Segudang Manfaat Chia Seed untuk Si Kecil & Cara Mengolahnya

Segudang Manfaat Chia Seed untuk Si Kecil

Chia seed atau biji chia adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman gurun Salvia hispanica. Biji-bijian ini memiliki ukuran kecil dan berwarna hitam. Chia seed telah dikenal sejak zaman dulu sebagai makanan yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi si Kecil. Di dalam chia seed terkandung berbagai zat gizi penting seperti serat, asam omega 3, protein, kalsium, magnesium, dan antioksidan. Dengan mengonsumsi chia seed, si Kecil dapat mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini:

1. Baik untuk Pencernaan
Dalam dua sendok makan chia seed, terkandung 10 gram serat. Serat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Selain itu, serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah, serta membantu menjaga berat badan. Dengan mengonsumsi chia seed secara rutin, si Kecil akan memiliki tubuh yang sehat dan ideal sesuai dengan tinggi badan dan usianya.

2. Meningkatkan Fungsi Otak
Chia seed mengandung asam omega 3 sebanyak 60% dalam minyak bijinya. Asam omega 3 ini sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak si Kecil. Dengan mengonsumsi chia seed, si Kecil dapat memiliki kemampuan berpikir yang lebih jernih, daya ingat yang tajam, dan menjadi anak yang cerdas. Selain itu, asam omega 3 juga memiliki manfaat lain seperti menjaga kesehatan mata, melawan depresi, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, mencegah penyakit autoimun, dan mencegah kegemukan.

3. Membantu Pertumbuhan Gigi dan Tulang
Chia seed mengandung protein, fosfor, kalsium, dan magnesium yang baik untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang si Kecil. Kandungan kalsium di dalam chia seed bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan produk olahan susu. Oleh karena itu, chia seed sangat cocok diberikan kepada si Kecil yang alergi terhadap produk susu agar kebutuhan kalsiumnya tetap tercukupi. Dengan mengonsumsi chia seed, gigi dan tulang si Kecil akan tumbuh lebih cepat dan kuat, serta risiko keropos pun dapat berkurang.

Baca Juga:  Bu, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan yang Tepat

4. Menjaga Kesehatan Organ Jantung
Asam omega 3 dalam chia seed tidak hanya baik untuk fungsi otak si Kecil, tetapi juga telah terbukti dapat menjaga kesehatan organ jantung. Asam lemak tak jenuh ini dapat membantu mengontrol tekanan darah, mencegah penggumpalan darah berlebih, menjaga ritme detak jantung, dan menurunkan kadar kolesterol. Jika si Kecil alergi terhadap ikan yang mengandung omega 3, chia seed dapat menjadi alternatif penggantinya agar ia tetap mendapatkan asupan omega 3 yang cukup.

5. Tinggi Kandungan Protein
Chia seed merupakan sumber protein nabati yang baik untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Dalam 28 gram chia seed, terkandung 4 gram protein. Protein ini merupakan protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi chia seed, si Kecil akan mendapatkan manfaat seperti optimalisasi tumbuh kembang, kesehatan rambut dan kulit, pengontrolan rasa lapar, pengurangan risiko kegemukan, peningkatan sistem kekebalan tubuh, dan pembentukan enzim.

6. Tinggi Kandungan Antioksidan
Chia seed mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan sel dan kulit si Kecil. Dengan mengonsumsi chia seed, risiko penyakit jantung dan kanker dapat berkurang, serta gangguan neurologis dapat dicegah.

7. Sumber Magnesium
Dalam satu porsi chia seed, terkandung 30% magnesium RDA. Magnesium memiliki berbagai manfaat seperti pengobatan diabetes tipe, menjaga kesehatan jantung, mengatasi hipertensi, dan mencegah osteoporosis. Mineral ini juga berperan dalam produksi energi di dalam tubuh, sehingga dengan mengonsumsi chia seed, si Kecil akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas.

8. Memperbaiki Kualitas Tidur
Chia seed mengandung triptofan, yaitu asam amino yang berperan dalam produksi hormon melatonin dan serotonin di dalam tubuh. Hormon-hormon ini berkaitan erat dengan kualitas tidur. Dengan mengonsumsi chia seed, si Kecil dapat memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Baca Juga:  Lulus SMA Mau Masuk Akademi Militer? Ini Syarat-Syaratnya

Cara Mengolah Biji Chia

Meskipun chia seed memiliki ukuran yang kecil, penggunaannya untuk si Kecil tetap perlu diperhatikan. Untuk si Kecil yang masih belum mahir mengunyah, sebaiknya berikan biji chia dalam jumlah sedikit, sekitar 1-2 sendok teh. Taburkan biji chia ke atas makanannya agar si Kecil dapat mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

Resep Dessert Chia Seed

Chia seed juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Salah satu resep yang dapat dicoba adalah dessert salad buah topping biji chia. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:
– 2 sendok teh biji chia
– Aneka jenis buah (strawberry, melon, pepaya, alpukat, semangka)
– Plain yoghurt
– Keju parut

Cara membuat:
1. Potong buah-buahan menjadi ukuran kecil, kemudian letakkan dalam wadah.
2. Tuangkan yoghurt ke atas potongan buah-buahan, aduk merata.
3. Taburkan parutan keju dan biji chia di atasnya.
4. Salad buah yang kaya nutrisi dan segar siap disantap.

Dengan mengolah chia seed menjadi dessert seperti ini, si Kecil akan menyukainya dan mendapatkan manfaat nutrisi yang baik bagi tubuhnya.

Kesimpulan

Chia seed adalah biji-bijian yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi si Kecil. Dengan mengonsumsi chia seed, si Kecil dapat mendapatkan manfaat seperti menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan fungsi otak, membantu pertumbuhan gigi dan tulang, menjaga kesehatan organ jantung, tinggi kandungan protein, tinggi kandungan antioksidan, sumber magnesium, memperbaiki kualitas tidur, dan masih banyak lagi. Chia seed juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi seperti dessert salad buah topping biji chia. Dengan memberikan chia seed kepada si Kecil dan mengolahnya dengan baik, si Kecil akan mendapatkan manfaat yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Jadi, tidak ada alasan untuk ragu memberikan chia seed kepada si Kecil. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  Antara Melatih dan Membiasakan Anak Mana Yang Efektif ?