3 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan si Kecil

3 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan si Kecil

Manfaat daun salam yang bisa menjadi bumbu aromatik pada MPASI, ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan si Kecil.

Manfaat daun salam ternyata tidak hanya sebatas pada penyedapan masakan dengan aromanya yang khas. Ada banyak jenis masakan khas Indonesia yang menggunakan daun salam sebagai penyedap sehingga rasanya lebih lezat dan sedap. Jadi, bisa dibilang daun salam adalah salah satu jenis bumbu yang pasti tersedia di dapur Bunda-Bunda Indonesia. Lebih dari pada itu, ternyata manfaat daun salam berguna juga bagus untuk kesehatan si Kecil lho Bu!

Tentu manfaat daun salam ini akan lebih dirasakan kepada bayi yang mulai masuk dalam fase MPASI. Tentu wajar sekali Bunda cari cara agar si Kecil selalu mau untuk makan dan salah satu caranya dengan menggunakan bahan penyedap supaya nafsu makan si Kecil lebih meningkat. Untuk bayi yang baru belajar makan, tentu Bunda lebih disarankan untuk menggunakan bumbu aromatik yang alami.

Sebab ada baiknya Bunda tidak berlebihan untuk menggunakan MSG dalam menu MPASI di usia emas mereka. Lebih baik gunakan bumbu penyedap alami yang bisa Bunda gunakan, seperti daun jeruk, bawang merah, bawang putih, dan tentunya daun salam. Dalam pembahasan kali ini mari simak lebih dalam manfaat daun salam untuk kesehatan si Kecil ya Bu.

Kandungan di Dalam Daun Salam
Sebelum mengenal beberapa manfaat daun salam, kita bahas dulu kandungannya. Memahami kandungan baik yang terdapat di dalam daun salam akan sejalan nantinya dengan manfaat daun salam untuk kesehatan bahkan untuk kesehatan si Kecil.

Daun salam punya beberapa kandungan vitamin dan senyawa yang baik. Seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid dan Flavonoid. Kandungan dan senyawa yang baik ini memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga:  4 Peran Ayah dalam Mengatur Pola Makan Anak

Manfaat Daun Salam Sebagai Bumbu Aromatik MPASI
Berikut adalah manfaat daun salam untuk MPASI yang menarik untuk Bunda ketahui:

Baik untuk pencernaan si Kecil
Karena kandungan enzim di dalamnya, menghasilkan manfaat daun salam yang berguna untuk si Kecil. Kandungan enzim ini bisa memecah protein sehingga baik untuk si Kecil yang sedang mengalami gangguan pencernaan, kembung, atau mulas.

Memperbaiki kualitas tidur si Kecil
Manfaat daun salam yang ini bisa membuat si Kecil lebih nyenyak tidur sehingga tubuhnya lebih bugar dan sehat dan tidak mudah terserang paparan penyakit.

Menambah nafsu makan si Kecil
Seperti yang kita tahu, daun salam punya aroma yang khas dan menggugah selera. Dengan menumis makanan MPASI dan mencampurkan daun salam ke dalamnya bisa meningkatkan nafsu makan si Kecil. Manfaat daun salam ini juga bisa membantu di saat si Kecil sedang sakit atau baru sembuh sehingga mau makan.

Selain itu, daun salam mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide yang terbukti bisa menahan proliferasi sel kanker serviks.

Tentu penggunaan daun salam sebagai bumbu aromatik di menu MPASI ini tidak perlu dilakukan di setiap menu makanan si Kecil ya Bu. Pemberian yang berlebihan juga bisa berdampak buruk dan manfaat daun salam di atas jadi tidak efektif pada kesehatan tubuh si Kecil. Jika diperlukan, Bunda bisa konsultasikan kepada dokter mengenai penggunaan dan manfaat daun salam ini untuk anjuran dan saran yang lebih tepat dari ahlinya.

Itulah sejumlah manfaat daun salam yang bisa berguna untuk kesehatan si Kecil. Bunda bisa menggunakan daun salam sebagai penyedap dalam menu MPASI agar lebih sedap beraroma. Bunda bisa gunakan setengah hingga selembar daun dalam dalam satu menu MPASI.

Baca Juga:  Nak, Jangan Terbiasa Menilai Orang dari Penampilan, ya!

Jangan lupa ya Bu, selain variasi menu MPASI, iringi juga dengan pemberian ASI yang cukup dan berkualitas. Namun jika ASI dirasa tidak cukup karena alasan kesehatan atau medis, Bunda bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Bunda bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya Bu!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com