5 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan si Kecil

Manfaat Brokoli bagi Kesehatan si Kecil

Brokoli dianjurkan untuk rutin dikonsumsi anak karena memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya. Apa saja manfaat brokoli bagi anak? Ini dia daftarnya, Bu!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tahukah, Bunda? Setengah mangkuk brokoli mengandung sekitar 50 mg Vitamin C yang mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh si Kecil, Bu. Dengan kadar Vitamin C yang tinggi ini, sistem imun dapat bekerja lebih baik, Bu. Ayo, penuhi kebutuhan Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, brokoli juga mampu menjaga kesehatan jantung si Kecil lho, Bu. Menurut penelitian dari Harvard University School of Public Health, kandungan serat dan asam lemak dalam brokoli dapat membantu mengurangi tingkat Kolesterol jahat yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Itulah kenapa penting bagi si Kecil untuk sering mengonsumsi brokoli, Bu.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Melihat si Kecil tumbuh tinggi tentu menjadi dambaan setiap Bunda. Oleh karena itu, mari dukung kesehatan tulangnya dengan menyuapinya sajian brokoli. Dari artikel online yang saya baca, brokoli kaya akan kandungan Kalsium dan Vitamin K yang mampu memperkuat tulang si Kecil. Dengan tulang yang kuat, ia bisa lebih bebas melakukan olahraga yang dapat membantunya tumbuh tinggi.

4. Mendukung Perkembangan Otak

Nah, kandungan Vitamin K yang ada pada brokoli tidak hanya baik bagi kesehatan tulang saja, tapi juga dapat mendukung perkembangan otak si Kecil. Selain itu, jenis sayuran ini juga kaya akan Kolin yang mampu meningkatkan daya ingat si Kecil. Untuk itu, yuk, sajikan brokoli pada menu makan siang/malamnya, Bu!

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Baca Juga:  4 Perkembangan Penting Bayi 4 Bulan

Bu, brokoli juga tinggi akan kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan si Kecil agar senantiasa sehat. Namun, pada saat menyiapkan sajian brokoli untuk si Kecil, Bunda disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama, ya. Hal ini dikarenakan panas yang dihasilkan oleh api dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam brokoli.

Oleh karena itu, dukung juga asupan gizi si Kecil di periode emas pertumbuhannya dengan memberikan susu bubuk pertumbuhan yang ditambahkan dengan nutrisi tepat untuk mendukung si Kecil menjadi Pintar, Kuat dan Tinggi.

Selain itu, berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai manfaat brokoli bagi kesehatan si Kecil:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik, si Kecil akan lebih jarang sakit dan dapat melawan berbagai infeksi dan penyakit.

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua zat yang penting untuk kesehatan mata. Zat-zat ini dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan membantu menjaga kesehatan mata si Kecil.

3. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada anak-anak. Brokoli mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mencegah anemia pada si Kecil.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan oksidatif. Selain itu, brokoli juga mengandung serat dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

5. Mempertahankan Berat Badan yang Sehat

Brokoli rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu menjaga berat badan si Kecil tetap sehat. Serat dalam brokoli juga dapat membuat si Kecil lebih kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil makanan yang tidak sehat.

Baca Juga:  Saat Si Kecil Demam

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Brokoli mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan si Kecil. Serat dalam brokoli dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin K dan choline yang baik untuk perkembangan otak si Kecil.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Brokoli mengandung kalsium, vitamin K, dan vitamin C yang penting untuk kesehatan tulang si Kecil. Kalsium dan vitamin K dapat membantu memperkuat tulang, sedangkan vitamin C dapat membantu penyerapan kalsium.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Brokoli mengandung senyawa yang disebut glucosinolates, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur si Kecil. Senyawa ini dapat membantu mengatur hormon tidur dan membantu si Kecil tidur lebih nyenyak.

10. Mencegah Kanker

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Senyawa ini dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan mencegah penyebaran sel kanker.

Itulah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan si Kecil. Dengan rutin mengonsumsi brokoli, si Kecil akan mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Jadi, jangan ragu untuk menyajikan brokoli pada menu makanan si Kecil, ya.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com