Merk Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM RI, Waspada dan Hindari!


Heading 2: Skincare dan Kosmetik Berbahaya
Skincare dan kosmetik merupakan produk yang sering digunakan untuk merawat kulit wajah. Banyak orang yang menggunakan skincare dan kosmetik dengan harapan dapat memperoleh kulit yang cerah dan tidak kusam. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua produk skincare dan kosmetik aman digunakan. Ada beberapa produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya, salah satunya adalah merkuri.

Merkuri adalah salah satu bahan berbahaya yang sering digunakan dalam produk skincare dan kosmetik. Bahan ini telah lama diketahui dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, terutama pada kulit. Penggunaan produk yang mengandung merkuri dapat menyebabkan lapisan kulit menipis dan merusak saluran pencernaan, sistem saraf, dan ginjal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk berhati-hati dalam memilih skincare dan kosmetik yang aman digunakan.

Heading 3: Daftar Kosmetik Berbahaya yang Mengandung Merkuri
Baru-baru ini, Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI (BPOM RI) merilis daftar kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri. BPOM RI melakukan pemetaan data kerawanan kejahatan produk kosmetika bermerkuri di Indonesia. Mereka melakukan identifikasi nama produk kosmetika yang mengandung merkuri berdasarkan Public Warning Badan POM tahun 2003-2020 serta meneliti data Sistem Informasi Pelaporan Terpadu (SIPT) 2.0 Badan POM tahun 2017-2019. Selain itu, BPOM juga mengidentifikasi produk kosmetika yang mengandung merkuri berdasarkan data kerawanan kejahatan yang dilaporkan oleh Balai Besar Loka POM pada periode 1 Januari 2018 hingga 15 September 2020.

Berikut adalah beberapa produk kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri yang paling banyak beredar di Indonesia:

1. Temulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening Cream – Night
Temulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening Cream – Night adalah salah satu produk kosmetik yang mengandung merkuri. Merkuri dalam produk ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan organ tubuh lainnya jika digunakan secara terus-menerus.

Baca Juga:  Ajari si Kecil Mandiri Mulai dari Buat Sendiri Susu Cokelat Favoritnya

2. Natural 99 Vitamin E
Natural 99 Vitamin E juga termasuk dalam daftar kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri. Penggunaan produk ini dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan pada kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

3. HN
Produk kosmetik dengan merk HN juga ditemukan mengandung merkuri. Penggunaan produk ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan organ tubuh lainnya.

4. SP Special UV Whitening Cream
SP Special UV Whitening Cream adalah salah satu produk kosmetik yang mengandung merkuri. Penggunaan produk ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan efek samping yang tidak diinginkan.

5. Pemutih Dokter
Pemutih Dokter juga termasuk dalam daftar kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri. Penggunaan produk ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Heading 3: Pentingnya Menghindari Kosmetik Berbahaya
Menghindari kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh kita. Penggunaan produk kosmetik yang mengandung merkuri dapat menyebabkan berbagai efek samping yang tidak diinginkan, baik pada kulit maupun kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebelum membeli dan menggunakan produk skincare dan kosmetik, kita perlu memeriksa terlebih dahulu kandungan bahan-bahannya.

Heading 3: Bagaimana Memilih Produk Skincare dan Kosmetik yang Aman?
Untuk memilih produk skincare dan kosmetik yang aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, periksa label produk. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Baca dengan teliti daftar bahan yang tertera pada label produk dan pastikan tidak ada kandungan merkuri.

Kedua, perhatikan sertifikasi produk. Pilih produk yang telah memiliki sertifikasi dari lembaga yang terpercaya, seperti BPOM RI. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk telah melewati uji keamanan dan telah diizinkan untuk digunakan.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Kursus Musik Anak untuk Kembangkan Bakatnya!

Ketiga, cari informasi tentang produk dari sumber yang terpercaya. Selain membaca label produk, kita juga perlu mencari informasi tentang produk tersebut melalui sumber-sumber yang terpercaya, seperti situs resmi produsen atau BPOM RI. Dengan begitu, kita dapat memperoleh informasi yang akurat tentang produk tersebut.

Keempat, perhatikan testimonial pengguna. Melihat testimonial pengguna dapat memberikan gambaran tentang kualitas dan keamanan produk. Jika banyak pengguna yang memberikan testimonial positif tentang produk tersebut, kemungkinan besar produk tersebut aman digunakan.

Heading 3: Kesimpulan
Skincare dan kosmetik dapat membantu merawat kulit wajah dan memberikan hasil yang diinginkan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua produk skincare dan kosmetik aman digunakan. Beberapa produk mengandung bahan berbahaya, seperti merkuri, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berhati-hati dalam memilih produk skincare dan kosmetik yang aman digunakan. Periksa label produk, perhatikan sertifikasi, cari informasi dari sumber yang terpercaya, dan perhatikan testimonial pengguna sebelum membeli dan menggunakan produk. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kita dapat menjaga kesehatan kulit dan tubuh kita serta menghindari efek samping yang tidak diinginkan dari produk skincare dan kosmetik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com