6 Manfaat Ikan Nila untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

6 Manfaat Ikan Nila untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup populer di Indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat, ikan nila juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Dalam tulisan ini, kita akan membahas lebih detail mengenai manfaat ikan nila dan cara mengolahnya yang tepat agar si Kecil dapat memperoleh manfaat tersebut.

Kandungan Gizi Ikan Nila

Sebelum membahas manfaat ikan nila, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kandungan gizi yang terdapat dalam ikan ini. Ikan nila mengandung protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 26 gram per 100 gram ikan. Selain itu, ikan nila juga rendah lemak dan mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti vitamin B3, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium.

Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengandung Asam Lemak yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu manfaat utama ikan nila adalah kandungan asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun jumlah asam lemak omega-3 dalam ikan nila tidak sebanyak ikan laut seperti salmon, namun tetap memiliki kandungan yang cukup tinggi dibandingkan dengan hewan lain seperti ayam dan daging sapi. Asam lemak omega-3 dan omega-6 yang terdapat dalam ikan nila berperan dalam menjaga kesehatan tubuh terkait kadar kolesterol dan respon hormon insulin.

2. Sumber Protein yang Sehat

Ikan nila juga merupakan sumber protein yang sehat. Protein dalam ikan nila dapat membuat si Kecil merasa kenyang lebih lama dan berperan dalam berbagai fungsi penting di tubuh, seperti membantu penyembuhan jaringan yang rusak, berperan dalam pencernaan, serta menyeimbangkan kadar hormon di tubuh.

3. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Ikan nila mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya penting untuk pertumbuhan tulang anak, tetapi juga untuk menjaga proses pembekuan darah dan kesehatan otot, termasuk otot jantung.

Baca Juga:  Philips Avent Blender Steamer: Asisten Ideal MPASI

4. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang

Manfaat ikan nila yang sangat baik adalah dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Kandungan protein hewani dalam ikan nila dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ, membran, sel, dan otot pada anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Selain itu, manfaat ikan nila juga berguna untuk membantu anak mendapatkan berat badan yang ideal, yang merupakan salah satu bentuk perkembangan optimal dari fisik anak.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ikan nila mengandung selenium, yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan berperan dalam fungsi kognitif.

6. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan selenium dalam ikan nila juga dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Selenium memiliki sifat sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan penyakit akibat radikal bebas, seperti penuaan dini dan kanker.

Cara Mengolah Ikan Nila

Setelah mengetahui manfaat ikan nila untuk anak, selanjutnya kita perlu mengetahui cara mengolah ikan nila agar nutrisinya tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah ikan nila yang baik:

1. Dikukus

Ikan nila dapat dikukus dengan cara mengombinasikannya dengan beberapa jenis sayur dan membungkusnya dengan kertas alumunium foil. Kukus ikan selama sekitar lima menit dengan api sedang.

2. Digoreng

Keringkan daging ikan nila dengan kertas tisu, lalu bumbui dengan sedikit garam dan goreng selama dua menit untuk setiap sisi ikan dengan menggunakan sedikit minyak yang panas.

3. Dipanggang

Masukkan ikan nila yang telah dibumbui ke dalam oven atau microwave dengan suhu sekitar 219 derajat Celsius selama 20 hingga 25 menit.

Tips Memilih dan Mengolah Ikan Nila yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat ikan nila dengan maksimal, kita perlu memilih dan mengolah ikan nila dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kita dalam memilih dan mengolah ikan nila yang tepat:

Baca Juga:  FRIENDS QUIZ: Seberapa Rachel Green Kamu?

1. Memilih Ikan yang Segar

Pilihlah ikan nila yang kulitnya berwarna terang dan jernih, masih kuat membungkus tubuh ikan, mata ikan terlihat terang dan cembung, insangnya berwarna merah segar, dan dagingnya berbau segar ala ikan. Selain itu, pastikan juga bahwa sisiknya masih menempel kuat pada tubuh ikan dan sulit dilepas.

2. Membersihkan Ikan dengan Baik

Sebelum mengolah ikan nila, bersihkan ikan dengan baik terlebih dahulu. Keluarkan isi perut ikan dan cuci ikan dengan air mengalir hingga bersih. Selanjutnya, rendam ikan dalam air jeruk nipis selama 15 menit atau rebus ikan dengan jahe untuk menghilangkan bau amisnya.

3. Mengubah Bentuk Ikan

Jika si Kecil tidak terlalu menyukai bentuk ikan yang asli, kita dapat mengubah bentuk ikan dalam menu harian si Kecil agar lebih menarik. Misalnya, kita dapat membuat bakso atau nugget ikan nila agar si Kecil lebih tertarik untuk mencicipi ikan. Selain itu, tambahkan saus mayonaise dan lemon sebagai pendamping nugget untuk meningkatkan selera makan si Kecil.

4. Mencoba Resep Favorit

Cobalah mencampurkan ikan nila ke dalam resep favorit si Kecil, seperti nasi goreng, saus pasta, atau pizza buatan rumah. Dengan mencampurkan ikan nila ke dalam makanan yang disukai si Kecil, bukan hanya manfaat ikan nila yang didapatkan, tetapi juga selera makan si Kecil akan meningkat.

Selain ikan nila, susu juga merupakan salah satu sumber protein hewani yang penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Selama masa tumbuh kembangnya, si Kecil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, termasuk protein, karbohidrat, serat, lemak, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Penting bagi Bunda untuk menyeimbangkan jumlah asupan nutrisi ini agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca Juga:  Ibu, Yuk Perhatikan Cara Menggendong Bayi yang Aman

Dalam memilih susu untuk si Kecil, pastikan untuk memilih susu yang sesuai dengan usia dan kebutuhan nutrisinya. Selain itu, pastikan juga susu yang dipilih mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) yang penting untuk perkembangan otak dan tubuh si Kecil. 9AAE dan DHA tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri, sehingga perlu dipenuhi melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Dalam menentukan jenis susu yang tepat, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi atau dokter anak. Mereka akan membantu Bunda dalam memilih susu yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Kesimpulan

Ikan nila memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan protein, asam lemak omega-3 dan omega-6, kalsium, selenium, serta nutrisi lainnya dalam ikan nila dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Selain itu, mengolah ikan nila dengan baik juga penting agar nutrisi dalam ikan tetap terjaga. Jangan lupa untuk memilih susu yang tepat untuk si Kecil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Referensi:
– Healthline. (n.d.). Nutrition facts for Fish, tilapia, cooked, dry heat per 100 grams. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/foods/tilapia#nutrition
– Kemenkes RI. (2019). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com