Sweet Seventeen, Dari KTP Hingga Pesta Ratusan Juta


Tema Perayaan Sweet Seventeen yang Instagrammable

Tren perayaan sweet seventeen telah menjadi sangat populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Bukan hanya sekedar pesta ulang tahun biasa, tetapi acara ini telah menjadi momen yang sangat istimewa bagi remaja yang merayakan usia 17 tahun mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang perayaan sweet seventeen dan mengapa hal tersebut begitu penting bagi sebagian orang.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita melihat kembali sejarah perayaan sweet seventeen di Indonesia. Meskipun tidak ada catatan pasti tentang asal usul perayaan ini, namun tradisi merayakan ulang tahun ke-17 telah ada dalam budaya Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Banyak orang tua yang menganggap usia ini sebagai transisi penting dalam kehidupan anak mereka, di mana mereka mulai memasuki masa dewasa dan mendapatkan lebih banyak tanggung jawab.

Salah satu contoh perayaan sweet seventeen yang populer adalah ulang tahun ibu saya pada tahun 1980. Walaupun hanya merayakan di rumah, beliau mengundang sahabat, teman-teman sekolah, dan tetangga untuk merayakan momen istimewa tersebut. Foto-foto perayaan tersebut masih tersimpan hingga kini, menjadi kenangan yang indah bagi keluarga kami.

Namun, apa sebenarnya yang membuat perayaan sweet seventeen begitu penting dan istimewa? Salah satu alasan utama adalah karena usia 17 tahun dianggap sebagai titik balik dalam kehidupan seorang remaja. Pada usia ini, mereka telah mencapai batas usia legal untuk memiliki KTP dan SIM sendiri. Selain itu, mereka juga dianggap sudah cukup matang untuk mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Tradisi perayaan sweet seventeen juga memiliki banyak kemiripan dengan tradisi coming-of-age yang dilakukan di berbagai negara di seluruh dunia. Misalnya, di Amerika Serikat, perayaan coming-of-age dilakukan saat remaja merayakan ulang tahun ke-16 mereka, yang dikenal sebagai sweet sixteen party. Di negara lain seperti Brazil, usia 15 tahun dianggap sebagai momen penting dalam transisi menjadi dewasa.

Baca Juga:  Tips Siapkan Anak Kembali Masuk Sekolah setelah Liburan

Namun, ada perbedaan penting antara perayaan sweet seventeen di Indonesia dengan negara lain. Di Indonesia, perayaan ini sering kali melibatkan keluarga dan teman-teman terdekat, dengan fokus pada kebersamaan dan hubungan sosial. Sementara itu, di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, perayaan sering kali lebih besar dan mewah, dengan melibatkan hotel mewah, EO, dan biaya yang cukup tinggi.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan popularitas media sosial, perayaan sweet seventeen juga telah mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, perayaan ini tidak hanya tentang memperingati ulang tahun, tetapi juga tentang menciptakan momen yang indah dan Instagrammable. Tempat-tempat seperti hotel mewah di Jakarta menawarkan paket perayaan sweet seventeen yang termasuk dekorasi tema khusus, photobooth, fotografer, dan videografer. Harga paket ini bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari pilihan hotel dan fasilitas yang ditawarkan.

Tentu saja, tidak semua orang mampu atau ingin mengeluarkan biaya sebesar itu untuk perayaan sweet seventeen. Ada juga yang memilih merayakan dengan cara yang lebih sederhana, seperti hanya dengan teman-teman dekat di kafe atau rumah. Namun, hal yang penting adalah semangat dan makna di balik perayaan tersebut, bukan seberapa besar biaya yang dikeluarkan.

Bagi beberapa orang, perayaan sweet seventeen juga menjadi momen penting dalam membangun dan memperkuat hubungan dengan teman-teman dan keluarga. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk menghabiskan waktu bersama dan membuat kenangan yang tak terlupakan. Selain itu, perayaan ini juga menjadi wujud apresiasi dan ucapan terima kasih kepada orang-orang terdekat yang telah mendukung dan mencintai mereka sepanjang hidup.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa perayaan sweet seventeen telah menjadi terlalu komersial dan hanya menjadi ajang pamer di media sosial. Mereka berpendapat bahwa seharusnya fokus lebih pada nilai-nilai dan pembelajaran yang didapatkan selama masa remaja, bukan hanya pada perayaan yang glamor dan mewah. Mereka berpendapat bahwa penting bagi remaja untuk belajar menjadi mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai nilai-nilai kehidupan yang lebih penting daripada sekedar perayaan.

Baca Juga:  3 Cara Unik Mengabadikan Kehamilan

Pada akhirnya, penting atau tidaknya perayaan sweet seventeen adalah keputusan yang harus diambil oleh masing-masing individu dan keluarga. Setiap keluarga memiliki nilai-nilai dan prioritas yang berbeda, dan perayaan ini seharusnya mencerminkan hal tersebut. Yang terpenting adalah bahwa perayaan tersebut dilakukan dengan penuh cinta dan apresiasi, dan memberikan kesempatan bagi remaja untuk merayakan dan menghargai momen penting dalam hidup mereka.

Jadi, apakah Anda atau anak Anda sedang mempersiapkan perayaan sweet seventeen? Apakah Anda lebih memilih perayaan yang sederhana atau mewah? Bagikan pengalaman serta pendapat Anda tentang perayaan sweet seventeen di kolom komentar di bawah ini.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com