Cara Aman Hapus Make Up Pentas Anak


Heading 2: Pembersih Muka untuk Anak-Anak yang Menggunakan Riasan Panggung

Bagaimana dengan anak yang dari TK atau malah PAUD sudah menari? Pakai pembersih dan kiat apa supaya sisa riasan bisa bersih tetapi tetap aman untuk kulit anak balita?

Bagi para orang tua yang memiliki anak yang aktif dalam kegiatan seni pertunjukan seperti tari atau drama, pasti pernah menghadapi masalah dalam membersihkan makeup yang digunakan oleh anak-anak mereka. Terkadang, mencari cara yang aman dan efektif untuk menghapus makeup di wajah anak-anak dapat menjadi tugas yang membingungkan.

Saya sendiri, dulu tidak pernah terpikir untuk menggunakan pembersih muka khusus untuk anak-anak. Hanya dengan mencuci muka, saya pikir sudah cukup. Namun, saat anak saya, Dellynn yang berusia 12 tahun, mulai mengikuti ekstrakurikuler menari di SMP dan sering menggunakan rias panggung, saya sadar bahwa saya perlu mencari pembersih makeup yang aman untuk kulit pre-teen yang belum terbiasa menggunakan produk perawatan.

Tidak hanya itu, saya juga berpikir, bagaimana dengan anak-anak yang sudah mulai menari sejak TK atau bahkan PAUD? Apakah ada pembersih dan tips khusus untuk menghapus sisa makeup agar tetap aman bagi kulit anak-anak yang masih balita?

Saya mencoba bertanya kepada beberapa teman yang anaknya sering tampil di panggung, dan mereka memberikan beberapa kombinasi jenis produk yang bisa dicoba. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pakai baby oil atau VCO (virgin coconut oil) untuk mengangkat rias dekorasi dan basenya, baru setelah itu cuci muka dengan sabun muka untuk menghilangkan residu minyaknya. Metode ini mungkin efektif untuk anak yang sudah agak besar, namun untuk anak-anak TK atau PAUD, saya rasa belum bisa menggunakan sabun muka tanpa takut masuk ke mata. Jika sabunnya masuk ke mata, tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi anak.

2. Mengganti baby oil/VCO dengan produk susu pembersih yang memiliki daya bersih yang lebih baik terhadap berlapis foundation. Namun, produk susu pembersih ini juga masih meninggalkan residu yang tidak sepenuhnya terangkat hanya dengan menggunakan toner pembersih. Jadi, tetap perlu menggunakan sabun muka, yang tentunya dapat menyebabkan drama jika masuk ke mata anak-anak.

3. Pakai cleansing oil sekalipun, tetap repot karena harus dilarutkan dengan air dan pedas jika terkena mata. Pada akhirnya, tetap harus dibilas dengan sabun muka untuk menghilangkan residu minyaknya.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Toko Tanaman Online Pilihan para Ibu

Namun, kemudian saya teringat, sekarang sudah ada banyak jenis micellar water. Apakah micellar water ini dapat mengangkat riasan panggung yang tahan air dan memiliki base yang tebal?

Saya yakin, saya tidak sendirian dalam keraguan ini. Apakah micellar water benar-benar dapat mengangkat riasan panggung yang tebal?

Ternyata, menurut Aurèlie Guyoux, Global Research and Innovation Director NAOS yang mengawasi produk micellar water dari Bioderma, micellar water dapat mengangkat riasan panggung yang waterproof dan memiliki base yang tebal. Meskipun daya bersihnya tidak secepat produk berbasis minyak seperti baby oil yang dapat mengangkat 80% riasan hanya dengan satu usapan, micellar water tetap dapat membersihkan wajah dengan 100% kebersihan. Kelebihannya, micellar water tidak meninggalkan residu minyak yang harus dibilas lagi setelah penggunaan. Selain itu, micellar water juga tidak menyebabkan iritasi pada mata saat menghapus eyeliner dan maskara waterproof. Penting untuk memilih varian micellar water yang aman untuk kulit sensitif anak-anak, seperti varian Sensibio dari Bioderma yang berwarna pink.

Namun, ada kekhawatiran bahwa penggunaan micellar water akan lebih boros daripada metode lain. Sebagai orangtua, tentu saja kita mencari cara yang lebih hemat untuk membersihkan makeup anak-anak kita.

Solusinya adalah menggabungkan metode pertama atau kedua dengan menggunakan micellar water. Setelah menggunakan make up remover, gunakan baby oil atau susu pembersih untuk mengangkat lapisan foundation. Setelah foundation terangkat, gunakan micellar water untuk membersihkan residu minyaknya. Pastikan juga memilih susu pembersih yang aman untuk kulit anak-anak, seperti varian untuk kulit sensitif atau kulit normal. Beberapa produk untuk kulit berminyak mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit kering dan berpotensi menyebabkan jerawat pada anak-anak.

Metode ini terlihat lebih sederhana namun tetap efektif dan aman bagi anak-anak. Namun, jika ada kiat lain yang lebih baik, saya akan senang mendengarnya. Terutama jika kiat tersebut lebih hemat dan tetap ramah anak.

Heading 3: Keunggulan Micellar Water sebagai Pembersih Makeup Anak-Anak

Micellar water merupakan produk yang terbuat dari air dan memiliki kandungan micelle, yaitu molekul-molekul kecil yang dapat mengikat minyak dan kotoran. Keunggulan utama micellar water sebagai pembersih makeup anak-anak adalah:

Baca Juga:  Tradisi Sharing Session di Kantor Saya

1. Kemampuan mengangkat riasan waterproof: Micellar water mampu mengangkat riasan panggung yang tahan air, termasuk eyeliner dan maskara waterproof. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk anak-anak yang sering menggunakan makeup saat berpentas.

2. Tidak meninggalkan residu minyak: Setelah menggunakan micellar water, tidak perlu dibilas dengan air lagi karena tidak meninggalkan residu minyak di wajah. Hal ini membuatnya lebih praktis dan efisien dalam penggunaan.

3. Tidak menyebabkan iritasi pada mata: Micellar water memiliki formula yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada mata saat digunakan untuk menghapus makeup di sekitar mata. Hal ini sangat penting bagi anak-anak yang masih sensitif.

4. Aman untuk kulit sensitif: Banyak varian micellar water yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. Produk seperti Sensibio dari Bioderma dapat menjadi pilihan yang aman untuk kulit anak-anak yang rentan terhadap iritasi dan alergi.

5. Praktis dan mudah digunakan: Micellar water hadir dalam kemasan yang praktis dan mudah dibawa-bawa. Anda dapat dengan mudah membersihkan makeup anak-anak di mana pun dan kapan pun dibutuhkan.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, tidak heran jika micellar water semakin populer sebagai pilihan pembersih makeup, termasuk untuk anak-anak yang menggunakan riasan panggung. Namun, tetap perhatikan kandungan dan varian micellar water yang Anda pilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit anak-anak.

Heading 3: Tips Memilih Pembersih Makeup yang Aman untuk Kulit Anak-Anak

Selain menggunakan micellar water, ada beberapa tips lain yang dapat Anda terapkan saat memilih pembersih makeup yang aman untuk kulit anak-anak. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Pilih produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya: Pastikan produk yang Anda pilih tidak mengandung bahan kimia yang berpotensi merusak kulit anak-anak. Hindari produk yang mengandung pewarna, parfum, dan bahan kimia lain yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

2. Perhatikan kandungan produk: Baca dengan teliti label produk dan perhatikan kandungan yang terkandung di dalamnya. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan alami dan lembut seperti aloe vera, chamomile, atau ekstrak lidah buaya yang dapat menjaga kelembaban kulit anak-anak.

3. Sesuaikan dengan jenis kulit anak: Setiap anak memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, baik itu kulit normal, kering, atau berminyak. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit anak-anak untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan kulit mereka.

Baca Juga:  Apa itu Vitiligo pada Bayi? Ini Tanda dan Penyebabnya

4. Cari rekomendasi dan ulasan produk: Sebelum membeli, cari rekomendasi dan ulasan produk dari orang tua lain atau ahli kecantikan. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan produk yang aman dan efektif untuk anak-anak.

Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, Anda dapat memilih pembersih makeup yang aman dan efektif untuk kulit anak-anak. Pastikan Anda selalu melakukan tes patch terlebih dahulu sebelum menggunakan produk baru untuk menghindari reaksi alergi atau iritasi pada kulit anak.

Heading 3: Kesimpulan

Menghapus makeup yang digunakan oleh anak-anak yang sering tampil di panggung dapat menjadi tugas yang membingungkan bagi para orang tua. Namun, dengan memilih pembersih yang tepat dan mengikuti tips-tips yang aman, Anda dapat membersihkan makeup anak-anak dengan efektif tanpa merusak kulit mereka.

Micellar water merupakan pilihan yang baik untuk membersihkan makeup anak-anak, terutama riasan panggung yang waterproof dan memiliki base yang tebal. Dengan keunggulan-keunggulan seperti kemampuan mengangkat riasan waterproof, tidak meninggalkan residu minyak, dan tidak menyebabkan iritasi pada mata, micellar water semakin populer sebagai pilihan yang aman dan efektif.

Namun, selain menggunakan micellar water, Anda juga perlu memperhatikan kandungan produk dan memilih varian yang aman untuk kulit anak-anak. Pilihlah produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, perhatikan kandungan produk, sesuaikan dengan jenis kulit anak, dan cari rekomendasi serta ulasan produk sebelum membeli.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat mencari pembersih makeup yang aman dan efektif untuk kulit anak-anak. Selalu ingat untuk melakukan tes patch terlebih dahulu sebelum menggunakan produk baru dan selalu perhatikan reaksi kulit anak setelah penggunaan. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga kulit anak-anak tetap sehat dan terhindar dari iritasi atau alergi akibat penggunaan makeup.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com