5 Cara Menjaga Kehamilan di Trimester 2

5 Cara Menjaga Kehamilan di Trimester 2

Trimester kedua kehamilan adalah periode yang penting dalam perkembangan janin. Pada trimester ini, organ-organ utama janin mulai terbentuk dengan sempurna. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kesejahteraan ibu hamil sangatlah penting. Berikut ini adalah 5 cara menjaga kehamilan di trimester 2 yang dapat dilakukan oleh ibu hamil:

1. Gunakan pakaian yang nyaman

Pertumbuhan janin pada trimester kedua akan membuat tubuh ibu mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, pastikan juga ukuran bra yang digunakan sesuai dengan pertumbuhan payudara yang semakin membesar.

2. Tambahkan asupan kalori

Meskipun anggapan bahwa ibu hamil harus makan untuk dua orang tidak sepenuhnya benar, namun ibu hamil memang perlu menambah asupan kalori dalam menu makanan sehat. Jumlah kalori yang perlu ditambahkan sekitar 300 kalori lebih banyak dari biasanya. Namun, perlu diingat bahwa asupan kalori tersebut harus berasal dari makanan sehat agar perkembangan janin tetap optimal. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan sumber protein yang sehat.

3. Perhatikan vaksin

Selama trimester kedua kehamilan, tubuh ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Salah satu infeksi yang umum terjadi adalah flu. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mendapatkan vaksin flu sebagai cara menjaga kehamilan. Vaksin flu yang diberikan kepada ibu hamil juga dapat memberikan perlindungan pada bayi dari penyakit pernapasan ini setelah lahir.

4. Posisi tidur yang aman

Pada trimester kedua kehamilan, perut ibu hamil akan semakin membesar. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan posisi tidur yang aman dan nyaman. Hindarilah tidur dengan posisi telentang yang dapat menekan pembuluh darah besar (vena cava) dan menghambat aliran darah ke janin. Sebaiknya, tidurlah dengan posisi miring ke samping, terutama ke sisi kiri. Posisi tidur seperti ini dapat memperlancar aliran darah dan memberikan nutrisi yang cukup bagi janin.

Baca Juga:  50 Konselor Laktasi di Indonesia

5. Jaga kebersihan mulut

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah gusi berdarah. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Untuk mencegah masalah ini, penting bagi ibu hamil untuk menjaga kebersihan mulut dengan baik. Sikatlah gigi setelah makan atau minimal bersihkan sisa-sisa makanan dengan air atau dental floss. Selain itu, rutinlah memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Itulah 5 cara menjaga kehamilan di trimester kedua yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Selain cara-cara di atas, penting juga bagi ibu hamil untuk tetap mengikuti anjuran dan petunjuk dari dokter yang menangani kehamilan. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi dan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil. Semoga ibu hamil dan janin selalu sehat dan bahagia selama kehamilan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com