11 Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Muda

11 Buah yang Bagus untuk Bunda Hamil

Bagi Bunda hamil muda, penting untuk lebih memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Tidak semua buah-buahan bagus dikonsumsi oleh Bunda hamil. Berikut ini beberapa rekomendasi buah yang bagus untuk Bunda hamil:

Alpukat
Alpukat termasuk buah yang bagus untuk Bunda hamil karena menjadi salah satu sumber kalori dan lemak sehat. Adanya kedua jenis zat gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh Bunda dan janin karena bermanfaat untuk mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan Bunda sehingga terhindar dari sembelit atau konstipasi. Buah untuk Bunda hamil muda ini pun mengandung beragam zat gizi lain, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat).

Pisang
Setiap Bunda hamil dianjurkan untuk mengonsumsi pisang karena kaya akan zat gizi membantu menjaga kesehatan Bunda dan janin. Pisang juga tinggi kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh selama kehamilan. Buah yang bagus untuk Bunda hamil ini kaya asam folat yang berperan untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin dalam kandungan.

Buah bit
Buah bit termasuk salah satu jenis buah yang mengandung vitamin B9 (asam folat) yang cukup tinggi lho, Bu. Nutrisi ini penting untuk membantu perkembangan sumsum tulang belakang janin, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur metabolisme, dan menjaga tekanan darah tetap normal. Selain asam folat, buah yang bagus untuk Bunda hamil ini pun mengandung nutrisi lainnya, mulai dari protein, serat, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6 yang penting bagi Bunda hamil.

Jeruk
Seperti yang Bunda ketahui, buah yang bagus untuk Bunda hamil ini merupakan buah dengan sumber vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Jeruk juga mengandung vitamin B9 (asam folat) dan serat yang menyehatkan saluran pencernaan Bunda, serta kandungan airnya yang cukup banyak bisa membuat Bunda hamil tetap terhidrasi.

Baca Juga:  Atasi Infeksi Cacing pada Anak

Pepaya
Selain manis dan teksturnya lembut, pepaya juga merupakan buah yang bagus untuk Bunda hamil karena kandungan zat gizinya yang beragam, mulai dari serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), kalium, kalsium, dan lainnya. Mengonsumsi pepaya yang sudah matang dapat mengurangi risiko Bunda hamil mengalami sembelit. Namun, Bunda hamil sebaiknya menghindari pepaya yang belum matang (biasanya berwarna hijau) karena mengandung zat lateks yang dapat memicu kontraksi rahim, sehingga tidak aman untuk Bunda hamil.

Mangga
Sepertinya hampir setiap orang gemar makan buah yang satu ini ya, Bu? Yup! Selain rasanya yang manis dan segar, mangga juga termasuk buah yang bagus untuk Bunda hamil karena kaya akan nutrisi.Bunda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari hanya dengan mengonsumsi satu mangkuk mangga lho. Selain itu, kalium dalam mangga dapat menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Stroberi
Buah yang bagus untuk Bunda hamil selanjutnya yaitu stroberi. Buah ini bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, dan menurunkan tekanan darah. Semua manfaat ini bisa Bunda rasakan berkat kandungan nutrisi yang beragam, di antaranya protein, serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, kalium, magnesium, dan natrium.

Apel
Buah yang bagus untuk Bunda hamil lainnya yaitu apel karena kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan menurunkan kolesterol. Apel juga mengandung nutrisi lain, seperti protein, zat besi, fosfor, kalium, vitamin D, vitamin B12, natrium, dan kalsium.

Jambu biji
Selain sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan demam berdarah, jambu biji juga termasuk buah yang bagus untuk Bunda hamil lho. Jambu biji jadi pilihan tepat bagi Bunda hamil yang ingin mendapatkan asupan vitamin C, vitamin E, dan asam folat yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin dan sesuai batas normal, maka akan mengurangi risiko sembelit pada Bunda hamil, meningkatkan sistem imun, sebagai antioksidan, dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:  Temukan Bakat Anak Cerdas Gerak

Semangka
Semangka merupakan buah yang bagus untuk Bunda hamil dengan kadar air yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan harian, selain dari air putih. Kebutuhan cairan ini penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas air ketuban, serta perkembangan kehamilan pun dapat terjaga dengan baik. Tak hanya itu, buah yang bagus untuk Bunda hamil ini pun mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, likopen, tembaga yang penting bagi kesehatan Bunda dan janin.

Buah Naga
Buah naga juga termasuk buah yang bagus untuk Bunda hamil yang menyimpan beragam manfaat untuk Bunda dan janin. Manfaat buah naga yang paling penting yaitu dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah naga juga bisa membantu mengatasi berbagai keluhan yang sering dialami Bunda hamil, seperti sembelit dan anemia. Ini karena buah naga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, protein, antioksidan, serat, dan zat besi.

Tips Mengolah Buah yang Bagus untuk Bunda Hamil
Buah sebenarnya termasuk camilan yang bisa langsung Bunda konsumsi secara rutin selama menjalani masa kehamilan. Namun, Bunda bisa mengolah jenis buah yang bagus untuk Bunda hamil di atas menjadi berbagai hidangan menarik. Sebagai referensi, berikut ini tips mengonsumsi buah yang bagus untuk Bunda hamil agar tidak bosan:

Mengolah buah menjadi jus
Berbagai jenis buah yang baik untuk Bunda hamil di atas bisa diolah menjadi jus tanpa menambahkan gula agar nilai gizinya tetap terjaga. Untuk menambah variasi rasa, Bunda bisa mencampurkan beberapa buah sekaligus menjadi jus yang sehat.

Mengolah buah menjadi salad buah
Bunda juga bisa membuat salad buah yang lezat dengan menambahkan yoghurt rendah gula untuk memberikan tambahan nutrisi. Bunda bisa langsung membuat salad buah dalam jumlah banyak, karena bisa bertahan dalam beberapa hari jika disimpan di kulkas.

Baca Juga:  5 Tips Menjawab Pertanyaan si Kecil Soal Kelamin

Mengolah buah menjadi smoothies
Jika bosan menyantap buah yang bagus untuk Bunda hamil secara langsung, Bunda bisa mengolahnya menjadi smoothies. Meskipun cara pembuatannya hampir mirip dengan jus, namun tidak semua buah cocok untuk diolah menjadi smoothies. Biasanya, buah-buahan yang cocok untuk dijadikan smoothies memiliki tekstur yang lembut dan padat. Alpukat, buah naga, dan pisang merupakan jenis buah yang bagus untuk Bunda hamil yang cocok diolah menjadi smoothies.

Dari daftar buah yang bagus untuk ibu hamil tersebut, kira-kira buah mana yang jadi favorit Bunda? Apapun jenisnya, pastikan untuk mengonsumsi buah sesuai dengan batas normal ya, Bu. Bunda juga perlu menyeimbangkan kebutuhan gizi harian dari makanan bernutrisi lainnya, Selama kehamilan, Bunda memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Bunda dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Bunda juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Bunda selama periode kehamilan.

Referensi:
– FDA. Fruits, Veggies and Juices – Food Safety for Moms to Be.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com