6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membaca Label Nutrisi Makanan

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membaca Label Nutrisi Makanan

Membaca label nutrisi dengan benar adalah salah satu tips memilih makanan dalam kemasan yang penting, Bu. Karenanya, cari tahu caranya di sini, yuk!

Makanan dalam kemasan seringkali menjadi pilihan praktis bagi ibu-ibu yang sibuk. Namun, seiring dengan padatnya aktivitas sehari-hari, banyak ibu yang khawatir apakah makanan dalam kemasan tersebut memberikan nutrisi yang cukup untuk keluarga, terutama bagi anak-anak mereka. Sebenarnya, membaca label nutrisi makanan dapat menjadi panduan yang penting dalam memilih makanan dalam kemasan yang sehat dan bergizi.

1. Jumlah Sajian per Kemasan

Salah satu informasi penting yang terdapat pada label nutrisi adalah jumlah sajian per kemasan. Hal ini penting untuk diperhatikan karena setiap kemasan makanan biasanya memiliki lebih dari satu sajian. Misalnya, jika tertera label “8 sajian per kemasan”, berarti setiap kemasan tersebut dapat dibagi menjadi 8 porsi yang sama besar. Oleh karena itu, ketika membaca label nutrisi, pastikan untuk memperhatikan jumlah sajian per kemasan agar Anda dapat mengatur porsi makan dengan tepat.

2. Jumlah Kalori

Angka total kalori pada label nutrisi menunjukkan berapa banyak energi yang akan Anda peroleh setelah mengonsumsi satu sajian makanan. Semakin banyak sajian yang dikonsumsi, semakin besar pula total kalori yang Anda peroleh. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jumlah kalori yang tertera pada label nutrisi, terutama jika Anda sedang menjaga pola makan yang sehat dan mengontrol asupan kalori harian.

3. Daftar Komposisi

Daftar komposisi adalah informasi yang menunjukkan bahan-bahan apa saja yang digunakan produsen dalam membuat makanan tersebut. Biasanya, bahan makanan diurutkan dari kandungan yang paling banyak hingga yang paling sedikit. Dengan membaca daftar komposisi, Anda dapat mengetahui apakah makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang Anda ingin hindari atau tidak.

Baca Juga:  Mainan Anak yang Jadi Idola Sepanjang Masa

4. Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah informasi yang menunjukkan sebanyak apa kebutuhan nutrisi harian seseorang yang dapat dipenuhi saat mengonsumsi makanan tersebut. Misalnya, jika anak Anda membutuhkan kalsium sebanyak 700 mg per hari, namun pada label nutrisi tertera bahwa makanan tersebut hanya mengandung 21 mg kalsium, berarti makanan tersebut hanya mampu memenuhi 3% kebutuhan kalsium anak Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan AKG pada label nutrisi agar Anda dapat memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi keluarga Anda.

5. Nomor Pendaftaran Pangan

Di Indonesia, setiap produk makanan yang beredar secara resmi harus memiliki nomor pendaftaran pangan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Nomor pendaftaran pangan ini menunjukkan bahwa produk tersebut telah memenuhi persyaratan keamanan pangan dan mendapatkan izin edar dari BPOM. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan nomor pendaftaran pangan pada label makanan yang Anda beli, agar Anda dapat memastikan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi.

6. Tanggal Kedaluwarsa

Tanggal kedaluwarsa adalah informasi terakhir yang perlu Anda perhatikan saat membaca label nutrisi. Tanggal kedaluwarsa menunjukkan sampai kapan makanan tersebut dapat dikonsumsi dengan aman. Pastikan untuk memperhatikan tanggal, bulan, dan tahun kedaluwarsa secara seksama, agar Anda dapat menghindari konsumsi makanan yang sudah kadaluarsa.

Dengan memperhatikan keenam hal di atas, Anda dapat membaca label nutrisi makanan dengan benar dan memilih makanan dalam kemasan yang sehat dan bergizi untuk keluarga Anda. Selalu ingat untuk memperhatikan porsi makan, jumlah kalori, daftar komposisi, AKG, nomor pendaftaran pangan, dan tanggal kedaluwarsa saat membeli makanan dalam kemasan. Dengan demikian, Anda dapat menjaga kesehatan dan nutrisi keluarga Anda dengan baik.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Bu. Tetaplah memperhatikan label nutrisi makanan saat memilih makanan dalam kemasan, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai nutrisi makanan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com