Resep Chicken Nugget Sehat Tanpa Digoreng

Resep Chicken Nugget Sehat Tanpa Digoreng

Resep masakan chicken nugget sehat ini bisa menjadi pilihan bekal makan si Kecil. Chicken nugget adalah camilan favorit anak-anak, namun seringkali nugget yang dijual di pasaran mengandung banyak minyak dan bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan kita. Oleh karena itu, membuat chicken nugget sendiri menjadi pilihan yang lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat chicken nugget sehat ini antara lain:

1. 600 gr dada ayam (fillet)
2. 70 gr tepung terigu protein sedang
3. 2 butir telur
4. 4 lembar roti tawar
5. 40 gr cornflake, hancurkan
6. 35 gr keju parmesan parut
7. 120 gr mayonnaise
8. 2 sdm saus tomat

Cara membuat chicken nugget sehat ini sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Potong roti tawar menjadi bagian-bagian kecil dan masukkan dalam food processor hingga hancur dan teksturnya mirip dengan tepung roti.
2. Tuang tepung terigu ke dalam loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak.
3. Potong dada ayam dengan ukuran sekali gigit (bite-sized pieces), sisihkan.
4. Kocok telur di dalam mangkuk, dalam wadah terpisah campurkan tepung roti, cornflake, dan keju parmesan kemudian aduk hingga rata.
5. Ambil potongan dada ayam, gulingkan di atas tepung terigu hingga seluruh permukaannya tertutup.
6. Setelah dada ayam tertutup tepung, celupkan dalam kocokan telur kemudian baluri dengan campuran tepung roti, cornflake yang sudah dihancurkan, dan keju parmesan hingga rata.
7. Tata dada ayam yang telah dilapisi di atas loyang dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
8. Panaskan oven dengan suhu 180°C pangganglah dada ayam tersebut selama kurang lebih 10 menit hingga berwarna coklat keemasan.
9. Untuk membuat sausnya, campurkan mayonaise dan saus tomat hingga merata.

Baca Juga:  Persiapkan 5 Perlengkapan Berikut untuk Anak Menghadapi Musim Hujan

Resep chicken nugget sehat ini sangat mudah dipraktikkan karena tidak membutuhkan bahan yang sulit dan proses memasaknya pun sangat cepat. Selain itu, resep masakan ini juga sangat sehat karena tidak menggunakan proses penggorengan sehingga tidak mengandung banyak minyak.

Dalam 100 gram chicken nugget sehat ini terkandung 114 kalori, 21 gram protein, dan 2 gram lemak. Dibandingkan dengan chicken nugget yang dijual di pasaran yang mengandung lebih banyak lemak dan kalori, chicken nugget sehat ini merupakan pilihan yang lebih baik untuk kesehatan kita dan keluarga.

Chicken nugget sehat ini cocok dijadikan sebagai bekal makan siang anak di sekolah atau sebagai camilan di rumah. Anda juga dapat mengolah chicken nugget ini menjadi berbagai variasi makanan yang lezat, seperti chicken burger atau chicken wrap.

Selain itu, resep masakan ini juga dapat dijadikan sebagai cara yang baik untuk mengajari anak-anak tentang pentingnya makan makanan sehat dan menghindari makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak dan bahan pengawet. Dengan membuat chicken nugget sehat sendiri, kita dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan memastikan bahwa makanan yang kita berikan kepada anak-anak kita adalah makanan yang sehat dan bergizi.

Selain itu, dengan membuat chicken nugget sehat sendiri, kita juga dapat menghemat pengeluaran karena harga bahan-bahan yang digunakan lebih terjangkau daripada membeli chicken nugget yang sudah jadi di pasaran.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba resep chicken nugget sehat ini. Selain sehat, resep masakan ini juga sangat lezat dan disukai oleh anak-anak. Ayo, segera coba resep chicken nugget sehat ini di rumah dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan dan kebahagiaan keluarga Anda. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com