9 Mainan Anak 1 Tahun yang Aman Untuk Si Kecil

9 Mainan Anak 1 Tahun yang Aman untuk Si Kecil

Memilih mainan anak 1 tahun yang tepat bukan hanya menyenangkan bagi si Kecil, tetapi juga dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Di tahun pertama kehidupannya, si Kecil akan lebih aktif sehingga Bunda perlu memberikan ia mainan anak 1 tahun untuk menunjang tumbuh kembangnya. Sebab, tahap perkembangan anak usia 1 meliputi kemampuan motorik halus, motorik kasar, komunikasi dan bahasa, serta kemampuan sosial dan emosional.

Nah, mainan anak 1 tahun tak hanya sebagai media bermain saja, tetapi juga bisa menunjang kemampuan motorik, komunikasi, dan bahasa si Kecil agar lebih optimal. Pemberian mainan anak 1 tahun juga merupakan bentuk kasih sayang dan perhatian Bunda sebagai orang tua.

Sebab, di usia ini si Kecil sudah mulai bisa berdiri, berjalan, berbicara, mengekspresikan perasaan, hingga penasaran dengan benda-benda di sekitarnya. Daripada si Kecil memegang benda yang berbahaya, sudah saatnya Bunda menyediakan mainan anak 1 tahun sebagai media si Kecil untuk bermain dan belajar yang menyenangkan.

Akan tetapi, Bunda mesti hati-hati saat memilih mainan anak 1 tahun karena saat ini banyak jenis mainan yang dijual bebas di pasaran dengan kualitas dan keamanan yang kurang baik. Jika keliru dalam memilih mainan anak 1 tahun, maka bisa berdampak buruk terhadap si Kecil.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena di artikel ini akan dijelaskan mengenai tips memilih mainan anak 1 tahun yang aman. Sebelum itu, kita simak dulu rekomendasi mainan anak 1 tahun yang cocok untuk si Kecil yuk!

Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun

Perkembangan anak 1 tahun ditandai dengan beberapa perubahan yang signifikan. Kemampuan dasar yang terlihat di antaranya keinginan untuk bermain atau menggenggam sesuatu, ingin mempelajari hal baru di sekitarnya, dan mencoba mengucapkan sesuatu. Guna menunjang kemampuan tersebut, berikut ini beberapa rekomendasi mainan anak 1 tahun yang cocok untuk si Kecil:

Mainan bongkah plastik

Mainan anak 1 tahun yang pertama yaitu bongkah plastik atau creative blocks. Biasanya anak yang berusia 1 tahun senang memegang dan menyusun bongkah plastik (lego), menghancurkannya, serta menyusunnya kembali.

Kegiatan ini bisa menumbuhkan kreativitas dalam diri anak jika ia berhasil menyusun lego sesuai dengan keinginannya. Tak hanya menyenangkan, mainan anak 1 tahun ini juga mampu mengasah keterampilan dan kemampuan motorik si Kecil.

Mainan musik

Rekomendasi mainan anak 1 tahun selanjutnya yaitu mainan alat musik yang umumnya dimainkan dengan cara dipukul, seperti xilofon dan kolintang yang warna-warni. Jenis mainan musik ini akan mengeluarkan suara jika si Kecil memukulnya dengan palu mainan.

Baca Juga:  Bu, Ini Panduan Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal

Musik dapat mendorong kemampuan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan mendengar dan berbicara si Kecil, sehingga mainan musik bisa mendukung tumbuh kembangnya.

Mainan mencocokkan bentuk dan warna

Mainan mencocokkan bentuk dan warna juga bisa Bunda berikan kepada si Kecil. Bunda bisa pilih mainan yang berbahan dasar kayu atau plastik. Hadirkan berbagai bentuk dengan warna yang menarik, seperti bentuk bintang, bulat, oval, segitiga, persegi, dan lainnya untuk dimasukkan ke dalam lubang pada kota sesuai dengan bentuknya. Mainan anak 1 tahun ini dapat membantu si Kecil mempelajari cara memecahkan masalah ketika harus memasukkan berbagai bentuk ke dalam kotak yang sesuai.

Mainan bentuk huruf dan angka

Mainan bentuk huruf dan angka merupakan salah satu jenis permainan yang dapat mengasah perkembangan otak si Kecil. Bunda bisa mengenalkan huruf dan angka dengan menggabungkannya dengan permainan lain. Pilih mainan yang warna-warni agar si Kecil lebih semangat bermain sambil belajar.

Mainan bola warna-warni

Memainkan bola warna-warni dapat membuat si Kecil merasa senang dan antusias lho, Bu. Sebab, mainan bola mengharuskan si Kecil untuk berusaha melempar dan menangkap bola dengan kemampuannya.

Mainan anak 1 tahun ini dapat mengasah kemampuan motorik dan keterampilan bahasa karena biasanya anak 1 tahun akan mengoceh saat bermain. Selain itu, mainan bola juga bermanfaat untuk menggerakan tubuh si Kecil lebih aktif.

Mainan tema binatang

Kebanyakan anak pasti menyukai mainan yang bertema binatang. Sebab, binatang memiliki bentuk yang beragam dan menarik perhatian si Kecil. Tak heran jika mainan bertema binatang masih menjadi andalan orang tua untuk diberikan kepada buah hatinya.

Bunda bisa mengajak si Kecil bermain sambil menirukan suara-suara binatang agar ia lebih antusias. Selain itu, mainan anak 1 tahun ini juga bisa menjadi media untuk memperkenalkan jenis-jenis binatang kepada si Kecil.

Mainan puzzle

Ingin perkembangan otak si Kecil semakin meningkat? Bunda bisa berikan mainan puzzle. Untuk anak usia 1 tahun, sebaiknya Bunda berikan puzzle dengan potongan besar agar ia tidak bingung dan dapat dengan mudah memainkannya.

Beri si Kecil puzzle dengan gambar binatang atau buah yang dapat membuatnya tertarik. Selain mengasah perkembangan otak, mainan anak 1 tahun ini dapat mendorong koordinasi mata, tangan, dan keterampilan visual.

Mainan board book

Board book adalah buku yang terbuat dari karton tebal sehingga tidak mudah robek saat si Kecil memainkannya dengan lincah. Board book biasanya dilengkapi dengan ilustrasi atau foto-foto yang membuat si Kecil tertarik.

Bahkan, ada pula board book dengan konsep teka-teki sederhana, sehingga si Kecil bisa bermain sambil belajar. Mainan anak 1 tahun ini bisa mengasah kemampuan berpikir, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, serta meningkatkan kemampuan bahasa.

Baca Juga:  Mengenal Asam Amino, Senyawa Pembentuk Protein

Mainan yang membuat anak bergerak

Mainan anak 1 tahun lainnya yaitu jenis mainan yang membuat si Kecil bergerak lebih aktif. Sebagai contoh, mainan yang dapat didorong atau ditarik oleh si Kecil, seperti mainan mobil-mobilan.

Mainan ini berguna untuk mendorong kemampuan berjalan dan meningkatkan koordinasi tubuh. Dengan begitu, latihan berjalan si Kecil akan lebih menyenangkan karena ia bergerak bersama dengan mainannya.

Tips Memilih Mainan Anak 1 Tahun yang Aman

Bunda harus hati-hati saat memberikan mainan kepada si Kecil karena mainan ibarat teman bermain yang akan menemani si Kecil sehari-hari. Hindari memilih mainan yang dapat membahayakan keselamatannya ya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan saat memilih mainan anak, di antaranya:

1. Sesuaikan dengan usia dan karakter si Kecil

Ketika memilih mainan anak 1 tahun, pastikan mainan tersebut sesuai dengan usia dan karakter si Kecil. Setiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda, sehingga tidak semua mainan cocok untuk semua anak usia 1 tahun. Pilihlah mainan yang dapat menstimulasi kemampuan motorik, kognitif, dan sosial-emosional si Kecil.

2. Baca petunjuk dan dampingi si Kecil saat bermain

Sebelum memberikan mainan kepada si Kecil, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan mainan. Petunjuk ini penting untuk memastikan mainan digunakan dengan benar dan aman. Selain itu, dampingilah si Kecil saat ia bermain dengan mainan baru untuk memastikan ia menggunakan mainan dengan cara yang aman.

3. Cek mainan secara teratur

Periksa mainan anak 1 tahun secara berkala untuk memastikan tidak ada bagian yang rusak atau longgar. Bagian-bagian kecil yang mudah lepas seperti mata kancing atau aksesoris kecil lainnya harus diperiksa dengan seksama. Jika ada bagian yang rusak atau hilang, segera gantilah dengan yang baru agar si Kecil tetap dapat bermain dengan aman.

4. Bersihkan mainan secara rutin

Mainan anak 1 tahun juga perlu dibersihkan secara rutin untuk menjaga kebersihannya. Gunakan air sabun atau disinfektan yang aman untuk membersihkan mainan, terutama jika mainan sering dimasukkan ke dalam mulut si Kecil. Pastikan mainan benar-benar kering sebelum diberikan kembali kepada si Kecil.

5. Hindari benda berbahaya

Hindari memberikan mainan kepada si Kecil yang memiliki bagian tajam, sudut yang tajam, atau benda-benda kecil yang dapat tertelan. Pastikan mainan tidak mengandung bahan berbahaya seperti timbal atau bahan kimia beracun lainnya. Perhatikan juga label keamanan pada mainan dan pastikan mainan tersebut sudah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

Baca Juga:  Bagaimana Jarak Pandang Bayi 1 Bulan? Ini Penjelasannya

6. Hindari memberikan mainan berdaya listrik dan bermagnet

Untuk anak usia 1 tahun, sebaiknya hindari memberikan mainan yang menggunakan daya listrik atau memiliki magnet yang kuat. Daya listrik bisa membahayakan si Kecil jika tidak digunakan dengan benar, sedangkan magnet yang kuat bisa menyebabkan luka jika tertelan atau terhisap oleh si Kecil.

Kriteria Mainan yang Aman untuk Anak

Selain tips di atas, ada beberapa kriteria mainan yang aman untuk anak usia 1 tahun, antara lain:

1. Untuk mainan yang terbuat dari kain, sebaiknya pilih yang berlabel tahan api. Hal ini untuk menghindari risiko terjadinya kebakaran jika mainan terkena api atau panas.

2. Untuk boneka, sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan yang dapat dicuci. Boneka sering menjadi tempat berkumpulnya debu, kuman, atau bakteri, sehingga penting untuk menjaga kebersihannya dengan mencuci boneka secara rutin.

3. Jika mainan dicat, pastikan cat yang digunakan bebas dari timbal. Timbal dapat berbahaya jika tertelan atau terhirup oleh si Kecil. Pastikan mainan anak 1 tahun sudah memenuhi standar keamanan dan tidak mengandung zat beracun.

4. Untuk alat melukis, pastikan bebas dari bahan beracun. Beberapa cat atau tinta mengandung bahan beracun yang dapat berbahaya bagi si Kecil jika tertelan atau terpapar oleh kulitnya. Pilihlah alat melukis yang aman dan sesuai dengan usia si Kecil.

5. Untuk mainan musik, pastikan bunyi yang ditimbulkan tidak terlalu kencang dan mengganggu kenyamanan si Kecil. Suara yang terlalu keras dapat merusak pendengaran si Kecil jika terus menerus terpapar suara yang berisik.

6. Jika mendapat mainan bekas dari saudara, pastikan kembali apakah sesuai standar keamanan. Terkadang mainan bekas memiliki bagian yang rusak atau sudah tidak aman untuk digunakan. Periksa kembali mainan bekas sebelum memberikannya kepada si Kecil.

Salah satu cara termudah bagi Bunda untuk mendapatkan mainan yang aman yaitu dengan memilih mainan anak yang sudah berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI). Label SNI menunjukkan bahwa mainan tersebut sudah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dengan memilih mainan anak 1 tahun yang sesuai dengan usia dan standar keamanan, Bunda dapat memberikan mainan yang aman dan bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Selamat memilih mainan anak 1 tahun yang tepat dan selamat bermain bersama si Kecil!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com