Serba-Serbi Wajan Cast Iron

Apa itu cast iron?

Cast iron merupakan bahan metal yang terbuat dari perpaduan beberapa logam seperti besi kemudian dipanaskan hingga meleleh, dan dicetak dalam berbagai bentuk, salah satunya dibentuk menjadi wajan. Cast iron memiliki sifat yang unik karena memiliki kemampuan untuk mengalir saat masih dalam keadaan cair sehingga dapat dicetak dalam berbagai bentuk. Keistimewaan cast iron juga terletak pada kekuatannya yang tahan terhadap deformasi dan keausan, serta kandungan karbon yang membuatnya bisa dilas. Itulah mengapa cast iron menjadi bahan yang ideal untuk membuat wajan.

Proses pembuatan cast iron dimulai dengan memanaskan logam besi hingga mencapai suhu lelehan. Kemudian, logam besi yang sudah meleleh dicetak dalam cetakan yang sudah disiapkan. Setelah proses pengecoran selesai, wajan cast iron akan dibiarkan mendingin dan mengeras sehingga membentuk struktur yang kuat dan tahan lama.

Cast iron bisa digunakan untuk semua masakan?

Sebenarnya, cast iron dapat digunakan untuk mengolah berbagai jenis masakan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan wajan cast iron. Salah satu hal yang perlu diingat adalah adanya kemungkinan rasa logam yang sedikit terasa pada masakan, terutama saat memasak bahan makanan yang bersifat asam seperti saus tomat. Hal ini disebabkan oleh reaksi antara zat asam dengan logam, yang menyebabkan partikel logam dapat meresap ke dalam makanan.

Namun, risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh penggunaan wajan cast iron sangat rendah. Rasa logam yang mungkin terasa pada masakan hanya bersifat sementara dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan wajan cast iron untuk memasak makanan sehari-hari.

Ada beberapa jenis masakan yang lebih cocok dimasak menggunakan wajan cast iron. Salah satunya adalah steak. Mengolah steak di atas wajan cast iron akan menghasilkan hasil yang optimal. Anda juga bisa menggunakan wajan cast iron untuk mengolah sate atau bahan makanan yang di-grill. Dalam hal ini, disarankan menggunakan minyak seperti peanut oil, canola oil, grapeseed oil, atau avocado oil karena minyak-minyak tersebut memiliki titik asap yang tinggi.

Baca Juga:  Serba-Serbi Kecerdasan Bahasa

Cara merawat wajan cast iron

Merawat wajan cast iron sangat penting untuk menjaga keawetannya. Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam merawat wajan cast iron:

1. Setelah membeli wajan cast iron, cuci wajan dengan air panas dan sabun cuci piring. Pastikan wajan kering dengan cara mengeringkannya di atas api kecil. Setelah itu, oleskan sedikit minyak pada seluruh permukaan wajan dengan menggunakan tisu dapur. Panaskan wajan di atas kompor atau oven selama 30 menit. Setelah itu, simpan wajan cast iron di tempat yang kering dan bebas air agar tidak berkarat. Proses ini akan membentuk lapisan anti lengket pada wajan cast iron.

2. Langsung membersihkan wajan setelah selesai memasak sangat penting. Jangan biarkan sisa makanan seperti telur atau saus mengering dan lengket pada wajan. Bersihkan wajan dengan menggunakan tisu dapur jika tidak terlalu kotor, atau mencuci dengan air panas dan sabun jika kotoran membandel. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan garam untuk menggosoknya dan dilap dengan lap bersih.

3. Hindari mencuci wajan cast iron dengan menggunakan sabun dan air saja. Sabun dapat menghilangkan lapisan anti lengket yang ada pada wajan. Jika wajan tidak terlalu kotor, cukup mengelapnya saja dengan tisu dapur. Namun, jika wajan kotor dan perlu dicuci dengan sabun, pastikan untuk membersihkannya dengan seksama dan mengeringkannya dengan baik sebelum menyimpannya.

4. Salah satu tips lain dalam membersihkan wajan cast iron adalah dengan menuangkan segelas air panas saat masih di atas kompor, lalu setelah wajan dapat dipegang, segera cuci wajan dengan air dan sabun. Hal ini akan membantu mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel pada wajan.

Baca Juga:  Jam Tidur yang Dibutuhkan Anak Remaja

5. Hindari meninggalkan wajan cast iron di dalam bak cuci piring dan terendam air dingin. Hal ini dapat menyebabkan permukaan wajan retak dan berkarat. Sebaiknya, segera keringkan wajan setelah membersihkannya dan simpan di tempat yang kering.

Beberapa merk wajan cast iron yang banyak diminati

Berikut ini beberapa merk wajan cast iron yang banyak diminati oleh para ibu-ibu:

1. Bima Chinese Wok
2. Lodge Deep Skillet
3. Modena Grilled Plate
4. Lodge Cast Iron Grilled Pan
5. Le Creuset Dutch Oven

Masing-masing merk memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Harga wajan cast iron juga bervariasi, dengan Le Creuset Dutch Oven menjadi wajan cast iron termahal dengan harga sekitar 13 juta rupiah. Namun, kualitas dan keawetan wajan cast iron dari merk tersebut sudah terbukti sehingga sebanding dengan harganya.

Jadi, jika Anda ingin memasak dengan menggunakan wajan cast iron, pastikan untuk memilih merk yang terpercaya dan merawatnya dengan baik. Dengan perawatan yang tepat, wajan cast iron akan tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba memasak dengan wajan cast iron!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com