6 Manfaat Omega 3 untuk Anak [Beserta Sumbernya!]

Manfaat Omega 3 untuk Anak [Beserta Sumbernya!]

Manfaat omega 3 untuk pertumbuhan anak ada banyak sekali. Tapi tahukah ibu ternyata omega 3 tak hanya didapat dari ikan saja. Baca selengkapnya!

Omega 3 adalah salah satu jenis asam lemak yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga harus diperoleh melalui makanan. Salah satu sumber terbaik dari omega 3 adalah ikan berlemak, seperti salmon, sarden, herring, tenggiri, tuna, dan makarel. Selain itu, omega 3 juga dapat ditemukan dalam telur, minyak dari kacang kenari, alpukat, canola, kacang kedelai, bayam, walnut, dan raps.

Mengapa omega 3 penting untuk pertumbuhan anak? Berikut adalah beberapa manfaat omega 3 untuk anak:

1. Meningkatkan Kecerdasan
Salah satu manfaat omega 3 yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk meningkatkan kecerdasan anak. Omega 3 membantu menguatkan fungsi otak dan meningkatkan konsentrasi anak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Oxford University menemukan bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan omega 3 yang cukup memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

2. Meningkatkan Sistem Imun
Omega 3 juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Dengan sistem imun yang kuat, anak akan lebih tahan terhadap berbagai penyakit dan infeksi. Omega 3 juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh anak.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Asam lemak omega 3 memiliki efek yang baik bagi kesehatan jantung. Omega 3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah anak. Selain itu, omega 3 juga dapat membantu menjaga tekanan darah anak dalam batas normal.

4. Meningkatkan Kemampuan Membaca
Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan omega 3 yang cukup memiliki kemampuan membaca yang lebih baik. Omega 3 membantu meningkatkan kemampuan bahasa dan keterampilan membaca anak.

Baca Juga:  Ini Dia Rekomendasi Dokter Kandungan Favorit dari Sesama Mommies di Jakarta, Bekasi, dan Depok

5. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi
Omega 3 juga berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi anak. Asam lemak ini membantu penyerapan kalsium dalam tubuh anak dan menjaga kepadatan tulang yang baik.

6. Meningkatkan Kesehatan Mental
Omega 3 memiliki efek positif pada kesehatan mental anak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan omega 3 yang cukup memiliki risiko lebih rendah mengalami depresi dan gangguan kecemasan.

Selain manfaat-manfaat di atas, omega 3 juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata, mengurangi risiko alergi, dan meningkatkan kualitas tidur anak.

Sumber Omega 3
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan berlemak adalah salah satu sumber terbaik dari omega 3. Namun, bagi anak-anak yang tidak menyukai ikan, ada beberapa alternatif lain yang dapat menjadi sumber omega 3, seperti minyak ikan, suplemen omega 3, dan makanan yang diperkaya dengan omega 3. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memberikan suplemen omega 3 kepada anak.

Dalam menjaga asupan omega 3 anak, penting untuk memperhatikan jumlah yang diberikan. Anak-anak berusia 1 hingga 3 tahun disarankan untuk mengonsumsi sekitar 700 mg omega 3 per hari, sedangkan anak-anak berusia 4 hingga 8 tahun disarankan untuk mengonsumsi sekitar 900 mg omega 3 per hari. Namun, pastikan untuk tidak memberikan dosis yang berlebihan, karena dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Selain omega 3, anak juga perlu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dari makanan lainnya. Pastikan anak mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Dengan menjaga pola makan yang seimbang, anak akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Dalam artikel ini, kita telah membahas manfaat omega 3 untuk anak dan sumbernya. Omega 3 merupakan nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan memberikan asupan omega 3 yang cukup, ibu dapat membantu anak tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  Inilah Stimulus yang Tepat untuk Motorik Bayi Usia 5 Bulan