Anggota Tubuh Membengkak Saat Hamil? Ini Jawabannya

Anggota Tubuh Membengkak Saat Hamil? Ini Jawabannya

Ketika masa kehamilan, terjadi perubahan baik secara psikis maupun fisik. Memasuki usia 7 bulan, perubahan fisik sudah akan terlihat jelas terutama membesarnya bagian perut karena janin semakin berkembang pesat. Perubahan fisik lainnya yang umum terjadi adalah pembengkakan anggota tubuh. Penyebab terjadinya pembengkakan ini sangat bervariasi, lho. Berikut penjelasan lengkapnya sekaligus bagaimana cara mencegah terjadinya pembengkakan anggota tubuh ketika hamil. Yuk, simak ulasannya!

Penyebab terjadinya pembengkakan anggota tubuh saat hamil

1. Radang gigi dan gusi
Radang gigi dan gusi dapat terjadi bahkan saat tidak sedang hamil. Akan tetapi kondisi ini akan semakin parah apabila terjadi ketika hamil. Hal tersebut dapat menyebabkan pembengkakan gusi serta pipi selama kehamilan, lho.

2. Konsumsi garam berlebihan
Penyebab lain munculnya pembengkakan anggota tubuh saat hamil yaitu karena konsumsi garam yang berlebihan. Ketika hamil, biasanya preferensi Bunda terhadap makanan berubah drastis. Jika Bunda selalu menginginkan makanan asin saat hamil, kemungkinan Bunda mengalami pembengkakan pada mata selama hamil menjadi lebih besar.

3. Aktifnya hormon prolaktin
Pembengkakan yang terjadi pada bagian payudara tergolong paling umum dialami saat hamil. Penyebab pembengkakan pada bagian payudara ini adalah aktifnya hormon prolaktin. Hormon ini bertugas untuk memicu produksi ASI.

4. Tekanan pada pembuluh darah
Memasuki usia kehamilan 7 bulan, pembengkakan pada bagian kaki akan lebih terlihat. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan pada pembuluh darah di pangkal paha karena tubuh bayi dalam kandungan semakin membesar.

5. Retensi atau tertahannya cairan
Retensi bisa menjadi salah satu penyebab pembengkakan bagian kaki dan mata selama kehamilan. Retensi adalah tertahannya cairan tubuh dikarenakan tekanan oleh tubuh bayi yang semakin membesar. Cairan tubuh ini akan tertahan pada bagian tubuh tertentu selama masa kehamilan sehingga menjadi bengkak.

Cara mencegah terjadinya pembengkakan anggota tubuh saat hamil

1. Batasi konsumsi garam
Dengan membatasi konsumsi garam, Bunda dapat mencegah pembengkakan di bagian mata selama kehamilan. Selain itu, konsumsi garam berlebih juga dapat memicu darah tinggi yang amat berbahaya bagi Bunda hamil, lho.

Baca Juga:  Pasangan Selingkuh, Dimaafkan atau Bercerai?

2. Kurangi makan makanan berlemak
Selain mengurangi konsumsi garam, Bunda sebaiknya mengurangi makan makanan yang berlemak. Hal ini dimaksudkan agar Bunda tidak mengalami obesitas selama kehamilan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak bisa menimbulkan pembengkakan di bagian wajah selama kehamilan, lho. Selama hamil, Bunda dapat memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung potassium seperti kentang, alpukat, pisang, dan ikan salmon.

3. Olahraga yang teratur dan konsumsi bawang putih
Untuk mencegah terjadinya pembengkakan anggota tubuh selama hamil, Bunda dapat melakukan olahraga yang teratur. Berolahraga akan membuat badan Bunda semakin sehat dan terbiasa bergerak. Selain itu, Bunda juga bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengatasi pembengkakan yang sudah terjadi. Hal ini cukup efektif terutama jika pembengkakan anggota tubuh terasa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

4. Pastikan istirahat dengan cukup
Istirahat yang cukup juga menjadi kunci tubuh yang sehat. Jika tubuh Bunda sehat, maka Bunda lebih kebal terhadap berbagai penyakit seperti radang gigi dan gusi yang menyebabkan pembengkakan pada bagian pipi. Perbanyak juga konsumsi air putih selama hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

5. Perhatikan posisi duduk dan tidur
Cara lain untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki dan mata yaitu dengan memperhatikan posisi duduk dan tidur. Mengapa demikian? Posisi duduk dan tidur selama kehamilan berpengaruh terhadap tertahannya cairan ketika tubuh bayi semakin besar dan menekan pembuluh darah Bunda. Saat duduk, Bunda sebaiknya mengangkat kaki sampai lurus dan sejajar dengan posisi duduknya. Saat tidur, Bunda dapat memosisikan diri tidur miring ke arah kiri agar vena besar tidak tertekan. Ketika berbaring, Bunda dapat mengangkat kaki dan menyandarkannya ke dinding.

Itulah penyebab terjadinya pembengkakan anggota tubuh saat Bunda sedang hamil. Selain itu, cara mencegah pembengkakan selama hamil juga dapat Bunda terapkan. Pembengkakan pada area tubuh tertentu seperti payudara tidak perlu diatasi karena hal tersebut malah sebagai tanda bahwa produksi ASI Bunda berjalan normal dan baik. Akan tetapi pembengkakan di area lain tentu semestinya dicegah dan diatasi karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:  Janin 6 Minggu dan Perkembangan yang Perlu Ibu Ketahui

Dapatkan info parenting dan hadiah spesial dari Bunda & Balita dengan mengisi data Bunda pada form di atas. Jangan lupa untuk menyetujui syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi. Selain itu, dengan menyetujui, Bunda juga akan menerima informasi terbaru dari Bunda & Balita, Frisian Flag Indonesia, dan partner Bunda & Balita.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Selain pembengkakan anggota tubuh saat hamil, ada juga banyak perubahan lain yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Salah satunya adalah perubahan pada pola makan dan kebutuhan nutrisi yang berbeda dari biasanya. Penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang demi kesehatan diri dan janin yang sedang berkembang.

Untuk itu, Bunda dapat melakukan konsultasi gratis dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi dan saran terkait nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Ahli gizi dapat memberikan panduan dalam pemilihan makanan yang tepat serta memberikan tips dan trik untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Konsultasi dengan ahli gizi juga penting untuk memastikan bahwa ibu hamil tidak mengalami kekurangan nutrisi yang dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan janin. Dengan mendapatkan panduan dari ahli gizi, ibu hamil dapat memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dengan optimal.

Selain itu, ahli gizi juga dapat memberikan saran terkait pola makan yang sehat dan pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil. Bunda hamil dapat mendapatkan informasi mengenai makanan yang mengandung zat besi, asam folat, kalsium, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan selama kehamilan.

Melakukan konsultasi dengan ahli gizi juga dapat membantu ibu hamil dalam mengatasi masalah yang sering dialami selama kehamilan, seperti mual dan muntah, sembelit, dan perubahan selera makan. Ahli gizi dapat memberikan tips dan saran untuk mengatasi masalah-masalah tersebut sehingga ibu hamil dapat tetap nyaman dan sehat selama masa kehamilan.

Baca Juga:  15 Universitas dengan Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia, Ini Daftarnya!

Selain itu, ahli gizi juga dapat memberikan informasi mengenai makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan risiko infeksi dan keracunan pada ibu hamil, sehingga penting untuk mengetahui makanan-makanan yang harus dihindari selama kehamilan.

Melakukan konsultasi dengan ahli gizi juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi ibu hamil. Dengan memiliki informasi yang tepat mengenai nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, ibu hamil dapat mengurangi kekhawatiran dan stres yang sering dialami selama masa kehamilan. Bunda hamil dapat memiliki keyakinan bahwa ia sedang melakukan yang terbaik untuk kesehatan diri dan janinnya.

Konsultasi dengan ahli gizi juga dapat membantu ibu hamil dalam merencanakan menu makanan yang sehat dan bergizi. Bunda hamil dapat mendapatkan ide-ide makanan yang baik dan lezat untuk dikonsumsi selama kehamilan. Dengan memiliki menu yang bervariasi dan seimbang, ibu hamil dapat memastikan bahwa ia mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Jadi, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan ahli gizi selama kehamilan. Dapatkan informasi dan saran yang tepat mengenai nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Pastikan bahwa ibu hamil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang demi kesehatan diri dan janin yang sedang berkembang.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com