Apakah Terlalu Banyak Serat Bisa Membuat Bayi Sembelit?

Apakah Terlalu Banyak Serat Bisa Membuat Bayi Sembelit?

Apakah Bunda sering menyuapi si Kecil menu MPASI yang berserat? Kebiasaan ini sangatlah baik, mengingat serat dapat membantu sistem pencernaan si Kecil tetap sehat dan berjalan lancar. Namun, terlepas dari segala manfaatnya, ternyata asupan serat yang berlebihan justru berisiko membuat si Kecil susah buang air besar atau sembelit, lho. Tak ingin si Kecil kesakitan saat buang air besar, saya pun mulai mencari tahu cara mengatasi sembelit pada bayi yang disebabkan oleh asupan serat berlebih. Berikut ini beberapa informasi yang berhasil saya kumpulkan, Bu!

1. Kenali Kebutuhan Serat Bayi

Bu, kebutuhan asupan serat si Kecil masih jauh lebih rendah dari orang dewasa. Menurut artikel kesehatan anak yang saya baca, bayi berusia di bawah 1 tahun hanya membutuhkan 10 gram serat atau sekitar 3 buah pisang berukuran sedang per hari. Dengan memenuhi asupan serat sesuai kebutuhannya, ini akan mengurangi risiko sembelit pada si Kecil.

2. Kombinasikan dengan Makanan Rendah Serat

Saat melakukan kunjungan rutin ke rumah sakit anak, saya sempat mengonsultasikan hal ini dengan dokter anak si Kecil. Dari hasil konsultasi itu, dokter menjelaskan bahwa makanan yang tinggi Mineral dan Lemak, seperti semangka, tahu, serta daging-dagingan juga tak kalah penting untuk mengimbangi asupan serat berlebihan pada tubuh si Kecil. Itu sebabnya, sebaiknya Bunda tidak hanya fokus pada menu MPASI sayur dan buah-buahan saja, ya. Coba kombinasikan dengan makanan bayi 6 bulan agar tidak sembelit lainnya sejak awal MPASI.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Sama halnya dengan makanan berserat, air putih juga dapat memperlancar sistem pencernaan si Kecil. Itu sebabnya, saya selalu membiasakan si Kecil minum setidaknya 1-2 gelas air putih setiap harinya.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Rekreasi Edukatif di Bandung

Wah, ternyata apapun yang berlebihan itu tidak baik ya, Bu, termasuk serat bagi tubuh. Yuk, mulai berikan makanan dengan porsi serat normal sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi agar tumbuh kembang si Kecil semakin optimal setiap harinya!

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat mengatasi sembelit pada bayi. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Jaga Keseimbangan Nutrisi

Selain serat, nutrisi lain seperti protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin juga sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pastikan bayi mendapatkan makanan yang seimbang dan bergizi agar sistem pencernaan bisa berfungsi dengan baik.

2. Berikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang Tepat

Saat memulai pemberian MPASI, pilihlah makanan yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Mulailah dengan porsi kecil dan perlahan tingkatkan jumlahnya sesuai dengan kemampuan bayi. Selain itu, jangan lupa untuk memperkenalkan makanan baru satu per satu dan tunggu beberapa hari sebelum memberikan makanan baru lagi. Hal ini untuk memastikan bayi tidak memiliki alergi terhadap makanan tersebut.

3. Perhatikan Teknik Pemberian Makan

Teknik pemberian makan juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan bayi. Pastikan Anda memberikan makanan dengan posisi bayi yang tegak dan tenang. Hindari memberikan makanan saat bayi sedang menangis atau rewel, karena hal ini dapat mengganggu proses pencernaan.

4. Berikan ASI Eksklusif

ASI (Air Susu Bunda) merupakan makanan terbaik untuk bayi. ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam jumlah yang tepat. Selain itu, ASI juga mengandung zat-zat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan bayi.

5. Berikan Pijatan Perut

Pijatan perut dapat membantu merangsang gerakan usus bayi, sehingga membantu dalam proses buang air besar. Lakukan pijatan perut secara lembut dengan gerakan melingkar searah jarum jam.

Baca Juga:  Inilah 7 Fakta Menarik Tentang Si Kecil yang Terlahir Kembar

6. Konsultasikan dengan Dokter

Jika sembelit pada bayi tidak kunjung membaik atau terjadi gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dan membantu mengatasi masalah sembelit pada bayi.

Dalam mengatasi sembelit pada bayi, perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki kondisi yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan reaksi dan kondisi bayi Anda. Jika Anda merasa khawatir atau ada masalah yang tidak kunjung membaik, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dengan memperhatikan asupan serat yang seimbang, memberikan makanan yang tepat, dan menjaga pola makan dan minum yang baik, sembelit pada bayi dapat diatasi dengan baik. Ingatlah bahwa kesehatan bayi adalah prioritas utama, dan dengan perhatian dan pengawasan yang tepat, Anda dapat membantu bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan baik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com