Daftar Psikolog & Konselor Pernikahan di Wilayah Jakarta


Pernikahan adalah institusi yang sakral dan penting dalam kehidupan manusia. Namun, tidak selamanya pernikahan berjalan mulus tanpa adanya masalah. Setiap pasangan suami istri pasti akan menghadapi masalah dalam perjalanannya. Masalah-masalah ini bisa berasal dari berbagai aspek kehidupan, seperti komunikasi yang buruk, perbedaan nilai dan tujuan, keuangan, perselingkuhan, atau masalah emosional.

Penting bagi pasangan suami istri untuk menyadari bahwa perceraian bukanlah satu-satunya solusi ketika menghadapi masalah dalam pernikahan. Terlalu sering kita melihat di sekitar kita bahwa begitu ada masalah, pasangan suami istri langsung memilih untuk bercerai. Padahal, perceraian bukanlah jalan keluar yang selalu terbaik. Perceraian dapat berdampak negatif pada kedua belah pihak, terutama jika ada anak yang terlibat.

Sebelum memutuskan untuk bercerai, ada baiknya mencari bantuan dari konselor atau psikolog pernikahan. Konseling pernikahan adalah proses di mana pasangan suami istri bekerja sama dengan seorang profesional untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang mereka hadapi dalam pernikahan mereka. Konselor atau psikolog pernikahan akan membantu pasangan untuk memahami sumber masalah, meningkatkan komunikasi, mengembangkan strategi penyelesaian masalah, dan membangun kembali kepercayaan.

Salah satu alasan mengapa konseling pernikahan penting adalah karena masalah dalam pernikahan seringkali berakar dari masalah yang lebih dalam, seperti trauma masa lalu, kecemasan, atau depresi. Konselor atau psikolog pernikahan memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dapat membantu pasangan untuk mengatasi masalah ini. Mereka juga dapat membantu pasangan untuk mengidentifikasi pola-pola negatif dalam hubungan mereka dan mengajarkan keterampilan baru untuk mengatasi masalah.

Selain itu, konseling pernikahan juga dapat membantu pasangan untuk meningkatkan komunikasi mereka. Komunikasi yang buruk seringkali menjadi penyebab utama masalah dalam pernikahan. Pasangan suami istri mungkin sulit untuk saling mendengarkan, mengungkapkan perasaan dengan jelas, atau memahami perspektif satu sama lain. Konselor atau psikolog pernikahan akan membantu pasangan untuk belajar cara berkomunikasi dengan efektif, sehingga mereka dapat saling memahami dan bekerja sama untuk memecahkan masalah.

Baca Juga:  Hindari 6 Hal Berikut Agar Otak si Kecil Berkembang Optimal

Selain itu, konseling pernikahan juga dapat membantu pasangan untuk mengatasi perbedaan nilai dan tujuan dalam pernikahan mereka. Setiap pasangan suami istri memiliki nilai dan tujuan yang berbeda-beda. Konflik sering terjadi ketika nilai dan tujuan ini bertentangan satu sama lain. Konselor atau psikolog pernikahan akan membantu pasangan untuk memahami perbedaan ini dan mencari cara untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Dalam konseling pernikahan, pasangan suami istri juga akan diajarkan keterampilan penyelesaian masalah. Pasangan akan belajar cara mengidentifikasi masalah, mencari solusi yang memuaskan kedua belah pihak, dan mengimplementasikan solusi tersebut. Keterampilan penyelesaian masalah ini akan membantu pasangan untuk mengatasi masalah dengan lebih efektif dan mencegah masalah yang sama muncul kembali di masa depan.

Selain itu, konseling pernikahan juga dapat membantu pasangan untuk membangun kembali kepercayaan satu sama lain. Ketika ada masalah dalam pernikahan, kepercayaan seringkali rusak. Konselor atau psikolog pernikahan akan membantu pasangan untuk memperbaiki kepercayaan yang rusak melalui komunikasi yang jujur, kesetiaan, dan kejujuran.

Mencari bantuan dari konselor atau psikolog pernikahan bukanlah tanda kelemahan atau kegagalan dalam pernikahan. Sebaliknya, mencari bantuan ini adalah tanda bahwa pasangan suami istri peduli dengan pernikahan mereka dan ingin memperbaiki hubungan mereka. Konseling pernikahan dapat membantu pasangan untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi, memperkuat ikatan emosional mereka, dan mencapai kehidupan pernikahan yang lebih bahagia dan harmonis.

Bagi pasangan suami istri yang sedang mencari referensi konselor atau psikolog pernikahan, ada beberapa nama yang dapat menjadi pilihan. Salah satunya adalah Anna Surti Ariani, seorang psikolog yang concern dengan masalah anak dan keluarga. Anna Surti Ariani memiliki klinik terpadu di Fakultas Psikologi UI, Depok. Pasangan suami istri dapat menghubungi nomor telepon 021-78881150 untuk membuat janji konseling.

Baca Juga:  3 Nutrisi Ikan untuk MPASI Agar si Kecil Cermat dan Kuat

Selain Anna Surti Ariani, ada juga Tara Adhisti de Thouars, seorang psikolog yang memiliki blog konseling pernikahan. Tara Adhisti de Thouars juga bekerja di Sanatorium Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Pasangan suami istri dapat menghubungi nomor telepon 021-739 4484 untuk informasi biaya dan membuat janji konseling.

Selain itu, ada juga Kasandra Putranto, seorang psikolog yang bekerja di Kassandra & Associates, Jakarta Selatan. Pasangan suami istri dapat mengunjungi website www.kasandraassociates.com atau menghubungi nomor telepon (021) 7392068 untuk membuat janji konseling.

A. Ratih Andjayani Ibrahim, seorang psikolog juga merupakan pilihan yang dapat dipertimbangkan. A. Ratih Andjayani Ibrahim memiliki klinik Personal Growth di Meruya, Jakarta. Pasangan suami istri dapat menghubungi nomor telepon (021) 58906870 untuk membuat janji konseling.

Selain itu, ada juga Arie Radyaswati, seorang psikolog yang bekerja di PKPT Pusat Konsultasi Psikologi Terapan Univ Pancasila. Pasangan suami istri dapat menghubungi nomor telepon 7872462, 7871325, atau 0811808570 untuk membuat janji konseling.

Selain konselor dan psikolog pernikahan, ada juga Yayasan Pulih yang dapat menjadi pilihan. Yayasan Pulih merupakan lembaga yang fokus pada pemulihan dan pemulangan korban perdagangan manusia. Namun, mereka juga menyediakan layanan konseling pernikahan. Pasangan suami istri dapat mengunjungi website www.pulih.or.id atau menghubungi nomor telepon +62-21-78842580 untuk informasi lebih lanjut.

Selain itu, ada beberapa nama lain yang dapat menjadi pilihan, seperti MG Yulistin Puspaningrum, seorang psikolog yang dapat dihubungi melalui email [email protected], Tika Bisono, seorang konselor pernikahan yang bekerja di PT. Tibis Sinergi, atau Indra Noveldy, seorang relationship coach dan marriage counselor. Informasi kontak lebih lanjut dapat ditemukan di artikel ini.

Dalam mencari konselor atau psikolog pernikahan, penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pasangan suami istri. Setiap konselor atau psikolog memiliki pendekatan dan metode yang berbeda-beda. Pasangan suami istri perlu memastikan bahwa mereka merasa nyaman dan percaya dengan konselor atau psikolog yang dipilih.

Baca Juga:  Review Film Dear David: Sebuah Catatan Tentang Seksualitas Remaja

Menghadapi masalah dalam pernikahan bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan bantuan dan dukungan yang tepat, pasangan suami istri dapat mengatasi masalah ini dan membangun kembali hubungan yang kuat dan bahagia. Mencari bantuan dari konselor atau psikolog pernikahan adalah langkah yang bijaksana dan penting dalam menjaga keutuhan pernikahan. Jadi, sebelum memutuskan untuk bercerai, pertimbangkan untuk mencari bantuan terlebih dahulu.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com