Yuk Bu, Ketahui Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Yuk Bu, Ketahui Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Pada trimester ketiga kehamilan, banyak ibu yang mengalami masalah kaki bengkak. Hal ini adalah hal yang normal terjadi pada ibu hamil. Kaki bengkak saat hamil umumnya disebabkan oleh penambahan darah dan cairan dalam tubuh. Pembengkakan ini umumnya terjadi di area kaki dan dapat membuat ibu merasa tidak nyaman. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang dapat ibu lakukan.

Alasan Kaki Bengkak Saat Hamil

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kaki bengkak saat hamil. Faktor ini dapat berasal dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh.

Faktor dari dalam tubuh antara lain adalah penambahan cairan yang diproduksi serta yang disimpan oleh tubuh. Selain itu, adanya gaya gravitasi juga dapat menyebabkan daerah sekitar kaki menjadi bengkak. Selain itu, perubahan hormon selama masa kehamilan juga dapat mempengaruhi pembuluh darah dan menyebabkan kaki bengkak.

Faktor dari luar tubuh dapat berupa aktivitas yang padat, konsumsi kafein dan garam yang berlebihan, kurangnya konsumsi potassium, cuaca yang panas, dan tingkat konsumsi sodium yang melebihi kebutuhan yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil.

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Jika ibu mengalami kaki bengkak saat hamil, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil:

1. Kurangi waktu berdiri atau duduk yang lama
Jika ibu hamil sering berdiri, sebaiknya berikan waktu istirahat sejenak dengan duduk. Begitu pula jika ibu yang sering duduk, berikan waktu untuk berdiri atau setidaknya berjalan-jalan kecil agar peredaran darah tetap lancar.

2. Kenakanlah sepatu yang nyaman untuk berjalan
Hindarilah penggunaan sepatu dengan hak yang tinggi sehingga tidak menghambat peredaran darah pada kaki. Pilihlah sepatu yang nyaman dan tidak terlalu sempit.

Baca Juga:  Masa Pemulihan setelah Melahirkan si Kecil

3. Hindari penggunaan stocking atau kaos kaki yang terlalu ketat
Penggunaan stocking atau kaos kaki yang terlalu ketat dapat menghambat peredaran darah pada kaki. Sebaiknya pilihlah kaos kaki yang longgar agar kaki dapat bernapas dengan baik.

4. Perhatikan posisi duduk yang benar
Duduk dengan posisi yang benar dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki. Pastikan kedua kaki menapak di lantai dan hindari duduk dengan posisi kaki menggantung atau menyilangkan kaki.

5. Istirahat atau tidur dengan posisi kaki yang sedikit dinaikkan
Posisi tidur atau istirahat dengan posisi kaki yang sedikit dinaikkan dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki. Gunakan bantal atau benda lainnya sebagai penyangga untuk kaki.

6. Kurangi konsumsi garam
Konsumsi garam yang tinggi dapat meningkatkan retensi cairan dalam tubuh dan menyebabkan pembengkakan pada kaki. Sebaiknya kurangi konsumsi garam dan pilihlah makanan yang rendah garam.

7. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung potassium
Makanan yang mengandung potassium dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki. Beberapa contoh makanan yang kaya potassium adalah pisang, alpukat, dan bayam.

8. Perbanyak minum air putih
Minum air putih yang cukup dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi pembengkakan pada kaki. Pastikan ibu hamil minum air putih minimal 8 gelas sehari.

9. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berenang
Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berenang dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi pembengkakan pada kaki. Lakukan olahraga ini secara teratur namun dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

10. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat atau melelahkan yang dapat menyebabkan kaki bengkak.

Baca Juga:  Ikuti 4 Cara Agar Cepat Tinggi untuk Anak Yuk, Bu!

Selain melakukan langkah-langkah di atas, ibu juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang lebih lengkap dan sesuai dengan kondisi ibu.

Kaki bengkak saat hamil memang merupakan hal yang umum terjadi. Namun, jika pembengkakan yang terjadi sangat parah atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri atau sakit kepala, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penting untuk ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan dan kenyamanan selama masa kehamilan. Mengatasi kaki bengkak adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu ibu hamil mengatasi kaki bengkak dengan lebih baik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com