Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam


Cirebon, sebuah kota di Jawa Barat yang kini semakin dilirik menjadi destinasi wisata. Selain keindahan alamnya yang memesona, Cirebon juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah menarik. Salah satu menu yang layak dicoba adalah Nasi Lengko, hidangan khas Cirebon yang menggoda selera.

Nasi Lengko merupakan hidangan yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan beragam lauk dan bumbu khas Cirebon. Lauk yang biasanya disajikan adalah tempe, oncom, tauge, timun, kucai, dan bawang goreng. Sedangkan bumbu khasnya adalah sambal lengko yang terbuat dari kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah.

Untuk membuat Nasi Lengko Cirebon, kita membutuhkan beberapa bahan utama. Pertama-tama, kita butuh 125 gram beras untuk menanak nasi. Selain itu, kita juga membutuhkan 120 gram tempe, 100 gram oncom, 50 gram tauge Jepang, 1 buah timun ukuran kecil, 5 gram kucai, 5 gram bawang goreng, dan 40 ml kecap manis.

Selain itu, kita juga perlu membuat sambal lengko yang menjadi saus utama dalam hidangan ini. Untuk membuat sambal lengko, kita perlu menyiapkan 100 gram kacang tanah, 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai rawit, dan 3 buah cabai merah. Semua bahan tersebut perlu digoreng terlebih dahulu, kemudian di-blender hingga kasar. Setelah itu, tambahkan garam secukupnya dan 100 ml air matang.

Selain Nasi Lengko, kita juga bisa menambahkan Sate Ayam sebagai lauk tambahan. Untuk membuat Sate Ayam, kita perlu menyiapkan dada ayam yang dipotong dadu sebanyak 200 gram. Lumuri daging ayam dengan garam secukupnya, lalu tusuk-tusukkan pada tusukan sate sebanyak 8 tusuk.

Untuk membuat bumbu Sate Ayam, kita perlu menyiapkan 80 ml kecap manis, 10 gram bawang merah cincang kasar, dan 1 buah cabe rawit merah iris-iris tipis. Bumbu-bumbu tersebut perlu dicampurkan dan digunakan sebagai bumbu untuk memanggang sate ayam.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Produk Pengusir Tikus dan Kecoak

Setelah semua bahan dan bumbu siap, kita bisa mulai memasak Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam. Pertama-tama, kita akan memasak sate ayam terlebih dahulu. Panaskan wajan tanpa minyak, kemudian panggang sate ayam dengan api sedang hingga matang. Balik setiap menit-nya agar tidak gosong. Di menit ke-3, campurkan setengah bagian bumbu sate ayam, aduk rata, dan masak kembali. Setelah matang, angkat sate ayam dan sajikan dengan sisa bumbu sate ayam yang ada.

Selanjutnya, kita akan memasak nasi Lengko Cirebon. Panaskan 200 ml minyak dalam wajan sedang, kemudian goreng tempe dan oncom dengan api sedang selama 3 menit. Angkat dan tiriskan.

Setelah nasi matang, kita akan menyajikan nasi Lengko Cirebon dengan tampilan yang menarik. Susun nasi, tempe, oncom, tauge, timun, dan kucai di atas piring saji sesuai selera. Siram nasi dengan sambal lengko, kecap manis, dan taburi bawang goreng secukupnya. Sajikan bersama sate ayam yang sudah matang sebelumnya.

Dengan begitu, kita bisa menikmati hidangan Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam yang lezat dan menggugah selera. Hidangan ini memiliki cita rasa yang khas, dengan kombinasi nasi yang pulen, lauk yang gurih, dan saus yang pedas. Selain itu, tampilan hidangan ini juga sangat menarik, membuat siapa pun yang melihatnya menjadi lapar dan ingin segera mencicipinya.

Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam juga bisa menjadi alternatif menu yang menarik untuk acara makan bersama keluarga atau teman-teman. Hidangan ini dapat disajikan dalam suasana yang formal maupun santai. Rasanya yang enak dan tampilan yang menarik akan membuat acara makan Anda semakin spesial dan berkesan.

Tidak hanya itu, Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam juga memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh. Tempe dan oncom yang menjadi lauk utama dalam hidangan ini mengandung banyak protein nabati yang baik untuk kesehatan. Selain itu, tauge juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Timun dan kucai juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:  Bakti Mulya 400, SD Bernapaskan Islam yang Jadi Favorit Teman-Teman Saya

Dengan membuat sendiri Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam, kita juga bisa mengontrol kualitas dan kebersihan bahan-bahan yang digunakan. Kita bisa memilih beras yang berkualitas dan segar, serta memastikan bahwa semua bahan lainnya juga segar dan bersih. Dengan begitu, kita bisa lebih yakin akan kebersihan dan kesehatan hidangan yang kita konsumsi.

Selain itu, dengan membuat sendiri Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam, kita juga bisa menghemat pengeluaran. Harga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hidangan ini relatif terjangkau, sehingga kita bisa menikmati hidangan lezat ini tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Selain itu, kita juga bisa mengatur porsi dan jumlah hidangan sesuai dengan kebutuhan kita.

Dalam proses memasak Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam, kita juga bisa mengajak keluarga atau teman-teman untuk ikut serta. Proses memasak bersama ini bisa menjadi momen yang menyenangkan dan mempererat hubungan antara anggota keluarga atau teman-teman. Selain itu, dengan melibatkan orang lain dalam proses memasak, kita juga bisa saling belajar dan bertukar resep serta pengalaman memasak.

Dalam kesimpulan, Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam adalah hidangan khas Cirebon yang sangat lezat dan menggugah selera. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan beragam lauk dan bumbu khas Cirebon. Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam bisa menjadi alternatif menu yang menarik untuk acara makan bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, dengan membuat sendiri hidangan ini, kita juga bisa mengontrol kualitas, kebersihan, dan pengeluaran. Jadi, yuk coba buat sendiri Nasi Lengko Cirebon dan Sate Ayam di rumah dan nikmati kelezatannya!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com