Bedanya Food Processor, Chopper, Blender dan Produk Rekomendasinya


Food Chopper

Food chopper merupakan peralatan dapur yang sangat berguna bagi ibu-ibu yang tidak banyak memasak atau lebih suka memasak dengan cara yang sederhana. Food chopper berfungsi untuk memotong, menggiling, menghaluskan, atau mencampur berbagai bahan makanan. Dibandingkan dengan food processor, wadah pada food chopper tidak terlalu besar, rata-rata berkisar antara 350 – 500 ml. Peralatan ini biasanya hanya terdiri dari wadah, mata pisau, dan chopper elektriknya. Namun, saat ini ada juga merek food chopper yang lebih modern dengan wadah berukuran hingga 2 liter serta dilengkapi dengan berbagai jenis pisau. Bahkan, food chopper modern ini dapat digunakan untuk mengaduk adonan kue.

Namun, dari pengalaman saya, food chopper tidak begitu optimal untuk menghaluskan bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai, kecuali jika bahan tersebut dicampur dengan air. Jadi, jika tujuan utama Anda adalah untuk menghaluskan bumbu, menurut saya sebaiknya tidak menggunakan food chopper agar tidak kecewa dengan hasilnya.

Food Processor

Berbeda dengan food chopper, food processor umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih lengkap dalam peralatannya. Ukuran kapasitas wadah pada food processor juga lebih besar dibandingkan dengan food chopper. Food processor memiliki berbagai fungsi, seperti memotong, merajang, mengiris, menggiling, dan mencampur bahan makanan. Ada juga food processor yang dilengkapi dengan fungsi mengulen adonan, meskipun tidak seoptimal menggunakan mixer.

Karena memiliki banyak fitur, food processor juga memiliki berbagai jenis pisau yang dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Jadi, bagi ibu-ibu yang suka bereksperimen dengan resep atau sering memasak dalam jumlah besar, sebaiknya memilih food processor daripada food chopper. Food processor akan memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam mengolah berbagai bahan makanan.

Baca Juga:  Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol? Ini Penjelasannya

Blender

Blender merupakan peralatan dapur yang sudah lebih umum digunakan oleh ibu-ibu. Blender biasanya digunakan untuk menghaluskan bahan makanan yang cenderung lunak dan berair, seperti buah dan sayur. Blender sangat cocok digunakan bagi ibu-ibu yang suka membuat smoothies dan jus.

Rekomendasi Produk

1. Oxone OX-272
Food chopper dari Oxone ini memiliki kemampuan untuk dengan mudah menghaluskan daging. Selain itu, peralatan ini juga hemat listrik karena hanya membutuhkan daya sebesar 250 watt. Dengan food chopper ini, Anda dapat mengolah daging sapi, ikan, keju, hingga membuat sosis.

2. Mitochiba CH-200
Food chopper ini dilengkapi dengan 2 wadah berukuran 2 liter dan 0,7 liter. Mitochiba CH-200 juga memiliki dua pengaturan kecepatan dan dilengkapi dengan triple blade untuk wadah besar dan twin blade untuk wadah kecil. Peralatan ini sangat kuat dan cocok digunakan oleh ibu-ibu yang gemar memasak.

3. Kenwood FDM 307SS
Food processor ini dilengkapi dengan teknologi penggerak in-bowl terbaru. Semua bagian food processor dapat dilepas sehingga lebih mudah dibersihkan. Kenwood FDM 307SS memiliki daya sebesar 800 watt dan dilengkapi dengan berbagai aksesoris, seperti mangkuk berkapasitas 2,1 liter, blender kaca berkapasitas 1,2 liter, press buah jeruk, juicer, multi mill, dan pengaduk adonan.

4. Signora Plus
Food processor dari Signora ini memiliki desain yang elegan dan dilengkapi dengan 6 jenis tipe pisau. Kapasitas wadahnya mencapai 2 liter dan terdapat 3 tombol, yaitu on, off, dan pulse. Signora Plus juga dilengkapi dengan laci khusus untuk menyimpan 6 jenis pisau, sehingga tidak mudah hilang.

5. Nutribullet Pro
Nutribullet Pro merupakan blender yang cocok bagi ibu-ibu yang sedang menjaga pola makan sehat. Meskipun memiliki daya sebesar 1000 watt, blender ini didesain secara khusus agar tidak menghilangkan ekstrak gizi pada sayur dan buah. Nutribullet Pro dilengkapi dengan 2 cup berukuran 700ml dan 1 cup berukuran 590ml, serta dilengkapi dengan buku resep.

Baca Juga:  Cara Memilih Susu Formula Bayi Terbaik

6. Panasonic MX-GX2062W
Blender dari Panasonic ini terkenal karena keawetannya. Wadah blender ini terbuat dari kaca dan dilengkapi dengan double safety check. Blender Panasonic MX-GX2062W sangat cocok digunakan untuk konsumsi rumahan.

Kesimpulan

Food chopper, food processor, dan blender memiliki perbedaan dalam ukuran, kapasitas, dan fungsi peralatan. Food chopper cocok bagi ibu-ibu yang tidak banyak memasak atau lebih suka memasak dengan cara yang sederhana. Food processor lebih cocok bagi ibu-ibu yang suka bereksperimen dengan resep atau memasak dalam jumlah besar. Sedangkan blender sangat cocok bagi ibu-ibu yang suka membuat smoothies dan jus. Sebelum membeli peralatan ini, perhatikan juga merek dan fitur yang ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan Anda.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com