5 Penyakit Bayi yang Baru Lahir

5 Penyakit Bayi yang Baru Lahir

Ketika bayi baru lahir, kulitnya cenderung sensitif dan organ tubuhnya masih berkembang. Oleh karena itu, bayi yang baru lahir rentan terkena penyakit. Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 penyakit yang sering menyerang bayi baru lahir.

1. Penyakit Kuning

Penyakit kuning atau jaundice adalah salah satu penyakit yang sering menyerang bayi baru lahir. Penyakit ini ditandai dengan kulit dan mata bayi yang terlihat kuning. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin dalam darah bayi. Biasanya, penyakit kuning akan hilang dengan sendirinya dalam waktu dua minggu. Namun, jika kondisi bayi tidak membaik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

2. Apnea

Apnea adalah kondisi ketika bayi tiba-tiba berhenti bernapas selama beberapa detik. Hal ini umumnya terjadi pada bayi yang lahir prematur. Apnea bisa disebabkan oleh saluran pernapasan yang terhambat atau karena sistem pernapasan bayi yang belum sempurna. Jika bayi Anda mengalami apnea, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Ruam Popok

Ruam popok adalah ruam merah yang timbul di area bokong bayi. Hal ini disebabkan oleh iritasi kulit akibat popok yang lembap dan gesekan dengan kulit bayi. Untuk mengatasi ruam popok, pastikan Anda mengganti popok secara teratur dan membersihkan area bokong bayi dengan lembut. Anda juga dapat menggunakan krim perawatan kulit khusus untuk membantu mengurangi iritasi.

4. Eksim Susu

Eksim susu adalah kondisi kulit bayi yang kemerahan dan kering, terutama di sekitar mulut. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor keturunan, kulit bayi yang kering, atau paparan cuaca yang panas dan berdebu. Untuk mengatasi eksim susu, Anda dapat menggunakan krim pelembap khusus dan menjaga kebersihan area mulut bayi.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Les Modern Dance di Jakarta, Ada Kelas K-Pop Cover Dance

5. Batuk Pilek

Bayi baru lahir juga rentan terkena batuk dan pilek. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejala batuk pilek pada bayi meliputi batuk, hidung tersumbat, dan demam. Untuk mencegah batuk pilek, Anda dapat memberikan vaksin flu pada bayi Anda ketika ia berusia 6 bulan.

Itulah 5 penyakit yang sering menyerang bayi baru lahir. Sebagai orangtua, penting bagi kita untuk selalu memantau kesehatan bayi dan segera menghubungi dokter jika ada gejala yang mengkhawatirkan. Selain itu, menjaga kebersihan bayi dan memberikan nutrisi yang seimbang juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda sebagai orangtua.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com