2 Resep Roti Lapis Mudah untuk Bekal Sekolah

Resep Roti Lapis Mudah untuk Bekal Sekolah

Sewaktu si Kecil usia tiga tahun, saya mendaftarkannya ke Kelompok Bermain (playgroup) di dekat rumah. Tujuan saya adalah supaya ia bisa belajar dan bermain dengan banyak teman seusianya serta melatih keberanian dan kemandiriannya. Karena kegiatan di playgroup hanya sampai siang hari, saya lebih suka membawakan si Kecil bekal makanan daripada membelikannya jajanan ketika ia merasa lapar. Salah satu menu bekal kesukaan si Kecil adalah roti lapis atau sandwich dengan berbagai isian, seperti daging asap atau selai cokelat. Mungkin karena saya sering membuat bentuk-bentuk lucu pada potongan rotinya, si Kecil jadi lebih semangat saat melahapnya.

Roti lapis memang menjadi salah satu pilihan bekal yang praktis dan mudah dibuat. Selain itu, roti lapis juga dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan anak. Anda bisa mengganti isian roti sesuai dengan apa yang disukai oleh si Kecil. Untuk memberikan variasi pada roti lapis, berikut ini saya akan memberikan dua resep roti lapis mudah yang bisa menjadi pilihan untuk bekal si Kecil di sekolah.

1. Sandwich Daging Mayo

Bahan-bahan:
– 4 lembar roti tawar (bisa diganti dengan roti gandum jika diinginkan)
– 3 sendok makan mayones
– 4 lembar irisan tomat segar
– 2 lembar keju lembaran
– 2 lembar daging asap (bisa diganti dengan telur mata sapi atau tuna kalengan sebagai variasi)
– 2 lembar daun selada segar

Cara membuat:
1. Siapkan roti tawar. Jika si Kecil lebih suka tanpa kulit roti, buang pinggiran roti atau gunakan roti tanpa kulit. Jika Anda memiliki cookie cutter atau alat untuk mencetak adonan kue, Anda bisa meminta si Kecil untuk memilih bentuk dan memotong sendiri roti dengan bentuk yang diinginkan.
2. Oleskan mayones pada satu sisi roti, kemudian letakkan daun selada, tomat, daging asap, dan keju. Jika si Kecil bosan dengan isian roti yang sama, Anda bisa memintanya untuk memilih isian roti yang ia suka.
3. Jika potongan roti lapis lebih kecil dibandingkan dengan bahan isiannya, Anda bisa memotong bahan-bahan tersebut terlebih dahulu sebelum disajikan kepada si Kecil. Hal ini bertujuan agar si Kecil lebih mudah memegang roti lapis sebelum disantapnya.

Baca Juga:  Siapkah Ibu dengan Perubahan Hidup Pasca Melahirkan?

2. Sandwich Cokelat Kacang

Bahan-bahan:
– 4 lembar roti tawar (bisa diganti dengan roti gandum jika diinginkan)
– 3 sendok makan selai cokelat
– 2 sendok makan pasta kacang (misalnya selai kacang atau pasta almond)
– 2 sendok makan madu
– 1 sendok teh bubuk kakao
– 1 sendok teh wijen (opsional)

Cara membuat:
1. Siapkan roti tawar. Jika si Kecil lebih suka tanpa kulit roti, buang pinggiran roti atau gunakan roti tanpa kulit. Jika Anda memiliki cookie cutter atau alat untuk mencetak adonan kue, Anda bisa meminta si Kecil untuk memilih bentuk dan memotong sendiri roti dengan bentuk yang diinginkan.
2. Campurkan selai cokelat, pasta kacang, madu, bubuk kakao, dan wijen (jika menggunakan) dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga menjadi adonan yang lembut dan mudah dioleskan.
3. Oleskan adonan cokelat kacang pada satu sisi roti, kemudian tutup dengan roti lainnya. Jika si Kecil suka, Anda juga bisa menambahkan potongan buah-buahan segar seperti pisang atau stroberi di dalam roti lapisnya.
4. Jika potongan roti lapis lebih kecil dibandingkan dengan bahan isiannya, Anda bisa memotong bahan-bahan tersebut terlebih dahulu sebelum disajikan kepada si Kecil. Hal ini bertujuan agar si Kecil lebih mudah memegang roti lapis sebelum disantapnya.

Selain roti lapis daging mayo dan roti lapis cokelat kacang, masih banyak variasi roti lapis lainnya yang bisa Anda coba. Anda bisa mencoba berbagai isian seperti telur, ayam, atau sayuran sesuai dengan selera si Kecil. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikan tampilan roti lapis dengan membuat bentuk-bentuk yang unik dan menarik agar si Kecil semakin bersemangat saat menyantapnya.

Bekal roti lapis bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghindari si Kecil membeli jajanan yang kurang sehat di sekolah. Dengan membuat sendiri bekal roti lapis untuk si Kecil, Anda juga bisa memastikan kebersihan dan kualitas bahan makanan yang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur porsi dan nutrisi yang terkandung dalam roti lapis sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Baca Juga:  Saskhya Aulia Prima: Jangan Pernah Takut Untuk Memulai dari Nol

Selamat mencoba resep roti lapis mudah untuk bekal sekolah si Kecil! Semoga si Kecil senang dan menikmati bekal yang Anda buat. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan kebersihan dan kualitas bahan makanan yang digunakan dalam pembuatan roti lapis. Selamat berkreasi dan selamat menyantap roti lapis bersama si Kecil!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com