Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Anak dan Rekomendasinya


Jangan dikira anak nggak butuh skincare, lho, Moms! Seperti orang dewasa, anak juga butuh skincare yang tepat. Seperti apa dan bagaimana cara memilihnya? Kalau selama ini Bunda berpikir bahwa anak-anak belum butuh skincare dan menunda memberikan skincare untuk perawatan kulit si kecil, ada baiknya dipikir ulang pemikiran tersebut. Karena, walau kulit anak tampaknya “baik-baik” saja pada kenyatannya kulit si kecil tetap butuh perawatan yang tepat bahkan sejak dini.

Bunda harus tahu kalau kulit adalah organ tubuh terbesar. Sama seperti organ tubuh yang lain, seperti jantung, hati, dan paru-paru, kulit punya tugas penting untuk dilakukan. Tugasnya adalah melindungi apa yang ada di dalam tubuh agar tidak keluar dan mencegah agresor luar (kuman dan kotoran) masuk ke dalam. Namun aktivitas sehari-hari membuat kulit mudah mengalami dehidrasi hingga terbakar sinar matahari jika tidak dilindungi oleh skincare yang tepat. Oleh karena itu, ada baiknya kulit sudah dilindungi sejak dini agar melindungi tubuh dengan maksimal.

Kenapa Anak-anak Butuh Memakai Skincare?

1. Membentuk ketahanan kulit
Tidak seperti kulit orang dewasa, kulit anak lebih mudah terkena agresor luar, seperti kuman atau kotoran. Pemakaian skincare yang rutin membantu mendukung dan melindungi lapisan luar kulit anak. Sehingga anak jadi tidak mudah terserang masalah kulit pada umumnya, seperti kemerahan atau jerawatan.

2. Menjaga kesehatan sejak dini
Sebagai orang tua kita pasti paham bahwa saat anak beraktivitas di luar ruangan dan bertemu dengan teman-temannya, anak-anak suka lupa waktu. Artinya durasi kulit mereka terpapar sinar matahari juga semakin lama. Maka salah satu skincare penting yang wajib dimiliki anak adalah sunscreen dengan SPF 15 atau lebih yang sebaiknya digunakan setiap hari. Menurut SkinCancer.org, kebiasaan ini bisa menurunkan risiko melanoma hingga 50 persen dan mengurangi risiko pengembangan karsinoma sel skuamosa (SCC) atau kanker kulit yang menyerang sel skuamosa sekitar 40 persen. Jadi, pakai sunscreen sejak dini dan setiap hari itu wajib!

Baca Juga:  5 Aktivitas untuk Perkembangan Motorik Si Kecil di Bawah 1 Tahun

3. Membangun kebiasaan baik sejak dini
Sama seperti mandi dan gosok gigi, menggunakan produk skincare setiap hari, seperti pelembap dan sunscreen dengan minimal SPF 15, adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan kulit anak. Dengan membiasakan anak memakai skincare setiap hari, itu akan jadi rutinitas baik di masa depannya yang juga menjaga kesehatannya.

4. Menghindari cedera tak sengaja
Ketika main di lapangan terbuka saat siang, berenang, hingga ikut trip outdoor di sekolah, kulit anak jadi mudah terluka, seperti kemerahan dan penyakit yang paling berbahaya, yaitu kanker kulit, dengan rutin mengaplikasikan sunscreen, kita bisa mencegah semua hal ini terjadi.

Tips Memilih Skincare untuk Anak

Sudah tahu dong pentingnya anak-anak menggunakan skincare sejak dini? Kalau begitu bagaimana memilih skincare yang tepat untuk anak?

1. Bebas wangi. Pilih skincare anak yang tidak mengandung pewangi. Produk skincare anak dengan wewangian seringkali bisa memicu alergi, dermatitis, masalah pernapasan, dan efek samping negatif lainnya.

2. Tidak mengandung paraben. Selalu ingat untuk membaca bahan-bahan yang terkandung di dalam sebuah produk skincare dan hindari yang mengandung paraben. Jika ada produk yang tidak mencantumkan kandungannya maka perlu Bunda pertimbangkan lagi, nih!

3. Hindari kandungan formalin. Walau sering digunakan untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri, bahan kimia yang satu ini juga dapat menyebabkan alergi, iritasi, dan berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh anak.

4. Pilih yang aman untuk mata. Skincare yang mengandung SLS (sodium lauryl sulfate) bisa membuat mata iritasi dan perih. Hindari juga produk skincare dengan kandungan pewarna buatan, ya!

Apa Saja Skincare yang Dibutuhkan Anak?

Menurut Dr. Sourab Choudhury, dokter kulit bersertifikat dan Chief Medical Officer di The Dermatology Specialists, anak-anak hanya memerlukan skincare dasar, seperti pembersih, pelembap, dan sunscreen dengan SPF yang bebas bahan kimia.

Baca Juga:  Melawan Stretch Marks Dengan Gly Derm

Jika anak sulit diingatkan untuk rutin menggunakan tiga rangkaian skincare tersebut, setidaknya pastikan anak Bunda tetap menggunakan sunscreen.

Nah, Bunda bisa mencoba Bfree Kids Sunscreen Lotion yang diformulasikan untuk menjaga kulit anak dari polusi dan bantu melembapkannya. Ada kandungan SPF 30+ yang sudah lolos uji dermatologis dan membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB saat anak beraktivitas di luar ruangan.

Produknya pun sudah BPOM, halal, dan tidak menggunakan pewangi tambahan sehingga dapat digunakan untuk kulit sensitif. Cara pakainya juga mudah, cukup oleskan merata ke seluruh kulit anak yang terbuka 15 menit sebelum terkena paparan sinar matahari. Setelah itu oleskan kembali setiap 2 jam atau 40 menit sekali.

Untuk membuat anak semakin siap untuk beraktivitas setiap hari, gunakan Bfree Kids Spray Cologne yang bantu jaga kesegaran dan keharuman anak. Ada empat pilihan wangi yang bisa dipilih anak sesuai yang dia suka, yaitu Cool Green, Fresh Orange, Funny Purple, dan Spicy Red.

Skincare merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit anak. Dengan memilih produk yang tepat dan mengajarkan anak untuk menggunakan skincare sejak dini, Moms dapat menjaga kesehatan kulit anak secara optimal. Jadi, jangan ragu untuk memberikan perhatian dan perawatan yang tepat pada kulit si kecil.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com