Ciri-ciri dan Tips Hadapi Orang dengan Dark Triad Personality di Tempat Kerja


Banyak hal yang bisa terjadi di tempat kerja, termasuk bertemu dan bekerja bersama orang dengan “dark triad personality”. Dark triad personality adalah istilah yang mengacu pada tiga ciri kepribadian, yaitu narsisme, psikopati, dan machiavellianisme, yang ditandai dengan kedengkian atau kenegatifan. Ketiga kepribadian ini dinamai “kepribadian gelap” karena sifat-sifat yang tidak menyenangkan dan potensi bahayanya.

Pertama-tama, mari kita bahas tentang machiavellianisme. Machiavellianisme adalah ciri kepribadian manipulatif dari seseorang untuk menipu dan mengelabui orang lain demi mencapai tujuan. Orang dengan kepribadian ini sangat ahli dalam memengaruhi orang lain dan melakukan kecurangan. Mereka cenderung tidak peduli dengan hubungan personal dengan orang lain dan hanya memikirkan kepentingan mereka sendiri.

Selanjutnya, ada narsisme. Narsisme adalah sifat seseorang yang cenderung mementingkan diri sendiri, selalu ingin perhatian dari orang lain, dan ingin mendominasi. Seorang narsisis memiliki cinta yang berlebihan pada diri sendiri dan percaya dirinya lebih hebat dari orang lain. Mereka ingin orang lain mengakui atau memvalidasi hal tersebut. Orang dengan kepribadian narsistik juga tidak segan untuk melakukan kecurangan demi memenuhi keinginan dan kepentingan pribadinya.

Terakhir, ada psikopati. Psikopati adalah sebuah sifat yang ditandai dengan tidak adanya rasa empati dan penyesalan. Orang dengan kepribadian psikopat cenderung tidak peduli dengan perasaan dan kebutuhan orang lain. Mereka tidak memiliki empati dan tidak merasa bersalah ketika melakukan tindakan yang merugikan orang lain. Kepribadian psikopat dianggap sebagai yang “paling gelap” dari dark triad dan menjadi yang paling berbahaya dibandingkan dua lainnya.

Bekerja dengan orang-orang dengan dark triad personality bisa menjadi pengalaman yang sulit dan tidak menyenangkan. Namun, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda menghadapi orang-orang dengan kepribadian ini di tempat kerja.

Baca Juga:  Ibu Hamil Makan Daging Kambing, Aman atau Tidak?

Pertama, jangan tertipu pada pandangan pertama. Dark personalities adalah ahli dalam membuat pandangan pertama. Mereka bisa menarik orang dengan humor dan kharisma mereka. Jadi, ketika bertemu dengan orang baru, waspadalah terhadap daya tarik yang terlihat di luarnya saja. Untuk mengidentifikasi kepribadian gelap ini, coba ajukan pertanyaan tentang hubungan masa lalu mereka dan dengarkan baik-baik petunjuk tentang siapa orang ini sebenarnya. Orang dengan kepribadian gelap cenderung tidak memiliki hubungan pertemanan jangka panjang dengan orang lain, jadi jangan terlalu mengandalkan kesan pertama dalam menilai seseorang.

Kedua, bagikan dan ceritakan pengalaman buruk diri sendiri. Ketika menghadapi orang dengan kepribadian gelap dan hasilnya tidak menyenangkan, mungkin Anda merasa malu karena telah membiarkan diri untuk ditipu dan dimanipulasi. Atau mungkin Anda merasa bersalah ketika melihat seseorang memperlakukan orang lain dengan buruk. Namun, penting untuk tidak menyimpan pengalaman buruk ini sendiri. Orang dengan dark triad akan memanfaatkan keengganan Anda untuk membicarakan hal tersebut. Mereka akan menggunakan situasi diam yang Anda lakukan untuk menyembunyikan sifat-sifat mereka yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membagikan dan ceritakan pengalaman buruk ini kepada orang lain dengan bijaksana. Dengan demikian, Anda dapat membantu mengungkap kepribadian gelap dan mencegah orang lain mengalami nasib yang sama.

Ketiga, berikan petunjuk pada atasan. Orang dengan kepribadian gelap pandai mengatur kesan yang mereka buat terhadap orang-orang yang memiliki posisi tinggi. Mereka cenderung menunjukkan sisi terbaik dari diri mereka kepada atasan atau orang yang berada di posisi otoritas. Oleh karena itu, di tempat kerja, Anda bisa berlatih mengatur diri untuk membantu memberi petunjuk pada atasan dalam melihat kepribadian gelap seseorang dengan lebih jelas. Bagikan pengalaman Anda dengan cara yang tidak bergosip. Misalnya, ungkapkan kekhawatiran tentang insiden atau ketidaksopanan yang Anda saksikan, atau minta nasihat atau bimbingan dalam berurusan dengan rekan kerja yang sangat sombong. Hal ini dapat membantu atasan untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi dan membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga:  Tips Cara Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Bayi 5 bulan

Keempat, berbaur dengan teman kerja lainnya. Jangan hanya fokus pada orang dengan dark triad personality. Juga luangkan waktu untuk mendengarkan dan berinteraksi dengan teman-teman kerja lainnya. Dengan berbaur dengan teman-teman kantor, Anda dapat mendapatkan keuntungan dari pengetahuan dan pengalaman mereka. Mereka mungkin memiliki pengalaman atau informasi yang dapat membantu Anda menghadapi orang dengan kepribadian gelap. Selain itu, dengan berbaur dengan orang lain, Anda dapat mengumpulkan referensi tentang perilaku si manipulator dalam jangka panjang. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi pola perilaku yang tidak sehat dan melindungi diri Anda sendiri.

Kelima, waspada dengan prasangka sendiri. Jangan meremehkan kekuatan akal bulus dari kepribadian gelap. Ketika seseorang membagikan cerita tentang pengkhianatan atau perlakuan buruk yang dialami, berhati-hatilah dengan berpikir, “itu tidak akan pernah terjadi padaku!” Dark personalities adalah ahli dalam memanipulasi situasi untuk melayani kepentingan mereka sendiri. Kita tidak akan pernah menyadari bahwa kita terjerat dalam permainan mereka sampai itu terjadi. Jadi, jangan tertipu dan salah arah dengan menganggap diri sendiri terlalu pintar atau cerdas untuk melindungi diri dari kesulitan yang sama seperti yang diceritakan orang lain.

Dalam menghadapi orang dengan dark triad personality di tempat kerja, penting untuk tetap tenang dan bijaksana. Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam permainan mereka atau terpengaruh oleh sifat-sifat mereka yang negatif. Setiap orang memiliki hak untuk bekerja di lingkungan yang aman dan menyenangkan. Jika Anda merasa terancam atau tidak nyaman dengan perilaku seseorang di tempat kerja, segera laporkan ke atasan atau pihak yang berwenang. Jangan ragu untuk melindungi diri dan hak-hak Anda.

Bekerja dengan orang dengan dark triad personality memang tidak menyenangkan, namun dengan pemahaman yang baik tentang kepribadian ini dan dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat melindungi diri sendiri dan menghadapi situasi tersebut dengan lebih baik. Ingatlah bahwa Anda memiliki hak untuk bekerja di lingkungan yang aman dan sehat. Jangan biarkan orang dengan kepribadian gelap menghancurkan semangat dan kebahagiaan Anda di tempat kerja. Tetaplah berpikir positif, jaga kesehatan mental Anda, dan cari dukungan dari teman dan keluarga jika diperlukan.

Baca Juga:  Daftar SMA Negeri Favorit di Jabodetabek

Bekerja dengan orang dengan dark triad personality bisa menjadi tantangan, tetapi dengan kesabaran dan pemahaman yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan tetap sukses dalam karier Anda. Jangan biarkan orang-orang dengan kepribadian gelap menghentikan Anda dari meraih impian dan tujuan Anda. Tetaplah fokus pada tujuan Anda, jangan ragu untuk mencari bantuan jika diperlukan, dan jangan pernah menyerah. Anda memiliki kekuatan untuk menghadapi dan mengatasi segala macam situasi di tempat kerja.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com