10 Rekomendasi Suplemen Probiotik dan Prebiotik Untuk Kesehatan Usus


Rekomendasi Suplemen Probiotik dan Prebiotik untuk Kesehatan Usus

Pentingnya menjaga kesehatan usus tidak bisa dianggap remeh. Usus merupakan organ vital dalam tubuh kita yang memiliki peran penting dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi. Namun, kondisi modern seperti pola makan yang tidak sehat, stres, dan penggunaan antibiotik seringkali dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam usus kita. Untuk menjaga kesehatan usus, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi suplemen probiotik dan prebiotik.

Apa itu probiotik dan prebiotik? Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan kita, terutama dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Sedangkan prebiotik adalah serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam usus.

Suplemen probiotik dan prebiotik dapat membantu mempertahankan bakteri baik di dalam usus, mengurangi kembung, dan yang sangat penting, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para ahli merekomendasikan untuk memilih produk probiotik dengan setidaknya 1 miliar unit pembentuk koloni (CFU) per dosis harian. Penelitian juga menunjukkan bahwa beberapa strain probiotik lebih efektif daripada yang lain dalam mengobati kondisi tertentu. Oleh karena itu, penting untuk memilih probiotik yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi suplemen probiotik dan prebiotik yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjaga kesehatan usus Anda:

1. Garden of Life Raw Microbiome Ultimate Care

Suplemen ini mengandung 100 miliar CFU dan 34 strain bakteri baik, termasuk lactobacillus dan bifidobacterium. Dengan mengonsumsi satu kapsul sehari, Anda sudah mendapatkan dosis probiotik yang cukup untuk menjaga kesehatan usus Anda. Formulanya dibuat dengan menggunakan yoghurt Bulgaria dan kefir liar, serta mengandung buah dan sayuran mentah Eropa Timur seperti ceri, prem, dan wortel. Suplemen ini bebas gluten, namun mengandung susu, sehingga tidak cocok untuk vegan atau mereka yang intoleran terhadap laktosa.

Baca Juga:  Ketika Anak Demam, Bagian Tubuh Tertentu Malah Dingin, Bahayakah?

2. Wellgard Vitaflora 20 Billion CFU Probiotics for Women

Suplemen ini mengandung 20 miliar CFU dari tiga jenis bakteri hidup, termasuk lactobacillus plantarum dan bifidobacterium animalis. Suplemen ini dirancang khusus untuk wanita dan dapat membantu mendukung kesehatan saluran kemih. Mengonsumsi satu kapsul sehari sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Renew Life Kids Probiotic

Suplemen ini dirancang khusus untuk anak-anak. Mengandung tiga miliar bakteri yang dikembangkan dan enam jenis strain bakteri baik, suplemen probiotik ini memiliki rasa berry yang disukai oleh anak-anak. Selain itu, produk ini bebas gula, susu, gluten, perisa, pewarna, atau pemanis buatan.

4. Indi Body

Suplemen ini menggabungkan kultur probiotik lactobacillus acidophilus dan serat prebiotik dari akar chicory dengan vitamin dan bahan peningkat kekebalan tubuh lainnya. Suplemen ini juga mengandung acai, maca, jamur reishi, daun kelor, dan purple carrot yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Dengan mengonsumsi satu kapsul Indi Body setiap hari, Anda dapat mendukung pencernaan yang sehat, menstabilkan suasana hati, dan mengurangi kelelahan. Suplemen ini cocok untuk vegan, bebas gluten, susu, dan kedelai, serta tidak mengandung tambahan gula, pengawet, atau agen bulking.

5. Bio-Kult Boosted

Suplemen ini mengandung 14 jenis bakteri hidup, termasuk lactobacillus dan bifidobacterium. Mengonsumsi satu kapsul sehari sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Salah satu keunggulan suplemen ini adalah dapat dikonsumsi bersamaan dengan antibiotik, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus Anda.

6. The Nue Co Prebiotic + Probiotic

Suplemen ini mengandung kombinasi antara bakteri probiotik dan serat prebiotik. Selain itu, suplemen ini juga mengandung inulin prebiotik dari akar artichoke Yerusalem. Dengan mengonsumsi suplemen ini, Anda dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi kembung.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Les Renang Anak dan Kisaran Biayanya

7. Inessa Advanced Biotic Complex

Suplemen ini dirancang khusus untuk mereka yang memiliki masalah sistem pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa (IBD). Mengandung 50 miliar organisme dan tujuh strain probiotik, suplemen ini dapat membantu mengurangi peradangan usus besar dan menenangkan usus. Suplemen ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan dari keracunan makanan dan penyakit perut.

8. Performance Lab Prebiotic

Suplemen ini mengandung inulin-FOS dari akar chicory yang dapat menyehatkan koloni probiotik di dalam usus. Selain itu, suplemen ini juga dapat mendukung kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, kesehatan tulang, dan menjaga berat badan. Cangkang kapsul suplemen ini terbuat dari bahan nabati alami dan bebas alergen.

9. Kalla for Relief

Suplemen ini mengandung lactobacillus plantarum hidup yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan baik. Suplemen ini berbentuk bubuk sehingga mudah dicampur ke dalam air atau smoothie, atau dapat ditaburkan di atas makanan dingin.

10. Align Probiotic Extra Strength

Suplemen ini mengandung Bifidobacterium longum 35624, strain probiotik yang telah diteliti perannya dalam kesehatan pencernaan. Setiap kapsul mengandung 5 miliar bakteri hidup dan 50.000.000 CFU. Keunggulan produk ini adalah tidak memerlukan pendinginan, sehingga cocok untuk Anda yang sering bepergian. Namun, suplemen ini mengandung sejumlah kecil laktosa, sehingga tidak cocok untuk mereka yang memiliki intoleransi laktosa parah.

Dari 10 rekomendasi suplemen probiotik dan prebiotik di atas, Anda dapat memilih yang paling cocok untuk Anda atau anggota keluarga Anda. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dan dosis yang dianjurkan sebelum mengonsumsinya. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Baca Juga:  Infografik: DOSE, Semua Tentang Hormon Kebahagiaan

Selain mengonsumsi suplemen probiotik dan prebiotik, penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, penting juga untuk menghindari makanan yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri di dalam usus, seperti makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula.

Dengan menjaga kesehatan usus Anda, Anda juga akan merasakan manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Jadi, jangan lupakan pentingnya menjaga kesehatan usus Anda dengan mengonsumsi suplemen probiotik dan prebiotik yang tepat.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com