SD Al-Zahra Indonesia dan Program Pertukaran Pelajar


Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia adalah sekolah yang menjadi pilihan saya untuk mengajarkan Dhia, putri saya, di tahun ajaran 2017-2018. Sekolah ini terletak di dalam perumahan Vila Dago, Tangerang Selatan. Pertama kali saya datang ke sekolah ini, saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Sekolah ini memiliki suasana yang nyaman dan ramah, serta fasilitas yang lengkap.

Tahun ini, Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia menerima 4 kelas dengan masing-masing kelas berisi 25 siswa. Sekolah ini menerapkan kurikulum nasional yang diintegrasikan dengan kurikulum agama. Hal ini sangat penting bagi saya dan suami karena kami ingin anak kami mendapatkan pendidikan yang holistik, baik dari segi akademik maupun agama.

Salah satu hal yang membuat saya tertarik dengan Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia adalah fasilitas yang mereka miliki. Sekolah ini dilengkapi dengan lapangan sepakbola, lapangan basket dan futsal, kolam renang, ruang bermain indoor dan outdoor, laboratorium multimedia, lab komputer, lab bahasa dan laboratorium sains/IPA, ruang musik, serta hutan sekolah. Fasilitas yang lengkap ini akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi Dhia.

Ruang kelas di Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia juga sangat luas dan nyaman. Ruang kelas 1 bahkan dirancang mirip dengan ruang kelas TK, sehingga anak-anak tidak akan merasa terlalu kaget saat pertama kali masuk SD. Uniknya, setiap kelas memiliki dua orang guru yang selalu stand by. Hal ini membantu dalam memberikan perhatian yang lebih kepada setiap siswa.

Guru-guru di Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia juga sangat ramah dan peduli terhadap murid-muridnya. Saya sering melihat guru-guru menyapa murid terlebih dahulu saat berjumpa di jalan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka benar-benar peduli dan ingin memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi setiap siswa.

Baca Juga:  Tips Memilih Kaos Kaki yang Aman untuk Si Kecil

Meskipun tidak mewajibkan siswanya untuk berbahasa Inggris, Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia tetap memfasilitasi siswa yang sudah fasih berbahasa Inggris. Siswa-siswa ini akan mengenakan pin khusus yang menandakan bahwa teman-teman atau guru-guru harus berbahasa Inggris saat berkomunikasi dengan mereka. Hal ini dilakukan agar kebiasaan berbahasa Inggris tidak hilang. Selain itu, sekolah ini juga memiliki program seperti English Card, English festival, English Camp, hingga pertukaran pelajar untuk siswa yang belum terbiasa dengan bahasa Inggris.

Pertukaran pelajar di Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia sudah bisa diikuti oleh siswa kelas 4. Beberapa sekolah tujuan untuk pertukaran pelajar ini antara lain Al-Junied Islamic School (Singapura), Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyah (Singapura), ADNI International Islamic School (Malaysia), Sekolah Kecemerlangan Kebangsaan Setiawangsa (Malaysia), dan Sekolah Kebangsaan Convent Muar (Johor-Malaysia). Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri.

Untuk calon siswa yang ingin bersekolah di Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia, mereka harus mengikuti tiga jenis observasi, yaitu observasi agama, observasi akademik (calistung dasar), dan observasi psikolog. Observasi psikolog menjadi yang utama karena hal ini membantu sekolah dalam mengetahui kematangan anak untuk masuk SD.

Formulir pendaftaran sekolah ini dijual seharga Rp. 300.000, yang sudah mencakup semua jenis observasi, hasil observasi oleh psikolog, dan snack untuk siswa saat pelaksanaan observasi. Selain itu, ada juga uang pangkal sebesar Rp. 19.400.000 untuk tahun ajaran 2017-2018, yang sudah termasuk uang kegiatan selama satu tahun, karyawisata, hingga lomba siswa. SPP tahun ajaran ini adalah Rp. 1.000.000.

Proses pendaftaran di Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia cukup santai dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain yang menuntut kegesitan dalam mendaftar. Tes akan dimulai setelah ada minimal 10 calon siswa yang mendaftar, dan akan terus dilakukan hingga kuota terpenuhi. Hal ini memberikan kesempatan bagi orang tua untuk lebih mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes masuk.

Baca Juga:  Biaya Masuk SD Unggulan di Surabaya Tahun Ajaran Baru, Mulai dari 3 Jutaan

Sekolah Dasar Al-Zahra Indonesia adalah pilihan terbaik bagi saya dan suami untuk mendidik anak kami. Sekolah ini tidak hanya memberikan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan holistik. Saya sangat senang bisa menemukan sekolah ini dan saya yakin Dhia akan tumbuh dan berkembang dengan baik di sini.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com