9 Ide Jajanan Sehat yang Enak dan Bergizi

Berikut adalah penjelasan lebih detail untuk setiap ide jajanan sehat yang telah disebutkan sebelumnya:

1. Martabak Bulan Mini
Martabak bulan merupakan salah satu jajanan favorit anak-anak karena rasanya yang manis dan legit. Namun, biasanya martabak bulan yang dijual di luar belum tentu memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, lebih baik membuatnya sendiri di rumah agar lebih higienis dan sehat. Untuk membuat martabak bulan mini, Anda hanya perlu menyiapkan bahan seperti tepung terigu, ragi, gula, susu, telur, dan bahan topping seperti keju, meses, green tea, atau potongan buah. Campurkan semua bahan tersebut, kemudian diamkan selama beberapa saat hingga adonan mengembang. Setelah itu, panaskan wajan datar dan tuang adonan secara perlahan. Tambahkan topping sesuai selera dan tunggu hingga matang. Martabak bulan mini siap disajikan sebagai jajanan sehat untuk anak.

2. Silky Puding
Puding merupakan jajanan anak yang lezat dan lembut di mulut. Untuk membuat silky puding, Anda hanya perlu menyiapkan bahan seperti agar-agar, susu, gula, dan bahan tambahan seperti buah-buahan potong atau coklat serut. Campurkan agar-agar, susu, dan gula dalam panci, lalu panaskan hingga mendidih sambil terus diaduk. Setelah mendidih, tuangkan adonan ke dalam cetakan puding dan tambahkan buah-buahan potong atau coklat serut di atasnya. Diamkan hingga puding mengeras dan siap disajikan sebagai camilan menyegarkan di siang hari.

3. Donat Mini
Donat adalah salah satu jajanan anak yang sangat populer. Namun, donat yang dijual di luar biasanya mengandung banyak pengawet dan bahan kimia lainnya. Oleh karena itu, lebih baik membuat donat sendiri di rumah agar lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Untuk membuat donat mini, Anda hanya perlu menyiapkan bahan seperti tepung terigu, ragi, gula, susu, telur, dan bahan tambahan seperti selai atau meses. Campurkan semua bahan tersebut, uleni hingga adonan elastis, lalu diamkan selama beberapa saat hingga adonan mengembang. Setelah itu, bentuk adonan menjadi donat mini dan goreng hingga matang. Donat mini siap disajikan sebagai jajanan sehat dan lezat untuk anak.

Baca Juga:  Rekomendasi Sunscreen untuk Bayi dan Balita

4. Popsicle Buah
Popsicle buah adalah jajanan sehat yang sangat mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan buah-buahan seperti melon, semangka, atau buah-buahan lainnya, lalu blender hingga halus. Setelah itu, tuangkan puree buah ke dalam cetakan popsicle dan tambahkan tusukan es. Masukkan ke dalam freezer hingga beku, dan popsicle buah sehat siap disantap saat cuaca panas. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk mengajak anak-anak mengkonsumsi buah-buahan yang sehat dan bergizi.

5. Pisang Coklat Beku
Pisang coklat beku adalah jajanan anak yang lezat dan unik. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan pisang yang sudah dipotong menjadi bagian kecil, coklat leleh, dan bahan tambahan seperti meses atau kacang kenari. Celupkan potongan pisang ke dalam coklat leleh, lalu beri taburan meses atau kacang kenari. Masukkan ke dalam freezer hingga membeku, dan pisang coklat beku siap disajikan sebagai camilan sehat dan enak untuk anak.

6. Stick Kentang
Stick kentang adalah alternatif yang lebih sehat untuk french fries yang biasa dijual di restoran siap saji. Untuk membuat stick kentang, Anda hanya perlu menyiapkan kentang yang sudah dipotong menjadi bentuk stick, minyak goreng, garam, dan bumbu tambahan seperti paprika atau rosemary. Goreng stick kentang hingga matang dan berwarna keemasan, lalu taburi dengan garam dan bumbu tambahan. Stick kentang siap disajikan sebagai jajanan sehat dan gurih untuk anak.

7. Bayam Krispi
Bayam krispi adalah cara yang kreatif untuk mengajak anak-anak mengkonsumsi sayur. Untuk membuat bayam krispi, Anda hanya perlu menyiapkan daun bayam, tepung terigu, telur, dan bumbu tambahan seperti garam atau kaldu bubuk. Lumuri daun bayam dengan adonan tepung terigu dan telur, lalu goreng hingga krispi. Bayam krispi siap disajikan sebagai camilan gurih yang sehat dan bergizi untuk anak.

Baca Juga:  Tips Meningkatkan Pertumbuhan Tulang Anak

8. Sate Buah
Sate buah adalah cara yang menyenangkan untuk mengajak anak-anak mengkonsumsi buah-buahan. Potong buah-buahan seperti jeruk, melon, atau nanas menjadi bagian kecil, lalu tusukkan ke tusukan sate secara bergantian. Celupkan sate buah ke dalam lelehan coklat untuk menambah rasa manis, atau biarkan sate buah segar tanpa tambahan coklat. Sate buah siap disajikan sebagai jajanan sehat yang kaya akan nutrisi untuk anak.

9. Schotel Makaroni Panggang
Schotel makaroni panggang adalah variasi menu makan anak yang lezat dan bergizi. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan makaroni, daging cincang, sayuran seperti wortel dan kacang polong, telur, dan keju parut. Rebus makaroni dan sayuran hingga matang, lalu campur dengan daging cincang dan telur. Tambahkan keju parut di atasnya, lalu panggang hingga keju meleleh dan berwarna keemasan. Schotel makaroni panggang siap disajikan sebagai hidangan yang lezat dan bergizi untuk anak.

Dengan mengajak anak-anak untuk membuat dan mengkonsumsi jajanan sehat ini, Anda tidak hanya memberikan mereka camilan yang enak dan bergizi, tetapi juga mengajarkan mereka tentang pentingnya makan makanan sehat. Selamat mencoba dan selamat mengajak anak-anak berkreasi dalam membuat jajanan sehat yang lezat!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com