Steak Tenggiri, Menu Sehat Ibu Hamil

Steak Tenggiri, Menu Sehat Bunda Hamil

Selamat, Bu! Tak terasa saat ini Bunda sudah masuk ke trimester ke-2. Trimester yang satu ini jadi periode favorit saya waktu mengandung si Kecil dulu, lho. Kenapa? Soalnya ini karena di trimester ini, gangguan kesehatan seperti mual dan muntah yang biasa terjadi di 3 bulan kemarin sudah banyak berkurang. Efeknya, selera makan yang sempat hilang jadi kembali lagi. Nah, ini dia kesempatan emas buat kita untuk kembali memanjakan diri dengan makanan favorit!

Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi ibu hamil. Salah satu makanan yang bisa menjadi pilihan sehat untuk Bunda hamil adalah steak tenggiri. Steak tenggiri adalah hidangan yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Ikan tenggiri sendiri memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

Untuk membuat steak tenggiri, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. Daging ikan tenggiri secukupnya
2. 1 sdm ketumbar
3. 1 sdm garam
4. 4 sdm margarin
5. 3 buah bawang putih
6. 5 sdm air putih

Sementara untuk sausnya, Bunda bisa menggunakan saus jamur dengan bahan-bahan di bawah ini:

1. 150gr jamur kancing yang diiris
2. ΒΌ sdt daun oregano
3. 50 ml kecap manis
4. 180 ml kaldu sapi
5. 1 buah bawang bombay yang diiris tipis-tipis
6. 3 siung bawang putih yang sudah dicincang halus
7. 2 sdm tepung terigu
8. garam dan lada secukupnya

Cara membuat steak tenggiri ini cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, Bunda siapkan steak-nya terlebih dahulu. Haluskan bawang putih, ketumbar, dan garam, lalu lumuri tenggiri dengan bumbu tersebut. Diamkan kira-kira sekitar 15-30 menit hingga bumbu meresap ke dalam daging.
2. Panaskan margarin di atas wajan steak, lalu masak hingga ikan berubah warna dan matang. Jika sudah, tiriskan lalu taruh di atas piring.
3. Sekarang, mari kita buat sausnya. Panaskan margarin di atas wajan, lalu tumis bawang bombay & bawang putih.
4. Setelah aroma harumnya sudah muncul, masukkan jamur lalu aduk semuanya hingga rata.
5. Tambahkan daun oregano serta garam dan lada, lalu aduk sebentar. Kemudian tuangkan kecap manis ke dalamnya dan aduk kembali hingga rata.
6. Jika sudah, masukkan kaldu sapi dan masak hingga saus mendidih. Lalu, tambahkan tepung terigu dan aduk hingga mengental.
7. Setelah sausnya jadi, kini Bunda cukup menuangkan ke atas daging dan sajikan dengan mashed potato (kentang tumbuk) atau nasi.

Tidak sulit, kan? Selain pembuatannya yang mudah, ikan tenggiri ternyata juga punya manfaat yang baik buat Bunda hamil, lho. Ini karena tenggiri memiliki kandungan Omega-3 yang bisa membantu meningkatkan berat badan janin, mencegah kelahiran prematur, dan penyakit pre-eclampsia. Namun, perlu diperhatikan, sebaiknya Bunda jangan terlalu sering mengonsumsi jenis ikan ini. American Pregnancy Association merekomendasikan ibu hamil agar membatasi konsumsi ikan tenggiri maksimal 3 kali sebanyak 170 gram daging per bulannya untuk membatasi kemungkinan masuknya merkuri ke dalam tubuh.

Baca Juga:  Hal yang Harus Diperhatikan Saat Anak Belajar Merangkak

Bagaimana, Bu? Siap untuk memasak hidangan lezat dan bergizi ini? Selamat mencoba dan jika Bunda punya resep-resep andalan lainnya, silakan di-share di sini, ya!

Hidangan lain yang cocok untuk ibu hamil adalah steak salmon. Salmon memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan janin. Ikan ini mengandung DHA, yaitu jenis Omega-3 yang sangat penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Selain itu, salmon juga mengandung asam amino, vitamin D, dan protein yang tinggi.

Untuk membuat steak salmon, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 200 gram fillet salmon
2. 1 sdm air lemon
3. 1 sdm minyak zaitun
4. 1/2 sdt garam
5. 1/4 sdt merica bubuk
6. 1 sdt paprika bubuk
7. 1 sdt bawang putih bubuk
8. 1 sdm mentega
9. 1 sdm saus tomat
10. 1 sdm saus worcestershire
11. 1/2 sdt gula

Cara membuat steak salmon ini juga cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, Bunda siapkan fillet salmon. Lumuri salmon dengan air lemon dan minyak zaitun, lalu bumbui dengan garam, merica bubuk, paprika bubuk, dan bawang putih bubuk. Biarkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.
2. Panaskan mentega di atas wajan, lalu masak salmon selama 3-4 menit di setiap sisinya hingga matang. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan.
3. Di wajan yang sama, masukkan saus tomat, saus worcestershire, dan gula. Aduk rata dan masak hingga saus mengental.
4. Setelah sausnya mengental, tuangkan di atas steak salmon yang sudah matang. Sajikan dengan nasi atau mashed potato.

Steak salmon ini tidak hanya lezat, tetapi juga sangat bergizi. Salmon mengandung asam lemak omega-3, protein, vitamin D, dan zat besi. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak dan mata janin, sedangkan protein dan zat besi berperan dalam pembentukan jaringan tubuh dan pembentukan sel darah merah.

Selain itu, steak sapi juga bisa menjadi pilihan menu sehat untuk ibu hamil. Sapi mengandung protein, zat besi, vitamin B12, dan zinc yang penting untuk perkembangan janin. Namun, perlu diingat untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas serta memasaknya dengan benar agar terhindar dari bakteri dan penyakit.

Untuk membuat steak sapi, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Baca Juga:  9 Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak

1. 200 gram daging sapi has dalam
2. 1 sdm minyak zaitun
3. 1/2 sdt garam
4. 1/4 sdt merica bubuk
5. 1 sdt bawang putih bubuk
6. 1 sdt paprika bubuk
7. 1 sdt rosemary bubuk
8. 1 sdt thyme bubuk
9. 1 sdm mentega

Cara membuat steak sapi ini juga cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, Bunda siapkan daging sapi has dalam. Bumbui daging dengan garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, paprika bubuk, rosemary bubuk, dan thyme bubuk. Biarkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.
2. Panaskan minyak zaitun di atas wajan, lalu masak daging sapi selama 3-4 menit di setiap sisinya hingga matang sesuai selera. Jika ingin daging lebih matang, bisa masak lebih lama.
3. Setelah matang, angkat daging sapi dari wajan dan biarkan sebentar. Lalu, potong-potong daging sesuai selera.
4. Panaskan mentega di atas wajan, lalu masukkan potongan daging sapi. Aduk rata dan masak sebentar hingga daging terbalut mentega.
5. Sajikan steak sapi dengan nasi atau kentang tumbuk.

Steak sapi ini sangat lezat dan bergizi. Daging sapi mengandung protein, zat besi, vitamin B12, dan zinc yang sangat penting untuk perkembangan janin. Namun, perlu diingat untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas serta memasaknya dengan benar agar terhindar dari bakteri dan penyakit.

Selain itu, ada juga menu steak ayam yang bisa menjadi pilihan sehat untuk ibu hamil. Ayam adalah sumber protein yang baik dan mengandung asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan janin. Untuk membuat steak ayam, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 200 gram daging ayam fillet
2. 1 sdm minyak zaitun
3. 1/2 sdt garam
4. 1/4 sdt merica bubuk
5. 1 sdt bawang putih bubuk
6. 1 sdt paprika bubuk
7. 1 sdt rosemary bubuk
8. 1 sdt thyme bubuk
9. 1 sdm mentega

Cara membuat steak ayam ini juga cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, Bunda siapkan daging ayam fillet. Bumbui ayam dengan garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, paprika bubuk, rosemary bubuk, dan thyme bubuk. Biarkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.
2. Panaskan minyak zaitun di atas wajan, lalu masak daging ayam selama 3-4 menit di setiap sisinya hingga matang sesuai selera. Jika ingin daging lebih matang, bisa masak lebih lama.
3. Setelah matang, angkat daging ayam dari wajan dan biarkan sebentar. Lalu, potong-potong daging sesuai selera.
4. Panaskan mentega di atas wajan, lalu masukkan potongan daging ayam. Aduk rata dan masak sebentar hingga daging terbalut mentega.
5. Sajikan steak ayam dengan nasi atau kentang tumbuk.

Baca Juga:  9 Mainan Anak 1 Tahun yang Aman Untuk Si Kecil

Steak ayam ini juga sangat lezat dan bergizi. Ayam mengandung protein, asam amino esensial, zat besi, dan vitamin B yang penting untuk perkembangan janin. Namun, perlu diingat untuk memilih daging ayam yang segar dan berkualitas serta memasaknya dengan benar agar terhindar dari bakteri dan penyakit.

Selain itu, ada juga menu steak tahu yang bisa menjadi pilihan sehat untuk ibu hamil yang vegetarian. Steak tahu adalah hidangan yang terbuat dari tahu yang diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Tahu mengandung protein nabati, serat, kalsium, dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat steak tahu:

1. 200 gram tahu putih
2. 1 sdm minyak zaitun
3. 1/2 sdt garam
4. 1/4 sdt merica bubuk
5. 1 sdt bawang putih bubuk
6. 1 sdt paprika bubuk
7. 1 sdt rosemary bubuk
8. 1 sdt thyme bubuk
9. 1 sdm mentega

Cara membuat steak tahu ini juga cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, Bunda siapkan tahu putih. Bumbui tahu dengan garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, paprika bubuk, rosemary bubuk, dan thyme bubuk. Biarkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.
2. Panaskan minyak zaitun di atas wajan, lalu masak tahu selama 3-4 menit di setiap sisinya hingga matang sesuai selera. Jika ingin tahu lebih matang, bisa masak lebih lama.
3. Setelah matang, angkat tahu dari wajan dan biarkan sebentar. Lalu, potong-potong tahu sesuai selera.
4. Panaskan mentega di atas wajan, lalu masukkan potongan tahu. Aduk rata dan masak sebentar hingga tahu terbalut mentega.
5. Sajikan steak tahu dengan nasi atau kentang tumbuk.

Steak tahu ini juga sangat lezat dan bergizi. Tahu mengandung protein nabati, serat, kalsium, dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Selain itu, tahu juga rendah lemak dan kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Itulah beberapa menu steak sehat yang bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil. Selain enak dan lezat, hidangan-hidangan ini juga sangat bergizi dan baik untuk perkembangan janin. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan sehat untuk ibu dan janin!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com