Mengenal Floor Time, Stimulasi untuk Kecerdasan Anak

Mengenal Floor Time: Stimulasi untuk Kecerdasan Anak

Pernahkah Anda mendengar istilah floor time? Apakah Anda tahu apa itu dan bagaimana cara melakukannya untuk meningkatkan kecerdasan anak? Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai floor time dan pentingnya stimulasi ini dalam perkembangan anak. Mari kita cari tahu lebih lanjut.

Floor time adalah sebuah teknik yang digunakan untuk merangsang perkembangan anak melalui interaksi dan bermain di lantai. Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Stanley Greenspan, seorang psikiater anak yang terkenal, dan menjadi salah satu pendekatan yang populer dalam terapi perkembangan anak. Tujuan utama dari floor time adalah membangun hubungan emosional yang kuat antara orangtua dan anak, serta mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif anak.

Pada dasarnya, floor time melibatkan interaksi antara orangtua dan anak di lantai selama 20-30 menit setiap harinya. Selama sesi ini, orangtua akan bermain bersama anak mereka dengan menggunakan berbagai permainan dan mainan yang menarik bagi anak. Tujuan utama dari floor time adalah untuk memperluas dunia anak, membangun keterampilan motorik, dan merangsang perkembangan emosional anak.

Ada beberapa kunci elemen yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan floor time. Pertama, biarkan anak bereksplorasi dan memperkaya pengalamannya sendiri. Jangan terlalu banyak mengarahkan atau mengontrol aktivitas anak, biarkan mereka mengeksplorasi dunia mereka sendiri. Kedua, dengarkan dan hargai apa yang dikatakan anak. Berikan perhatian penuh ketika anak berbicara dan mencoba memahami dunia mereka melalui kata-kata mereka. Ketiga, dorong daya imajinatif anak. Berikan kesempatan bagi anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Misalnya, melihat pola yang berbeda dari sebuah bayangan sinar. Terakhir, jika ada jeda dalam interaksi, lihatlah apa yang akan dilakukan anak selanjutnya. Ingatlah bahwa anak biasanya akan melakukan sesuatu, bahkan jika itu hanya berkeliling ruangan.

Baca Juga:  4 Cara Menggambar Hewan Bersama Si Kecil, Yuk Coba!

Melakukan floor time secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak. Pertama-tama, floor time dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar anak. Dengan bermain di lantai, anak akan terbiasa dengan gerakan tubuh seperti berguling, merangkak, dan berjalan. Ini akan membantu memperkuat otot-otot mereka dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi gerakan. Selain itu, floor time juga dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus anak, seperti mewarnai dan menggambar.

Selain manfaat motorik, floor time juga berperan penting dalam perkembangan emosional anak. Melalui interaksi yang intens dengan orangtua, anak akan belajar mengenali dan mengungkapkan emosi mereka secara lebih baik. Mereka juga akan belajar mengenali emosi orang lain dan berbagi perasaan mereka. Ini akan membantu anak dalam mengembangkan keterampilan sosial dan kemampuan berkomunikasi.

Selama sesi floor time, penting bagi orangtua untuk memberikan pujian dan penghargaan kepada anak. Ini akan membuat anak merasa senang dan termotivasi untuk terlibat dalam kegiatan tersebut. Selain itu, penting juga untuk tidak memaksakan anak bermain sesuai dengan keinginan kita. Biarkan anak memimpin permainan dan mengikuti minat dan keinginannya sendiri. Jika anak tidak merespon dengan baik, cobalah untuk memancing perhatiannya dengan menggunakan mainan atau gerakan yang menarik.

Selain melakukan floor time di rumah, kita juga dapat mencari tempat-tempat yang menyediakan fasilitas bermain yang aman dan menarik bagi anak. Beberapa taman bermain atau pusat permainan anak memberikan kesempatan bagi anak untuk berinteraksi dengan anak-anak lain dan mengembangkan keterampilan sosial mereka. Ini juga dapat menjadi kesempatan bagi orangtua untuk bertemu dengan orangtua lain dan berbagi pengalaman dalam mengasuh anak.

Dalam melakukan floor time, penting juga untuk memperhatikan keamanan anak. Pastikan lantai bersih dari benda-benda tajam atau berbahaya lainnya. Jaga juga kebersihan dan higienis ruangan tempat anak bermain, terutama jika kita tidak memainkan floor time di rumah sendiri.

Baca Juga:  6 Tips Memilih Tas Sekolah Untuk si Kecil

Dalam melakukan floor time, kesabaran dan ketekunan sangatlah penting. Setiap anak memiliki minat dan kebutuhan yang berbeda, jadi kita perlu menyesuaikan permainan dan aktivitas dengan minat dan keinginan mereka. Jangan terlalu fokus pada tujuan atau hasil akhir, tapi nikmati proses bermain dan berinteraksi dengan anak. Ingatlah bahwa floor time bukanlah tentang menuntut anak untuk mencapai prestasi tertentu, tapi tentang memberikan kesempatan kepada mereka untuk tumbuh dan berkembang secara alami.

Dalam kesimpulannya, floor time adalah sebuah teknik yang efektif untuk merangsang perkembangan anak. Melalui interaksi dan bermain di lantai, anak dapat mengembangkan keterampilan motorik, emosional, dan sosial mereka. Penting bagi orangtua untuk meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan floor time bersama anak. Dengan kesabaran dan ketekunan, kita dapat melihat perkembangan anak yang pesat dan membanggakan.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan anak Anda, jangan lupakan pentingnya floor time. Sediakan waktu khusus setiap hari untuk bermain bersama anak di lantai, dan nikmatilah momen-momen berharga bersama mereka. Dengan memberikan stimulasi yang tepat dan kasih sayang yang tak terbatas, Anda akan melihat anak Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas, bahagia, dan sukses. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com