Dos & Dont’s Pesta Ulang Tahun Anak yang Wajib Dipahami Orangtua


Poin Pertama: Pilih tempat yang menyediakan fasilitas ulang tahun lengkap

Dalam mengadakan pesta ulang tahun anak, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah memilih tempat yang menyediakan fasilitas lengkap untuk acara tersebut. Melaksanakan pesta ulang tahun di luar rumah menjadi pilihan yang umum dilakukan oleh orangtua masa kini, karena dianggap lebih efisien dalam hal tenaga dan waktu. Bayangkan jika mengadakan pesta di rumah, pasti akan sangat repot harus mempersiapkan segala keperluan pesta mulai dari konsep acara, MC, hadiah, dekorasi, kartu undangan, tema backdrop, hingga kue ulang tahun. Oleh karena itu, memilih tempat di luar rumah yang menyediakan semua fasilitas tersebut, seperti restoran, menjadi pilihan yang logis.

Selain tidak perlu repot menyiapkan makanan dan venue, memilih tempat di luar rumah juga memberikan keuntungan lainnya, yaitu memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman. Restoran yang menyediakan acara ulang tahun biasanya sudah memiliki konsep acara yang terorganisir dengan baik, sehingga orangtua tidak perlu repot mendekorasi tempat tersebut. Selain itu, restoran juga biasanya menyediakan berbagai macam pilihan menu makanan sesuai dengan selera anak-anak dan orangtua. Dengan begitu, semua tamu yang hadir bisa menikmati acara dengan nyaman dan puas.

Poin Kedua: Persiapkan segala sesuatu dari jauh-jauh hari

Dalam mengadakan pesta ulang tahun anak, persiapan yang matang sangatlah penting agar acara berjalan lancar dan sukses. Hindari melakukan persiapan secara mendadak atau mepet dengan waktu acara, karena hal tersebut dapat menyebabkan banyak kekurangan dan masalah. Sebaiknya, persiapkan segala sesuatu dari jauh-jauh hari agar semua detail acara bisa terpenuhi dengan baik dan tidak ada yang terlewatkan.

Mengirim undangan merupakan salah satu persiapan yang perlu dilakukan dengan waktu yang cukup. Jika mengirim undangan secara mendadak, kemungkinan besar tamu yang diundang sudah memiliki jadwal kegiatan lain yang mungkin bertabrakan dengan acara ulang tahun anak. Oleh karena itu, sebaiknya undangan disebar minimal dua minggu sebelum hari H. Dengan memberikan waktu yang cukup kepada tamu yang diundang, mereka bisa mengosongkan jadwal dan mencari hadiah yang tepat untuk anak yang berulang tahun.

Selain itu, dalam persiapan ulang tahun anak, tidak hanya mengurus undangan saja, tetapi juga hal-hal lain yang perlu dipersiapkan seperti dekorasi, tema, dan kue ulang tahun. Untuk dekorasi, restoran yang menyediakan acara ulang tahun biasanya sudah menyediakan dekorasi sesuai dengan tema yang diinginkan. Bunda tinggal memilih dekorasi yang paling sesuai dan menarik tanpa perlu repot mendekorasi tempat tersebut.

Poin Ketiga: Pilih goodie bag yang mengedukasi dan menarik

Dalam mengadakan pesta ulang tahun anak, goodie bag atau tas berisi hadiah untuk anak-anak yang datang merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Namun, jangan sampai goodie bag yang diberikan tidak memiliki fungsi maksimal dan hanya menjadi barang yang tidak berguna bagi anak-anak. Oleh karena itu, pilihlah goodie bag yang mengedukasi dan menarik bagi anak-anak.

Baca Juga:  Benarkah Fungsi Lemak Penting Bagi Anak? Ini Faktanya

Misalnya, dalam paket ulang tahun di restoran, terdapat variasi goodie bag yang disediakan seperti tas ransel, tempat minum, buku cerita, dan pouch untuk menyimpan perlengkapan anak-anak. Goodie bag yang berisi barang-barang tersebut memiliki fungsi yang bermanfaat bagi anak-anak dan bisa digunakan setiap hari. Dengan memberikan goodie bag yang berguna, anak-anak akan lebih senang dan mengapresiasi pesta ulang tahun yang diadakan.

Poin Keempat: Tentukan tema dan dekorasi ulang tahun

Dalam mengadakan pesta ulang tahun anak, memilih tema dan dekorasi yang sesuai dengan kegemaran anak sangatlah penting. Tema dan dekorasi ulang tahun akan memberikan kesan yang lebih hidup dan menyenangkan bagi anak-anak yang hadir. Seringkali, mempersiapkan dekorasi menjadi urusan yang merepotkan dan memakan banyak waktu. Namun, restoran yang menyediakan acara ulang tahun biasanya juga menyediakan dekorasi sesuai dengan tema yang diinginkan. Bunda tinggal memilih dekorasi yang paling sesuai dan menarik tanpa perlu repot mendekorasi tempat tersebut.

Dalam memilih tema dan dekorasi, pastikan tema yang dipilih sesuai dengan kegemaran anak dan juga mudah untuk diwujudkan. Misalnya, jika anak Anda menyukai tokoh kartun tertentu, Anda bisa memilih tema ulang tahun berdasarkan tokoh kartun tersebut. Selain itu, pilihlah dekorasi yang menarik dan sesuai dengan tema yang dipilih. Dengan tema dan dekorasi yang sesuai, acara ulang tahun anak akan terasa lebih spesial dan berkesan.

Poin Kelima: Spesifik tentang waktu dan lokasi

Dalam mengadakan pesta ulang tahun anak, penting untuk mencantumkan waktu dan lokasi secara spesifik dalam undangan yang dikirimkan kepada tamu. Hal ini sangat berguna untuk memudahkan tamu dalam mengatur jadwal dan menentukan kehadiran mereka dalam acara tersebut. Jika undangan hanya mencantumkan tanggal tanpa mencantumkan waktu dan lokasi yang jelas, tamu yang diundang akan kesulitan dalam menentukan kehadiran mereka.

Oleh karena itu, sebaiknya ketika mengirimkan undangan, pastikan semua informasi yang diperlukan sudah tercantum dengan jelas. Cantumkan lokasi, hari, tanggal, dan jam acara secara spesifik agar tamu tidak kesulitan dalam menentukan kehadiran mereka. Selain itu, jika memungkinkan, juga sebaiknya share location agar para tamu tidak kesasar dalam mencari lokasi acara.

Poin Keenam: RSVP please

Mengundang tamu untuk merayakan ulang tahun anak bukanlah berarti mereka wajib hadir dalam acara tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengingatkan tamu untuk melakukan RSVP atau konfirmasi kehadiran. Melalui RSVP, kita dapat menghitung jumlah tamu yang akan hadir dalam acara tersebut, dan hal ini berkaitan dengan porsi makanan dan jumlah goodie bag yang harus disediakan.

Dalam mengundang tamu, sebaiknya berikan batasan waktu untuk RSVP agar tamu dapat mengkonfirmasi kehadiran mereka dalam waktu yang ditentukan. Dengan adanya RSVP, kita juga bisa mengetahui lebih awal berapa jumlah tamu yang akan hadir dan dapat melakukan persiapan yang lebih matang, seperti mempersiapkan makanan dan goodie bag dengan jumlah yang tepat.

Baca Juga:  Yuma Soerianto, Anak Cerdas Pembuat 9 Aplikasi

Poin Ketujuh: Cari tempat yang nyaman dan strategis

Dalam memilih tempat untuk mengadakan pesta ulang tahun anak, kenyamanan dan keamanan menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Pesta ulang tahun bukan hanya acara untuk anak-anak, tetapi juga menjadi ajang reuni bagi orangtua dan keluarga. Oleh karena itu, memilih tempat yang nyaman dan strategis akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi semua pihak yang hadir.

Dalam memilih tempat, pastikan tempat tersebut memiliki fasilitas yang memadai, seperti toilet yang nyaman dan bersih dengan jumlah yang cukup, tempat-tempat duduk yang teduh, serta akses yang mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dengan adanya fasilitas yang memadai, tamu akan merasa nyaman dan dapat menikmati acara dengan baik.

Poin Kedelapan: Pilih kue ulang tahun yang rasanya disukai semua anak

Kue ulang tahun merupakan salah satu elemen penting dalam pesta ulang tahun anak. Dalam memilih kue ulang tahun, sebaiknya pilihlah kue dengan rasa yang disukai oleh semua anak. Rasa paling aman untuk kue ulang tahun anak-anak adalah cokelat, karena banyak anak yang menyukai rasa cokelat. Namun, selain memilih rasa yang disukai, perlu juga mempertimbangkan faktor kesehatan anak.

Misalnya, memilih kue yang gluten free agar aman dimakan oleh anak yang memiliki riwayat alergi gluten. Selain itu, pilihlah desain dan warna kue yang sesuai dengan tema ulang tahun yang dipilih. Hal ini akan membuat anak semakin happy di hari ulang tahunnya dan menjadi salah satu momen yang berkesan bagi mereka.

Poin Kesembilan: Menu makanan yang variatif

Dalam mengadakan pesta ulang tahun anak, menyediakan menu makanan yang variatif sangatlah penting. Anak-anak memiliki selera makan yang berbeda-beda, dan juga orangtua yang hadir dalam acara tersebut memiliki selera makan yang beragam. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan aneka menu yang dapat mengakomodir selera makan anak-anak dan orangtua.

Misalnya, hampir semua anak suka olahan ayam dan mie, lebih aman dibandingkan ikan karena ada durinya. Sementara itu, orangtua relatif suka makanan yang pedas atau berkuah. Dengan menyediakan aneka menu makanan yang variatif, semua tamu yang hadir bisa menikmati makanan dengan nyaman dan puas.

Poin Kesepuluh: Hanya undang keluarga dan teman dekat supaya lebih intim

Dalam mengadakan pesta ulang tahun anak, penting untuk mempertimbangkan siapa saja yang akan diundang. Anak-anak biasanya lebih nyaman jika dikelilingi oleh orang-orang yang sering ia temui atau minimal sudah dikenal. Oleh karena itu, sebaiknya undanglah keluarga dan teman-teman dekat anak untuk hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga:  15 Hotel dengan Family Room yang Seru di Jakarta, Bogor dan Bandung

Misalnya, undanglah teman-teman kelas anak, teman-teman satu jemputan, serta keluarga dan kerabat dekat. Dengan hanya mengundang orang-orang terdekat, acara ulang tahun anak akan menjadi lebih intim dan memori anak akan lebih lekat, karena dia bisa berinteraksi dengan hampir semua orang yang hadir dalam acara tersebut.

Setelah mempelajari dengan saksama poin-poin di atas, saya memutuskan untuk merayakan ulang tahun Jordy di restoran Bakmi GM. Saya lebih yakin dengan pilihan ini setelah mendengar pengalaman salah satu rekan kerja yang sudah lebih dulu merayakan ulang tahun anaknya di Bakmi GM. Dia terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh Tim Restoran Bakmi GM dan harga yang sangat terjangkau.

Paket ulang tahun yang ditawarkan oleh Bakmi GM sudah lengkap dengan fasilitasnya. Saya tidak perlu lagi memikirkan konsep acara, karena restoran ini sudah menyediakan konsep acara yang terorganisir dengan baik. Selain itu, saya juga tinggal memilih menu makanan yang sesuai dengan budget saya. Harga yang ditawarkan oleh Bakmi GM sangatlah ekonomis, mulai dari Rp 9.091 (belum termasuk pajak) per anak.

Dalam paket tersebut, sudah termasuk MC yang asyik, dekorasi sesuai tema, kartu undangan, hadiah untuk anak yang berulang tahun, souvenir untuk teman-teman yang berulang tahun, foto, backdrop berbagai macam tema, serta balon. Harga tersebut belum termasuk makanan, tetapi mommies bisa memilih menu-menu makanan yang masuk ke dalam budget masing-masing. Dengan berbagai pilihan menu khas Bakmi GM yang beragam, saya tidak perlu khawatir anak-anak dan orang dewasa akan jenuh dengan menu yang disajikan.

Selain itu, Bakmi GM juga menyediakan beberapa pilihan aktivitas yang dapat membuat pesta ulang tahun makin seru. Misalnya, terdapat photo corner, magic balloon, menghias kue, dan tambahan maskot dari Bakmi GM yaitu Sam, Tim, dan Mia. Melihat variasi kegiatannya, saya yakin pesta ulang tahun di Bakmi GM juga cocok untuk orang dewasa. Jadi, jika Anda memiliki rencana untuk merayakan ulang tahun anak atau bahkan ulang tahun sendiri, Anda bisa menanyakan informasi lebih lanjut ke [email protected], mengunjungi website Bakmi GM di www.bakmigm.com, atau menghubungi nomor telepon 021-5655-008. Anda juga bisa langsung mengunjungi store Bakmi GM terdekat untuk melihat langsung fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh restoran ini.

Dengan memilih Bakmi GM sebagai tempat untuk merayakan ulang tahun anak, Anda tidak perlu bingung lagi dalam mempersiapkan acara tersebut. Semua fasilitas yang diperlukan sudah disediakan oleh restoran ini, sehingga Anda tinggal memilih menu makanan yang sesuai dengan selera dan budget Anda. Dengan harga yang terjangkau, pelayanan yang baik, dan variasi kegiatan yang menarik, pesta ulang tahun anak Anda dijamin akan menjadi acara yang seru, bermakna, dan berkesan bagi semua yang hadir.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com