Ragam Manfaat Jus Wortel untuk Optimalkan Kesehatan Anak

Ragam Manfaat Jus Wortel untuk Optimalkan Kesehatan Anak

Kandungan Nutrisi dalam Segelas Jus Wortel

Di balik manfaat jus wortel yang cukup beragam, ternyata ada sejumlah nutrisi yang penting di dalamnya. Menurut United States Department of Agriculture, satu gelas kecil jus wortel atau setara dengan 236ml mengandung sejumlah nutrisi, di antaranya:

Energi : 94,4 kalori
Protein : 2,24 gram
Lemak : 0,35 gram
Karbohidrat : 21,90 gram
Serat : 1,90 gram
Kalsium : 24 mg
Fosfor : 42 mg
Kalium : 292 mg
Vitamin C : 20,1 mg
Vitamin B1 : 0,217 mg
Vitamin B6 : 0,512 mg
Vitamin A : 2,256 mikrogram
Vitamin K : 36,6 mikrogram
Selain itu, manfaat jus wortel juga bisa didapatkan oleh si Kecil berkat banyaknya senyawa fitokimia yang terkandung di dalamnya, seperti beta karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopen, dan zeaxanthin. Senyawa fitokimia ini berperan sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan daya tubuh, menangkal radikal bebas penyebab penyakit, membantu porses metabolisme, dan lainnya. Wortel juga mengandung kolin, selenium, zinc, vitamin D, vitamin B9 (asam folat), vitamin E, dan lainnya.

Nah, setelah kita membahas mengenai kandungan nutrisi di dalam segelas jus wortel. Kini saatnya Bunda mengetahui beragam manfaat jus wortel yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat Jus Wortel untuk Anak

Berikut adalah beberapa manfaat jus wortel yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat jus wortel yang paling terkenal yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Manfaat jus wortel ini muncul berkat adanya kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang cukup tinggi. Selain itu, wortel juga merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan untuk mendukung fungsi penglihatan dengan baik.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Sekolah Montessori di Tangerang Selatan

Dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi nutrisi tersebut, salah satunya jus wortel, maka akan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit mata di kemudian hari, tentunya dengan diimbangi makanan bergizi dan pola hidup sehat ya, Bu.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jus wortel yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Manfaat jus wortel ini bisa si Kecil dapatkan berkat kandungan kalium, antioksidan, dan serat di dalamnya.

Tahukah Bunda bahwa manfaat jus wortel berkat kandungan kalium ini cukup baik untuk menjaga tekanan darah normal lho. Selain itu, antioksidan dan serat berperan dalam mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

3. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat jus wortel yang tak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Ini karena serat dan air di dalam wortel mampu memperlancar proses pencernaan serta membuat feses lebih padat dan lunak, sehingga baik untuk mencegah mengatasi sembelit atau konstipasi. Selain itu, manfaat jus wortel juga berperan untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus.

4. Mencegah obesitas

Sebagai salah satu sayuran yang tinggi serat, manfaat jus wortel juga dapat mengontrol berat badan hingga mencegah obesitas. Manfaat jus wortel ini bisa si Kecil dapatkan berkat kandungan kalori yang sedikit, tetapi padat nutrisi lain, seperti protein, air, serta beragam vitamin dan mineral. Oleh karena itu, wortel juga bisa membantu si Kecil merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makannya akan lebih mudah terkontrol.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Baca Juga:  Waspadai 4 Penyakit yang Menyerang Bayi pada Usia Dini

Meskipun begitu, Bunda juga tetap perlu menjaga daya tahan tubuh si Kecil dengan beberapa cara lain, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan harian, tidur yang cukup, serta rutin melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan.

Manfaat jus wortel memang cukup beragam dan bisa menjadi nutrisi tambahan bagi si Kecil. Namun, mengonsumsi wortel saja tidak cukup untuk meningkatkan tumbuh kembangnya karena wortel merupakan makanan bersumber nabati yang kandungan nutrisi di dalamnya kurang optimal.

Perlu Bunda ketahui bahwa mengonsumsi makanan bersumber nabati secara berlebihan dan tidak diimbangi dengan asupan makanan sumber hewani bisa mengganggu tumbuh kembang si Kecil. Hal ini dikarenakan sumber makanan hewani memiliki 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dibandingkan makanan yang mengandung protein nabati. Sedangkan, protein nabati memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. Akibatnya, pertumbuhan si Kecil akan terhambat.

Padahal, kebutuhan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) harus terpenuhi secara lengkap agar tumbuh kembang anak lebih optimal. 9 jenis Asam Amino Esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin.

Penelitian dari J.Nutr dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat tumbuh kembang anak sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat tumbuh kembang anak sebanyak -50%. Tentunya Bunda tidak mau pertumbuhan si Kecil terhambat kan?

Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memberikan makanan berprotein hewani agar kebutuhan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) tercukupi dengan baik. 9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini harus dipenuhi dari sumber makanan berprotein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri 9 Asam Amino Esensial (9AAE).

Baca Juga:  Serunya Nonton Sambil Bermain di Cinemaxx Junior

Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk jus wortel, susu pertumbuhan, dan jenis makanan sehat lainnya, maka akan mendukung potensi si Kecil lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com