5 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Anak, Apa Saja?

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Anak

Semangka adalah buah yang memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Selain rasanya yang enak, semangka juga mudah didapatkan sehingga menjadi kesukaan banyak kalangan. Tapi tahukah Anda bahwa semangka juga memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan anak? Selain itu, semangka juga dapat mencegah anak dari berbagai penyakit. Apa saja manfaat semangka untuk kesehatan anak? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mendukung kesehatan saluran pencernaan
Manfaat pertama dari semangka adalah dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan anak. Semangka mengandung serat dan air yang tinggi. Dalam 100 gram semangka mengandung sekitar 9.40 gram serat pangan. Serat ini sangat baik untuk mencegah sembelit atau konstipasi pada anak. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur, saluran pencernaan anak akan tetap sehat.

2. Mencegah dehidrasi
Semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi yaitu sekitar 92%. Oleh karena itu, semangka sangat baik untuk mencegah dehidrasi pada anak. Anak-anak membutuhkan sekitar 2 liter air putih setiap hari. Selain minum air putih, anak juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya dengan mengonsumsi semangka. Sebagai makanan penutup atau camilan sehat, semangka dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh anak.

3. Menjaga kesehatan mata
Manfaat selanjutnya dari semangka adalah dapat menjaga kesehatan mata anak. Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, dan likopen yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan vitamin C membantu mengoptimalkan penglihatan anak, sedangkan likopen dapat mencegah risiko penyakit mata di kemudian hari. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur, anak dapat memiliki mata yang sehat dan terhindar dari masalah penglihatan.

4. Membantu mencegah risiko penyakit jantung
Manfaat semangka berikutnya adalah membantu mencegah risiko penyakit jantung pada anak. Semangka mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anak. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur, anak dapat menjaga kesehatan jantungnya dan terhindar dari risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Baca Juga:  Pengalaman Operasi Amandel Dewasa

5. Menangkal radikal bebas
Semangka mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh anak. Radikal bebas adalah zat-zat yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur, anak dapat memperkuat sistem imun tubuhnya dan melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, semangka juga dapat meredakan peradangan, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan rambut anak.

Selain manfaat di atas, semangka juga bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal anak, meredakan gejala asma, dan mencegah anemia. Namun, perlu diingat bahwa semangka tidak boleh menjadi satu-satunya sumber nutrisi anak. Anak juga perlu mendapatkan asupan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, pastikan anak mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.

Dalam memberikan semangka kepada anak, pastikan semangka yang diberikan dalam kondisi baik dan tidak ada cacar pada kulit buahnya. Cuci semangka terlebih dahulu sebelum memotong dan memberikannya kepada anak. Selain itu, pastikan juga jumlah semangka yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak dan tidak berlebihan.

Dalam memasak semangka, ada banyak cara yang dapat dilakukan seperti membuat buah potong segar, jus, smoothies, atau sop buah. Semua olahan tersebut tetap dapat memberikan manfaat yang sama. Namun, pastikan tidak menambahkan gula tambahan pada olahan semangka agar manfaatnya tetap maksimal.

Itulah beberapa manfaat semangka untuk kesehatan anak. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur, anak dapat mendapatkan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, pastikan juga anak mendapatkan nutrisi lainnya dari makanan seimbang yang mengandung protein, vitamin, dan mineral. Jaga kebersihan semangka sebelum diberikan kepada anak dan pastikan jumlah yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  Manfaat dan Cara Tunjukkan Kasih Sayang Orang Tua untuk Anak