Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil & Janin di Trimester 2

Nutrisi Penting bagi Bunda Hamil & Janin di Trimester 2

Pada trimester 2 kehamilan, ibu hamil perlu memperhatikan dengan lebih teliti kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan janin yang sedang tumbuh dalam kandungan. Nutrisi yang cukup dan seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta perkembangan dan pertumbuhan janin yang optimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang nutrisi yang penting bagi ibu hamil di trimester 2.

1. Protein
Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, terutama pada trimester 2 dan 3. Pada masa tersebut, janin sedang berkembang dengan pesat dan tubuh ibu harus dapat menyediakan nutrisi yang baik untuk janin. Bunda hamil biasanya diminta untuk menjaga berat janin mencapai berat tertentu oleh dokter. Protein dapat membantu mencapai target tersebut. Protein juga berperan dalam membentuk organ dan jaringan tubuh, serta membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Sumber protein yang baik untuk ibu hamil antara lain daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu. Bunda hamil disarankan untuk mengonsumsi protein sebanyak 75-100 gram per hari. Dalam memilih sumber protein, pastikan untuk memilih yang rendah lemak dan rendah kolesterol.

2. Kalsium
Kalsium sangat penting bagi ibu hamil di trimester 2 dan 3, karena pada masa tersebut janin mulai membentuk tulang. Kalsium membantu perkembangan tulang dan gigi yang kuat pada janin. Selain itu, kalsium juga penting bagi kesehatan ibu hamil, karena tubuh ibu akan mengalami penyerapan kalsium yang lebih tinggi selama masa kehamilan.

Bunda hamil berusia 19-50 tahun memerlukan sekitar 1000-1300 mg kalsium per hari. Sumber kalsium yang baik meliputi produk susu rendah lemak, seperti susu, yogurt, dan keju. Jika ibu hamil tidak mengonsumsi produk susu, ibu hamil dapat memperoleh kalsium dari sumber makanan lain, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan dengan tulang lunak.

Baca Juga:  Ini 4 Pilihan Cara Medis Agar Hamil

3. Zat Besi
Zat besi sangat penting bagi ibu hamil di trimester 2, karena zat besi berperan dalam membentuk sel darah merah yang sehat. Sel darah merah bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk janin yang sedang tumbuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil, yang dapat menyebabkan kelelahan dan berkurangnya daya tahan tubuh.

Bunda hamil memerlukan sekitar 27 mg zat besi per hari. Sumber zat besi yang baik meliputi daging merah, hati, ikan, ayam, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya dengan zat besi. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan tomat.

4. Asam Folat
Asam folat atau vitamin B9 sangat penting bagi ibu hamil di trimester 2. Asam folat berperan dalam pembentukan sel darah merah, sintesis DNA, dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko kelainan tabung saraf pada janin, seperti spina bifida.

Bunda hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400-600 mcg asam folat per hari. Asam folat dapat ditemukan dalam sayuran hijau, jeruk, alpukat, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya dengan asam folat. Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan suplemen asam folat untuk ibu hamil.

5. Vitamin D
Vitamin D penting bagi ibu hamil di trimester 2, karena vitamin D berperan dalam penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Vitamin D juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang janin. Paparan sinar matahari merupakan sumber utama vitamin D, namun ibu hamil harus tetap berhati-hati dengan sinar matahari yang berlebihan.

Bunda hamil memerlukan sekitar 600-800 IU vitamin D per hari. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga dapat ditemukan dalam ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, telur, dan produk susu yang diperkaya dengan vitamin D.

Baca Juga:  Minyak Atsiri untuk Bayi? Begini Aturan Penggunaannya, Bu!

6. Serat
Serat sangat penting bagi ibu hamil di trimester 2, karena serat dapat mencegah sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan ibu hamil tetap seimbang dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Bunda hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 25-30 gram serat per hari. Sumber serat yang baik meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Selain nutrisi di atas, ibu hamil juga perlu menjaga asupan cairan yang cukup, seperti air putih, jus buah, dan susu. Bunda hamil juga disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak jenuh.

Sebagai kesimpulan, nutrisi yang seimbang dan cukup sangat penting bagi ibu hamil di trimester 2. Bunda hamil perlu memperhatikan asupan protein, kalsium, zat besi, asam folat, vitamin D, dan serat. Dengan menjaga nutrisi yang baik, ibu hamil dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan janin yang optimal serta menjaga kesehatan ibu hamil. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi ibu hamil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com