11 Manfaat Membacakan Dongeng Anak Sebelum Tidur

Manfaat Membacakan Dongeng Anak Sebelum Tidur

Mengonsumsi susu pertumbuhan bisa membantu si Kecil memperoleh manfaat membaca dongeng anak sebelum tidur dengan lebih optimal. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Langsung saja cek informasi manfaat membaca dongeng berikut ini ya, Bu.

Heading 2: Manfaat Membacakan Dongeng Anak Sebelum Tidur

Melakukan bedtime stories atau membacakan dongeng anak sebelum tidur setiap hari dapat menjadi stimulasi bagi perkembangan otak si Kecil. Bunda bahkan bisa membacakan buku cerita saat si Kecil masih berada dalam kandungan. Mengutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), indera pendengaran mulai terbentuk saat janin berusia 24-25 minggu. Artinya, si Kecil mulai dapat mengenali suara ibunya sejak dalam kandungan. Suara Bunda memiliki efek menenangkan serta dapat menjadi stimulasi pendengarannya.

Setelah si Kecil lahir, berikut, beberapa manfaat membaca dongeng anak sebelum tidur yang perlu Bunda ketahui:

Heading 3: Membuat si Kecil Tenang

Di usia balita, si Kecil akan susah sekali untuk duduk dengan tenang. Ia lebih suka berlarian, melompat, dan terus bermain. Namun saat menjelang tidur, si Kecil sebaiknya dibiasakan untuk beristirahat dari semua aktivitasnya yang bisa dilakukan dengan mendongeng.

Saat Bunda membacakan dongeng anak sebelum tidur, ia pasti akan tertarik untuk diam mendengarkan. Apalagi kalau Bunda menggunakan intonasi yang lucu dan menarik, ia pun akan fokus menyimak ceritanya.

Heading 3: Menanamkan Pola Tidur Sehat

Rutin membacakan dongeng anak sebelum tidur mampu menanamkan pola tidur sehat pada si Kecil. Saat Bunda mulai bercerita, maka ia akan tahu bahwa sudah saatnya ia untuk tidur. Dengan begitu, si Kecil jadi memiliki jadwal tidur yang tetap dan lebih disiplin untuk tidur secara teratur agar menjadi kebiasaan positif hingga ia besar nanti.

Heading 3: Meningkatkan Fungsi Otak

Baca Juga:  Sisi Gelap di Balik Dunia Hiburan Korea yang Terlihat Gemerlap

Fungsi otak si Kecil perlu dilatih sejak dini. Metode mirroring bisa menjadi cara yang efektif untuk melatih dan meningkatkan fungsi otaknya. Metode ini bekerja dengan cara memperdengarkan suara, lalu saat si Kecil mendengarnya otaknya akan merespon sesuai seperti suara yang ia dengar tersebut.

Melalui kegiatan membaca dongeng anak sebelum tidur, maka otak si Kecil pun terlatih untuk merespon jalan cerita serta karakter yang ada di dalam dongeng tersebut.

Heading 3: Melepaskan Hormon dari Dalam Tubuh

Aktivitas mendongeng merangsang otak untuk melepaskan berbagai hormon, mulai dari hormon kortisol, dopamin, hingga oksitosin. Hormon kortisol berkaitan dengan kewaspadaan, dopamin berperan mengontrol perubahan emosi, sedangkan oksitosin berkaitan dengan empati dan kegembiraan.

Saat hormon-hormon tersebut dilepas, maka si Kecil pun akan berlatih untuk waspada, berempati, serta mampu mengontrol perubahan emosi di dalam dirinya.

Heading 3: Mengembangkan Daya Imajinasi

Daya imajinasi penting untuk dimiliki oleh si Kecil supaya ia bisa berpikir dengan kreatif. Membacakan dongeng anak sebelum tidur merupakan salah satu cara untuk mengembangkan daya imajinasi tersebut.

Saat si Kecil mendengarkan cerita yang Bunda dongengkan, bagian-bagian otaknya akan menjadi aktif, yaitu wernicke’s dan broca’s. Wernicke’s adalah sisi otak untuk memahami, sementara broca’s adalah sisi otak untuk berbicara. Ketika kedua bagian otak tersebut aktif, daya imajinasinya pun dapat terbentuk.

Heading 3: Menumbuhkan Minat Membaca

Saat ini si Kecil memang belum bisa membaca, tapi dari kegiatan mendongeng ini akan mendorong ia untuk memiliki minat dalam membaca.

Kebiasaan membaca merupakan hal positif yang perlu ditanamkan sejak dini supaya si Kecil tidak merasa berat saat harus membaca buku pelajaran. Dari membaca, si Kecil akan mengenal dan mempelajari banyak hal baru.

Heading 3: Melatih Kreativitas

Baca Juga:  Anak Berjalan Jinjit, Normal Nggak Sih?

Selain imajinasi, si Kecil juga membutuhkan kreativitas, Bu. Dari kegiatan mendongeng, ia akan terlatih untuk memperagakan jalan cerita atau menceritakan ulang dongeng anak sebelum tidur yang Bunda bacakan.

Kreativitas dapat terus mengasah otak si Kecil untuk berpikir dan berhasil menciptakan sesuatu. Anak yang kreatif juga cenderung lebih terampil dan bisa menyelesaikan suatu masalah.

Heading 3: Belajar Membaca

Si Kecil tidak sekedar mendengarkan saat Bunda membacakan dongeng anak sebelum tidur, tapi ia juga memerhatikan cara Bunda membaca. Dari sini, si Kecil pun dapat sekaligus belajar membaca, Bu.

Bila Bunda rutin membacakan dongeng anak sebelum tidur, bisa jadi ia sudah mampu membaca di saat teman seusianya yang tidak dibacakan dongeng dengan rutin.

Heading 3: Menambah Wawasan

Mendengarkan dongeng anak sebelum tidur juga turut menambah wawasan si Kecil lho, Bu. Dari cerita yang Bunda bacakan, ia akan memperoleh banyak ilmu baru yang kemudian diserap oleh otak sebagai informasi. Dengan banyaknya wawasan yang ia miliki, maka si Kecil pun jadi lebih pintar dan unggul di bidang akademis.

Heading 3: Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara

Kemampuan bahasa dan bicara si Kecil perlu distimulasi supaya bisa berkembang secara optimal. Membacakan dongeng anak sebelum tidur menjadi salah satu cara efektif untuk menstimulasinya, karena dari sini si Kecil mendapatkan banyak hal. Saat Bunda mendongeng untuknya, kosa katanya akan bertambah.

Ia juga akan belajar memahami pengucapan dan makna kata. Jika kegiatan ini dimulai sejak si Kecil masih bayi, maka keterampilannya dalam berbahasa dan berbicara pun akan terlatih dengan baik.

Heading 3: Meningkatkan Bonding Antara Bunda dan Buah Hati

Waktu dongeng anak sebelum tidur menjadi bentuk quality time Bunda dan buah hati. Dari sini, kedekatan di antara Bunda dan si Kecil dapat terjalin dengan lebih erat. Kedekatan ini dapat berpengaruh pada pembentukan karakternya lho, Bu. Jadi, seringlah menghabiskan waktu bersama buah hati.

Baca Juga:  Rekomendasi Daycare di Depok Terbaik dan Kisaran Harganya

Tak disangka dari kegiatan yang terlihat sederhana ini manfaatnya begitu besar dan banyak ya, Bu. Maka dari itu, luangkanlah waktu di malam hari untuk menemani si Kecil tidur sembari membacakan dongeng anak sebelum tidur.

Agar daya tangkap meningkat dan si Kecil mendapatkan manfaat dongeng sebelum tidur dengan maksimal, Bunda juga perlu memberikan nutrisi yang dapat mendukung perkembangan otaknya. Sebelum tidur, Bunda bisa memberikan susu yang mengandung DHA dan 9AAE yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan otak anak serta tumbuh kembangnya.

Minum segelas susu sebelum tidur memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil, diantaranya:

– Membantu meningkatkan kecerdasan si Kecil
– Meningkatkan daya tahan tubuh agar si Kecil tumbuh kuat
– Menjaga kesehatan tulang dan gigi si Kecil
– Membantu tubuh si Kecil lebih rileks dan tidur nyenyak
– Mengurangi kebiasaan makan tengah malam
– Menambah berat badan si Kecil dengan cara yang sehat

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Dengan membacakan dongeng anak sebelum tidur dan memberikan nutrisi yang tepat, Bunda dapat memberikan dukungan terbaik bagi tumbuh kembang si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com