yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi si Kecil, seperti meningkatkan kemampuan berpikir, mengasah kemampuan pemecahan masalah, melatih kemampuan motorik, dan lain-lain. Untuk anak usia 1-3 tahun, ada baiknya Bunda memilih puzzle yang berukuran besar dulu. Setelah si Kecil sudah terbiasa, barulah ia bisa bermain puzzle yang ukurannya kecil dan lebih menantang.

Mainan profesi

Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang sayang untuk dilewatkan yaitu mainan profesi atau peran, seperti dokter, polisi, koki, pemadam kebakaran, dan sejenisnya. Mainan seperti ini bisa menjadi media untuk mengenalkan berbagai profesi kepada si Kecil lho. Dengan begitu, ia bisa terbayang mengenai pekerjaan yang umum dilakukan oleh sebagian orang.

Balance bike

Balance bike juga termasuk mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Balance bike memiliki sejumlah manfaat, seperti melatih koordinasi dan keseimbangan, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan lain sebagainya. Saat ini balance bike sudah tersedia beragam variasi dan warna, pastikan Bunda memilih balance bike yang sesuai dengan usia si Kecil, ya!

Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun memang penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Namun, jangan lupa untuk tetap memberikan ia asupan nutrisi yang seimbang ya, Bu. Ini karena pemberian nutrisi yang tepat sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil di masa depan. DHA adalah asam lemak yang berguna untuk mengoptimalkan kecerdasan otak dan kesehatan mata anak. Sedangkan 9AAE (9 Asam Amino Esensial) merupakan komponen protein esensial yang berperan dalam perkembangan otak serta menstimulasi hormon pertumbuhan otot dan tulang si Kecil.

Baca Juga:  Tradisi Sharing Session di Kantor Saya

Dengan memilih mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang tepat dan memberikan nutrisi yang seimbang, Bunda telah memberikan kontribusi yang besar dalam tumbuh kembang si Kecil. Jadi, jangan ragu untuk memilih mainan edukatif yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com