Resep Olahan Dari Telur yang Wajib Ibu Coba!

Resep Olahan Dari Telur yang Wajib Bunda Coba!

Bunda sebagai seorang ibu tentu ingin memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak-anaknya, terutama saat sarapan. Sarapan adalah waktu yang penting untuk memulai hari dengan energi yang cukup dan menjaga kesehatan tubuh. Salah satu bahan makanan yang bisa digunakan sebagai resep utama untuk sarapan sehat anak adalah telur. Telur mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, telur juga mudah didapat dan harganya terjangkau. Oleh karena itu, saya ingin berbagi beberapa resep olahan dari telur yang wajib Bunda coba untuk sarapan anak-anak. Berikut inspirasi menunya.

1. Omelet Ala Pizza

Omelet ala pizza atau telur dadar pizza adalah salah satu resep yang bisa Bunda coba untuk sarapan anak-anak. Resep ini sangat mudah dibuat dan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Berikut ini resep omelet ala pizza untuk lima porsi.

Bahan:
– 5 butir telur
– 2 gelas susu cair (bisa menggunakan Frisian Flag Primagro 1+)
– 150 gram saus bolognese
– 2 buah sosis ayam, iris tipis
– 50 gram keju mozzarella yang sudah diparut
– 6 ekor udang yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil
– Garam secukupnya
– Merica secukupnya

Cara Membuat:
1. Kocok telur secara merata, lalu campurkan dengan susu cair.
2. Masukkan saus bolognese, sosis ayam, dan udang ke dalam adonan telur dan susu. Aduk hingga merata.
3. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
4. Panaskan mentega di atas teflon, lalu tuang adonan hingga menutupi seluruh bagian teflon. Masak hingga setengah matang.
5. Taburi keju mozzarella, lalu tutup teflon sampai adonan matang.
6. Angkat adonan dari teflon dan potong-potong seperti bentuk potongan pizza sebelum disajikan.

Baca Juga:  Berapa Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir? Ini Indikatornya

2. Nasi Gulung Telur

Resep selanjutnya adalah nasi gulung telur. Resep ini juga sangat mudah dibuat dan bisa menjadi variasi menu sarapan yang menarik untuk anak-anak. Berikut bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan.

Bahan:
– 4 buah telur ayam
– 1 piring kecil nasi
– 1 ikat daun bawang
– 2 buah wortel, iris tipis
– Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat:
1. Kocok telur dalam mangkok, lalu masukkan daun bawang dan irisan wortel.
2. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
3. Siapkan nasi yang sudah dipadatkan dan berbentuk gulungan, sisihkan.
4. Panaskan wajan. Tuangkan telur ke dalam panci dan masak setengah matang.
5. Letakkan nasi di atas telur, lalu gulung telurnya sehingga menutupi seluruh bagian nasi.
6. Setelah matang, potong-potong dan siap disajikan.

Dua resep di atas adalah contoh olahan telur yang bisa Bunda coba untuk sarapan anak-anak. Selain mudah dibuat, kedua resep tersebut juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Telur sebagai bahan utamanya mengandung protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, kedua resep tersebut juga bisa menjadi variasi menu sarapan yang menarik bagi anak-anak. Dengan variasi menu yang berbeda setiap hari, anak-anak tidak akan bosan dan lebih semangat untuk makan sarapan.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan cara pengolahan telur yang baik dan benar. Pastikan telur matang sempurna agar tidak ada risiko terkena infeksi bakteri atau penyakit yang bisa ditularkan melalui telur mentah. Jangan lupa juga untuk memilih telur yang segar dan berkualitas.

Selain dua resep di atas, masih banyak lagi variasi olahan telur yang bisa Bunda coba untuk sarapan anak-anak. Misalnya telur rebus, telur mata sapi, atau telur dadar isi sayuran. Semua olahan tersebut bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan anak. Selain itu, Bunda juga bisa menambahkan sayuran atau bahan makanan lain yang sehat dan bergizi untuk menambah variasi dan nutrisi dalam menu sarapan anak-anak.

Baca Juga:  Resep Susu Hazelnut Lezat untuk Ibu Hamil Berbuka Puasa

Sarapan adalah waktu yang penting untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh anak. Dengan memberikan sarapan yang sehat dan bergizi, anak-anak akan mendapatkan energi yang cukup untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, sarapan juga bisa meningkatkan mood anak dan membantu konsentrasi saat belajar di sekolah. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memberikan menu sarapan yang sehat dan bergizi bagi anak-anak.

Selain itu, Bunda juga bisa mengajak anak-anak untuk ikut serta dalam proses pembuatan makanan. Ajak mereka untuk memilih bahan makanan, mencuci sayuran, atau membantu mengaduk adonan. Dengan melibatkan anak-anak dalam proses memasak, mereka akan lebih tertarik dan antusias untuk mencoba makanan yang telah mereka buat sendiri.

Demikianlah beberapa resep olahan dari telur yang wajib Bunda coba untuk sarapan anak-anak. Semoga dengan variasi menu yang sehat dan bergizi, anak-anak menjadi lebih semangat dan ceria dalam menjalani hari-hari mereka. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com