10 Rekomendasi Masker untuk Anak Sekolah, Aman dan Nyaman Dipakai


Pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah telah dibuka kembali setelah beberapa waktu dilakukan secara daring. Namun, dalam situasi pandemi COVID-19 ini, langkah-langkah perlindungan yang ketat masih harus diterapkan untuk menjaga keamanan dan kesehatan anak-anak. Salah satu langkah yang penting adalah menggunakan masker wajah yang sesuai dan aman untuk anak-anak.

Masker wajah telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari sejak pandemi COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi global. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan lembaga kesehatan internasional lainnya merekomendasikan penggunaan masker bedah atau masker medis untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Di Indonesia, pemerintah juga mewajibkan penggunaan masker sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran virus.

Namun, di tengah pandemi ini, perhatian khusus perlu diberikan pada anak-anak. Pada tahun 2020, Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF) dan WHO menyatakan bahwa anak-anak berusia 5 tahun ke bawah sebaiknya tidak menggunakan masker. Namun, mereka merekomendasikan bahwa anak-anak berusia 6-11 tahun dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas harus menggunakan masker seperti halnya orang dewasa.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga memberikan pedoman dalam memilih masker yang aman digunakan oleh anak-anak. Beberapa pedoman tersebut adalah memilih masker dengan ukuran yang pas, menutupi hidung dan mulut anak dengan baik, menggunakan masker dengan setidaknya dua lapisan bahan yang bisa dicuci dan bernapas dengan mudah, serta menggunakan masker bedah/medis yang memiliki tiga lapisan dan digunakan hanya sekali pakai.

Meskipun beberapa sekolah sudah membuka pembelajaran tatap muka, UNICEF tetap mengingatkan bahwa protokol kesehatan harus tetap diutamakan untuk melindungi anak-anak dari bahaya penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, penting bagi para orangtua untuk memilih masker wajah yang aman dan nyaman digunakan oleh anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi masker yang aman, nyaman, dan menarik untuk digunakan anak-anak saat pembelajaran tatap muka:

1. Pokana Duckbill Mask Kids 4 Ply Earloop

Pokana Duckbill Mask adalah masker 4 ply yang dilengkapi dengan teknologi Nano Guard dengan tingkat efektivitas BFE 97% hingga 99%. Masker ini berbentuk duckbill yang dapat membantu mengurangi pengembunan saat bernapas. Selain itu, masker ini menggunakan bahan higienis dan bebas alergi dengan desain Form Fit Design Nosepiece yang dapat menutup hidung anak dengan sempurna dan nyaman digunakan. Pokana Duckbill Mask juga dapat menyesuaikan wajah anak tanpa menyentuh bagian mulut, sehingga melindungi risiko terpapar sinar UV, debu, asap kendaraan, polusi udara, bakteri, dan virus. Tersedia dalam berbagai pilihan warna sesuai dengan kesukaan anak-anak. Harga mulai dari Rp 20.000 per bungkus isi 2 pcs masker.

Baca Juga:  Kasus Awkarin dan Pelajaran Bagi Kita Para Orang tua

2. Masker Anak KF94 EVO 4 Ply

Masker ini memiliki 4 lapisan dan dilengkapi dengan filter KN95 yang memiliki tingkat efektivitas BFE 95%. Masker ini dapat digunakan oleh anak-anak usia 3 hingga 12 tahun. Desainnya yang berbentuk 3D butterfly shape dan bahan yang halus membuat masker ini lebih luas di area mulut dan hidung, tidak sesak, dan nyaman dipakai anak. Harga mulai dari Rp 129.000 per kotak isi 10 pcs masker.

3. Ulife+ Kids Silicone Mask with KN95 Filter URM101

Masker ini cocok untuk anak usia 4 hingga 16 tahun. Masker ini menggunakan silikon dan plastik polypropylene sebagai bahan utama yang membuatnya awet dibandingkan dengan masker kain atau masker dengan bahan lainnya. Masker ini dapat dicuci tanpa mengurangi efektivitasnya. Dilengkapi dengan 5 lapisan filter karbon aktif KN95, masker ini terbukti memiliki perlindungan superior yang sangat efektif hingga 95% dalam menyaring partikel-partikel berbahaya seperti virus, bakteri, kuman, debu, serbuk, dan mikropartikel berbahaya lainnya. Namun, perlu diingat bahwa filter tidak dapat dicuci dan hanya dapat digunakan selama 3-7 hari tergantung pada intensitas pemakaian. Harga mulai dari Rp 399.000 per kotak isi 10 pcs masker.

4. SEVEN for Kids Surgical Face Mask 3 Ply Earloop

Masker medis ini memiliki 3 lapisan dan dapat digunakan oleh anak-anak usia 5 hingga 12 tahun. Dilengkapi dengan earloop dan nose clip yang terbuat dari bahan berkualitas, masker ini nyaman digunakan oleh anak-anak. Masker ini juga telah teruji keamanannya dengan tingkat efektivitas BFE hingga 99%, sehingga dapat menghindari bakteri dan virus agar tidak terhirup oleh anak-anak. Harga mulai dari Rp 37.000 per kotak isi 50 pcs masker.

Baca Juga:  Waspadai Infeksi Torch Pada Ibu Hamil

5. Lil’ Doctor Protective Mask

Masker ini merupakan masker pelindung 3 lapis yang dapat memberikan perlindungan terhadap partikel makro, cairan droplet dari bersin atau batuk yang mengandung virus atau bakteri, debu, dan asap. Masker ini juga tidak sesak dan nyaman digunakan oleh anak-anak. Harga mulai dari Rp 159.500 per box isi 30 pcs masker. Tersedia juga dalam isi 50 pcs.

6. Sensi Kid’s Face Mask Headloop

Masker ini memiliki 3 lapisan dan tingkat efektivitas BFE mencapai 99%. Terbuat dari bahan fiberglass dan hypoallergenic, masker ini juga dilengkapi dengan nosepiece sehingga dapat mengikuti bentuk hidung dan kontur wajah anak-anak. Masker ini efektif dalam mencegah virus agar tidak terhisap dan masuk melalui hidung atau mulut anak. Harga mulai dari Rp 15.000 per bungkus isi 5 pcs masker.

7. Sensi Kid’s Duckbill Mask 40’s White

Masker ini merupakan masker pelindung wajah untuk anak dengan model duckbill yang dapat melindungi saluran pernapasan dari debu, asap, polusi, kuman, cairan, dan partikel mikro lainnya. Masker ini memiliki 3 lapisan dan tingkat efektivitas BFE mencapai 99%. Masker ini hanya untuk digunakan sekali pakai, sudah hypoallergenic, dan memiliki bentuk yang pas sehingga aman dan nyaman saat digunakan anak. Harga mulai dari Rp 123.000 per kotak isi 40 pcs masker.

8. Skrineer Masker Anak 3 Ply

Masker ini memiliki 3 lapisan dan pori-pori yang kecil untuk menjaga kelembapan dan melindungi dari debu, serbuk sari, bakteri, virus, dan partikel udara lainnya. Masker ini terbuat dari bahan hypoallergenic dan menggunakan teknologi modern Heater Ultrasonic yang membuat masker ini higienis, simetris, dan nyaman digunakan, terutama pada anak-anak yang memiliki kulit sensitif. Harga mulai dari Rp 79.000 per kotak isi 50 pcs masker. Tersedia juga dalam isi 5 pcs.

Baca Juga:  Khasiat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warnanya

9. Mizu Living Masker Kain CHIBI3

Masker ini terbuat dari kain blended cotton mix yang anti air dan mampu mencegah masuk dan keluarnya droplet. Masker ini dirancang agar tidak menempel dengan lapisan dalam sehingga tidak bergerak. Bagian dalam masker terbuat dari bahan yang lembut dan mampu menyerap keringat dan uap, sehingga anak mudah bernapas. Masker ini mudah dibersihkan tanpa menghilangkan efektivitasnya karena terbuat dari kain. Harga mulai dari Rp 5.000 per masker kain.

10. MKY Clothing Masker Anak

Masker ini terbuat dari bahan 100% katun yang antibakteri dan antialergi, serta memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga nyaman untuk digunakan oleh anak-anak. Masker ini dapat digunakan oleh anak-anak mulai dari usia 2 hingga 11 tahun. Masker ini juga dapat dicuci dengan tangan dengan beberapa perhatian khusus. Harga mulai dari Rp 8.000 per masker kain.

Dengan adanya pilihan masker yang aman dan nyaman untuk anak-anak, diharapkan dapat membantu orangtua dalam memilih masker yang sesuai dan dapat melindungi anak-anak dari penyebaran virus COVID-19. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan masker hanya merupakan salah satu langkah pencegahan, dan tetap diimbau untuk menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak fisik, serta menghindari kerumunan untuk melindungi diri dan orang lain dari penyebaran virus.

Dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini, keselamatan dan kesehatan anak-anak harus tetap menjadi prioritas utama. Dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dan menggunakan masker yang aman dan nyaman, diharapkan kita dapat melindungi anak-anak dari bahaya penyebaran virus. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa kembali ke kehidupan yang normal.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com