Hipnoterapi, Penyembuhan Lewat Alam Bawah Sadar

Hipnoterapi, Penyembuhan Lewat Alam Bawah Sadar

Pada suatu hari, Novan yang berusia 6 tahun merasa sangat senang. Dia baru saja mendapatkan nilai tertinggi di kelasnya dalam ujian matematika. Novan tidak sabar untuk memberitahu kabar baik tersebut kepada ayahnya. Begitu sang ayah pulang dari kantor, Novan dengan cepat berlari menghampirinya.

Namun, mungkin karena sang ayah sedang lelah atau memiliki banyak pikiran di kantor, Dody yang berusia 36 tahun tersebut bukannya mendengarkan cerita dari anaknya, tapi malah mendorong tubuh Novan. Meskipun dorongan tersebut dilakukan dengan lembut dan spontan, ternyata hal tersebut berpengaruh buruk pada Novan. Setelah kejadian itu, Novan menyimpan rasa dendam pada ayahnya. Ia juga mengalami trauma dan marah besar setiap kali tubuhnya didorong atau terdorong. Peristiwa tersebut telah terekam dalam alam bawah sadarnya.

Saat seseorang sedang dalam kondisi emosional, alam bawah sadar menjadi sangat rentan terhadap sugesti. Hal ini juga berlaku dalam kasus Novan yang sedang merasa sangat bahagia. Ayahnya memberikan sugesti negatif yang mempengaruhi Novan secara tidak sengaja. Sayangnya, sugesti tersebut bersifat negatif.

Sugesti negatif sebaiknya dihindari dalam komunikasi dengan anak. Sebagai contoh, jika seorang ibu berteriak “dasar anak bodoh” ketika anak melakukan kesalahan dan merasa sedih, perkataan tersebut akan membekas dalam pikiran anak dan membuatnya menganggap dirinya sebagai anak yang bodoh. Akibatnya, anak justru akan menjadi malas dan merasa rendah diri.

Orangtua sebaiknya selalu menggunakan sugesti yang positif kepada anak. Hindari penggunaan sugesti yang bersifat negatif, meskipun tujuannya baik. Sebagai contoh, saat meminta anak untuk membersihkan kamarnya, orangtua tidak perlu mengatakan “Ayo bersihkan kamarmu yang seperti kandang ayam ini.” Penggunaan kata “jangan” juga sebaiknya dihindari. Misalnya, daripada mengatakan “Jangan buang sampah sembarangan,” lebih baik menggunakan kalimat “Buanglah sampah pada tempatnya.”

Baca Juga:  Kenali 4 Ciri-ciri Penis yang Sehat, Sudah Cek Punya Anda?

Selain itu, kondisi yang memudahkan proses sugesti adalah saat seseorang merasa terkejut atau kaget. Saat dikagetkan, manusia cenderung menjadi bingung dan lebih mudah terpengaruh. Situasi ini seringkali dimanfaatkan dalam praktik hipnotis atau ilmu gendam yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan penipuan.

Namun, penyalahgunaan hipnotis ini telah menyebabkan persepsi negatif di masyarakat bahwa hipnotis merupakan ilmu mistik atau sihir yang merugikan. Sebenarnya, hipnotis adalah seni komunikasi dan seni sugesti yang dapat mempengaruhi alam bawah sadar secara efektif. Hipnotis telah dikenal dan digunakan dalam berbagai kebudayaan sejak ribuan tahun yang lalu.

Pada tahun 1770, Frank Anton Mesmer dari Austria mulai mempraktikkan animal magnetism yang kemudian dianggap sebagai cikal bakal hipnotis modern. Setelah itu, hipnotis terus dikembangkan oleh para ilmuwan lainnya, termasuk Sigmund Freud yang merupakan salah satu tokoh penting dalam perkembangan ilmu kejiwaan.

Hipnotis didasarkan pada pemahaman bahwa pikiran manusia terdiri dari dua bagian, yaitu alam sadar dan alam bawah sadar. Hipnotis merupakan kemampuan berkomunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi alam bawah sadar orang lain secara efektif. Dalam hipnoterapi, hipnotis menggunakan sugesti-sugesti yang positif untuk merubah program-program negatif dalam alam bawah sadar dan menciptakan program-program yang positif.

Hipnoterapi juga dapat digunakan sebagai metode penyembuhan untuk berbagai gangguan psikis dan fisik. Hipnoterapi telah diakui dan disahkan sebagai metode penyembuhan di Amerika sejak tahun 1958. Dr. Erwin Kusuma, seorang psikiater dari RSPAD Gatot Subroto, menjelaskan bahwa hipnoterapi adalah salah satu metode penyembuhan yang telah lama digunakan oleh para psikiater. Dalam hipnoterapi, dilakukan pengubahan program-program negatif menjadi program-program positif dalam alam bawah sadar pasien.

Dalam hipnoterapi, pasien dibawa ke dalam keadaan tidur hipnotis atau relaksasi yang dalam. Dalam keadaan tersebut, hipnoterapis memberikan sugesti-sugesti positif yang tepat kepada pasien. Sebelum melakukan hipnoterapi, terlebih dahulu dilakukan wawancara antara pasien dan hipnoterapis untuk mengetahui masalah yang ingin diselesaikan dan memastikan bahwa metode yang digunakan tepat.

Baca Juga:  4 Resep MPASI Usia 9 Bulan dan 10 Bulan dengan Apel

Seorang hipnoterapis harus memiliki rasa empati yang tinggi dan memiliki pengalaman serta latihan dalam menggunakan hipnoterapi. Proses hipnoterapi dilakukan dengan menginduksi pasien ke dalam keadaan relaksasi fisik dan mental. Selama proses hipnoterapi, pasien tetap sadar dan dapat mengamati perilakunya sendiri.

Hipnoterapi dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah fisik dan psikis. Pada anak-anak, hipnoterapi dapat digunakan untuk mengatasi kebiasaan buruk seperti menggigit kuku, menjenggut rambut, atau mengompol. Selain itu, hipnoterapi juga dapat membantu anak dalam belajar dan meningkatkan konsentrasi.

Dalam hipnoterapi, pasien tetap sadar dan mampu mengontrol dirinya sendiri. Sebelum menjalani hipnoterapi, pasien juga menjalani pemeriksaan fisik dan uji lab jika diperlukan.

Meskipun hipnoterapi efektif dan aman, banyak orang masih ragu untuk mencobanya. Hal ini disebabkan oleh persepsi negatif yang terbentuk dalam masyarakat akibat tayangan televisi yang menyajikan hipnoterapi dalam konteks yang salah. Sayangnya, banyak orang baru mencoba hipnoterapi setelah mencoba berbagai metode lain yang gagal. Padahal, hipnoterapi merupakan salah satu metode yang sangat efektif dan aman.

Hipnoterapi dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak, asalkan mereka sudah dapat berkomunikasi. Hipnoterapi dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah fisik dan psikis pada anak-anak. Namun, hipnoterapi harus dilakukan oleh orang yang berkompeten dan menggunakan metode yang tepat.

Dalam hipnoterapi, hipnoterapis menggunakan sugesti-sugesti positif untuk merubah program-program negatif dalam alam bawah sadar pasien. Pasien tetap sadar dan mampu mengobservasi perilakunya sendiri selama proses hipnoterapi.

Hipnoterapi adalah salah satu metode penyembuhan yang efektif dan aman. Dengan menggunakan hipnoterapi, masalah psikis dan fisik dapat diatasi dengan lebih efektif. Hipnoterapi juga dapat digunakan untuk membantu anak dalam belajar dan mengatasi kebiasaan buruk. Meskipun masih banyak yang ragu, hipnoterapi telah terbukti efektif dan aman dalam membantu banyak orang.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  Ajarkan Gerakan Ini Untuk Bantu Anak Tumbuh Cerdas